Diyah D

24 Maret 2020 13:35

Iklan

Iklan

Diyah D

24 Maret 2020 13:35

Pertanyaan

bagaimana keris dapat menjadi ikon kesaktian seseorang dan mengapa keris dianggap kramat serta siapakah yang pertama memunculkan keyakinan bahwa keris itu benda yang ktamat?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. Rosa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

01 Januari 2022 04:49

Jawaban terverifikasi

Halo Ainun. Kakak bantu jawab ya. Keris menjadi ikon kesaktian karena dianggap memiliki kekuatan magis dan dianggap keramat biasanya disebabkan dibuat oleh tokoh yang dianggap memiliki kekuatan lebih atau kesaktian. Adapun salah satu tokoh yang memunculkan keyakinan bahwa keris adalah benda keramat adalah Mpu Gandring. Berikut penjelasannya ya. Keris adalah merupakan salah satu senjata tradisional dan hasil budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Pada beberapa candi di Pulau Jawa ditemukan adanya gambar relief yang menggambarkan adanya senjata yang berbentuk keris. Keris baru dijumpai setelah kedua cerita itu di adaptasi oleh orang Jawa dan menjadi cerita wayang. Sejarah keris pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari sejarah Indonesia, diperkirakan pada masa abad ke-5 sampai abad ke-10 budaya keris mulai tumbuh dan keris generasi pertama mulai diciptakan orang pada Zaman Mataram Hindu; Kerajaan Kahuripan, Jenggala, Daha dan Singasari (abad ke-10 sampai abad ke-13); Kerajaan Majapahit (abad ke-13 sampai 15); Kesultanan Demak tahun 1480-1550; Kesultanan Pajang tahun (tahun 1551-1582); Kerajaan Mataram Islam (tahun 1582-1749); Kasunan Surakarta (tahun 1749); Kasultanan Yogyakarta (tahun 1735). Keris menjadi ikon kesaktian seseorang karena dianggap memiliki kekuatan magis atau supranatural. Keris dianggap keramat biasanya disebabkan karena dibuat oleh tokoh yang dianggap memiliki kekuatan lebih atau kesaktian. Daya magis keris dipengaruhi oleh bermacam-macam keadaan keris, seperti karena pamornya dan dapurnya yang disebut sebagai tuah. Adapun salah satu tokoh yang memunculkan keyakinan bahwa keris adalah benda keramat adalah Mpu Gandring. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

istilah Pancasila muncul pada sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 , sehingga tanggal 1 Juni diperingati sebagi hari...

14

5.0

Jawaban terverifikasi