Karso K

04 April 2024 21:28

Iklan

Iklan

Karso K

04 April 2024 21:28

Pertanyaan

bagaimana konsep dari pembagian kelompok suku di indonesia

bagaimana konsep dari pembagian kelompok suku di indonesia


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 April 2024 06:06

Jawaban terverifikasi

<p><br>Pembagian kelompok suku di Indonesia didasarkan pada beragam faktor, termasuk budaya, bahasa, agama, geografi, dan sejarah. Konsep ini mencerminkan keragaman etnis dan kultural yang kaya di Indonesia. Berikut adalah beberapa konsep dasar yang melandasi pembagian kelompok suku di Indonesia:</p><p><strong>Budaya dan Bahasa</strong>: Kelompok suku sering kali didefinisikan oleh budaya dan bahasa yang unik. Setiap suku dapat memiliki tradisi, adat istiadat, pakaian adat, seni, dan dialek bahasa yang berbeda.</p><p><strong>Geografi</strong>: Pembagian kelompok suku juga dapat dipengaruhi oleh faktor geografis, seperti letak geografis suatu daerah atau pulau tempat suku tersebut tinggal.</p><p><strong>Agama</strong>: Beberapa kelompok suku di Indonesia juga dapat dibedakan berdasarkan agama yang dianut, meskipun ada juga suku-suku yang memiliki beragam agama di antara anggotanya.</p><p><strong>Sejarah</strong>: Sejarah juga memainkan peran penting dalam pembagian kelompok suku. Misalnya, migrasi atau peristiwa sejarah tertentu dapat memengaruhi pembentukan kelompok suku.</p><p><strong>Pengakuan Pemerintah</strong>: Pemerintah Indonesia mengakui keberagaman etnis dan budaya di negara tersebut. Sebagai hasilnya, beberapa suku diakui secara resmi oleh pemerintah.</p>


Pembagian kelompok suku di Indonesia didasarkan pada beragam faktor, termasuk budaya, bahasa, agama, geografi, dan sejarah. Konsep ini mencerminkan keragaman etnis dan kultural yang kaya di Indonesia. Berikut adalah beberapa konsep dasar yang melandasi pembagian kelompok suku di Indonesia:

Budaya dan Bahasa: Kelompok suku sering kali didefinisikan oleh budaya dan bahasa yang unik. Setiap suku dapat memiliki tradisi, adat istiadat, pakaian adat, seni, dan dialek bahasa yang berbeda.

Geografi: Pembagian kelompok suku juga dapat dipengaruhi oleh faktor geografis, seperti letak geografis suatu daerah atau pulau tempat suku tersebut tinggal.

Agama: Beberapa kelompok suku di Indonesia juga dapat dibedakan berdasarkan agama yang dianut, meskipun ada juga suku-suku yang memiliki beragam agama di antara anggotanya.

Sejarah: Sejarah juga memainkan peran penting dalam pembagian kelompok suku. Misalnya, migrasi atau peristiwa sejarah tertentu dapat memengaruhi pembentukan kelompok suku.

Pengakuan Pemerintah: Pemerintah Indonesia mengakui keberagaman etnis dan budaya di negara tersebut. Sebagai hasilnya, beberapa suku diakui secara resmi oleh pemerintah.


Iklan

Iklan

Putu N

06 April 2024 22:47

Jawaban terverifikasi

<p>Pembagian suku di Indonesia didasarkan pada faktor etnis, budaya, bahasa, dan wilayah geografis. Terdapat lebih dari 1.300 suku bangsa di Indonesia yang dibagi menjadi kelompok besar seperti Melayu, Jawa, Sunda, Batak, Minangkabau, dan lain-lain. Pembagian suku ini mencerminkan keragaman budaya dan tradisi di Indonesia.</p>

Pembagian suku di Indonesia didasarkan pada faktor etnis, budaya, bahasa, dan wilayah geografis. Terdapat lebih dari 1.300 suku bangsa di Indonesia yang dibagi menjadi kelompok besar seperti Melayu, Jawa, Sunda, Batak, Minangkabau, dan lain-lain. Pembagian suku ini mencerminkan keragaman budaya dan tradisi di Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dari foto itu di tanyakan lambang pecahannya adakah yang tau

0

0.0

Jawaban terverifikasi