Kenzy M

27 Februari 2024 21:21

Iklan

Iklan

Kenzy M

27 Februari 2024 21:21

Pertanyaan

Bagaimana kaidah/tata cara penulisan nama ilmiah makhluk hidup ?


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dinda O

28 Februari 2024 02:13

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Tata cara penulisan nama ilmiah makhluk hidup :</strong></p><p>&nbsp;</p><p>1. &nbsp;Penulisan dalam tatanama binomial selalu menaruh nama ( epitet dari epithet ) genus diawal dan nama ( epitet ) spesies mengikutinya.</p><p>&nbsp;</p><p>2. &nbsp;Nama genus selalu diawali dengan huruf kapital ( huruf agung, uppercase ) dan nama spesies delalu diawali dengan huruf biasa ( huruf kecil, lowecase ).</p><p>&nbsp;</p><p>3. Penulisan nama ini tak mengikuti tipografi yang menyertainya. artinya suatu teks yang seluruhnya menggunakan huruf kapital/balok, semisal pada judul suatu naskah, tak menjadikan penulisan nama ilmiah menjadi huruf kapital semua.</p><p>&nbsp;</p><p>4. &nbsp;Nama lengkap ( untuk hewan ) atau singkatan ( untuk tumbuhan ) dari autoritas boleh diberikan dibalik nama spesies dan ditulis dengan huruf tegak ( latin ) atau tanpa garis bawah ( jika tulisan tangan ).</p><p>&nbsp;</p><p>5. &nbsp;jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang aci sekarang, nama autoritas ditulis dalam tanda kurung. yang terakhir semula dibawa masuk dalam genus fringilla, sehingga diberi tanda kurung ( parentesis ).</p><p>&nbsp;</p><p>6. Pada penulisan teks yang menyertakan nama umum/trivial, nama ilmiah kebanyakan menyusul dan ditaruh dalam tanda kurung.</p><p>&nbsp;</p><p>7. &nbsp;Penulisan kata pertama dan kata kedua tidak disambung.</p><p>&nbsp;</p><p>8. &nbsp;kedua kata dapat ditulis dengan cetak miring atau digaris bawahi secara terpisah.</p><p>&nbsp;</p>

Tata cara penulisan nama ilmiah makhluk hidup :

 

1.  Penulisan dalam tatanama binomial selalu menaruh nama ( epitet dari epithet ) genus diawal dan nama ( epitet ) spesies mengikutinya.

 

2.  Nama genus selalu diawali dengan huruf kapital ( huruf agung, uppercase ) dan nama spesies delalu diawali dengan huruf biasa ( huruf kecil, lowecase ).

 

3. Penulisan nama ini tak mengikuti tipografi yang menyertainya. artinya suatu teks yang seluruhnya menggunakan huruf kapital/balok, semisal pada judul suatu naskah, tak menjadikan penulisan nama ilmiah menjadi huruf kapital semua.

 

4.  Nama lengkap ( untuk hewan ) atau singkatan ( untuk tumbuhan ) dari autoritas boleh diberikan dibalik nama spesies dan ditulis dengan huruf tegak ( latin ) atau tanpa garis bawah ( jika tulisan tangan ).

 

5.  jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang aci sekarang, nama autoritas ditulis dalam tanda kurung. yang terakhir semula dibawa masuk dalam genus fringilla, sehingga diberi tanda kurung ( parentesis ).

 

6. Pada penulisan teks yang menyertakan nama umum/trivial, nama ilmiah kebanyakan menyusul dan ditaruh dalam tanda kurung.

 

7.  Penulisan kata pertama dan kata kedua tidak disambung.

 

8.  kedua kata dapat ditulis dengan cetak miring atau digaris bawahi secara terpisah.

 


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

28 Februari 2024 03:57

Jawaban terverifikasi

<p>Tata cara dalam pemberian nama ilmiah suatu makhluk hidup dilakukan dengan cara Binomial Nomenclature, yaitu :</p><ol><li>Ditulis dengan bahasa latin atau yang dilatinkan</li><li>Terdiri dari dua kata: Kata pertama menunjukkan genus Kata kedua menunjukkan spesies</li><li>Nama genus, huruf pertama kata pertama di tulis dengan kapital, untuk spesies huruf pertama kata kedua ditulis kecil</li><li>Dimiringkan jika diketik, garis bawah jika tulis</li></ol>

Tata cara dalam pemberian nama ilmiah suatu makhluk hidup dilakukan dengan cara Binomial Nomenclature, yaitu :

  1. Ditulis dengan bahasa latin atau yang dilatinkan
  2. Terdiri dari dua kata: Kata pertama menunjukkan genus Kata kedua menunjukkan spesies
  3. Nama genus, huruf pertama kata pertama di tulis dengan kapital, untuk spesies huruf pertama kata kedua ditulis kecil
  4. Dimiringkan jika diketik, garis bawah jika tulis

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cermatilah kalimat berikut ini! Upaya evakuasi terus dilakukan Basarnas terhadap belasan petambang masih terjebak di dalam terowongan bawah tanah di Kabupaten Pangandaran. Penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah adalah… A. Basarnas C. petambang B. Evakuasi D. Pangandaran

13

0.0

Jawaban terverifikasi