Renata R

24 Agustus 2023 05:10

Iklan

Iklan

Renata R

24 Agustus 2023 05:10

Pertanyaan

bagaimana hubungan perdagangan rempah antara Nusantara dan Tiongkok pada abad ke-16?


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

24 Agustus 2023 07:16

Jawaban terverifikasi

<p>komoditas Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi menjadi daya tarik bangsa Tiongkok untuk datang ke Indonesia. Selain itu, <strong>masyarakat Indonesia terbuka, ramah dengan bangsa pendatang, dan membuat bangsa Tiongkok melihat adanya potensi ekonomi yang menguntungkan di wilayah Indonesia</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p>Hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok sendiri sudah berlangsung sejak lama yaitu pada tahun <strong>1950-an</strong> dan tentunya banyak mengalami pasang surut menyesuaikan dinamika politik dalam negeri masing-masing negara tersebut.</p>

komoditas Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi menjadi daya tarik bangsa Tiongkok untuk datang ke Indonesia. Selain itu, masyarakat Indonesia terbuka, ramah dengan bangsa pendatang, dan membuat bangsa Tiongkok melihat adanya potensi ekonomi yang menguntungkan di wilayah Indonesia.

 

Hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok sendiri sudah berlangsung sejak lama yaitu pada tahun 1950-an dan tentunya banyak mengalami pasang surut menyesuaikan dinamika politik dalam negeri masing-masing negara tersebut.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Agustus 2023 08:28

Jawaban terverifikasi

Hubungan perdagangan rempah antara Nusantara (wilayah Indonesia) dan Tiongkok pada abad ke-16 sangatlah penting. Pada saat itu, rempah-rempah seperti cengkeh, lada, kulit manis, dan pala menjadi barang yang sangat bernilai dan dicari di pasar global. Nusantara merupakan salah satu wilayah utama penghasil rempah-rempah sedangkan Tiongkok adalah salah satu pasar terbesar di dunia pada masa itu. Perdagangan rempah antara Nusantara dan Tiongkok pada abad ke-16 umumnya dilakukan melalui rute perdagangan maritim. Kapal Tiongkok, yang dikenal sebagai jung, datang ke pelabuhan di kepulauan Nusantara seperti Malaka, Surabaya, dan Makassar, untuk membeli rempah-rempah. Para pedagang Tiongkok juga datang ke pesisir Nusantara untuk melakukan perdagangan langsung dengan para pedagang lokal. Dalam pertukaran perdagangan ini, Nusantara menerima produk manufaktur dari Tiongkok seperti kain sutra, keramik, dan barang-barang logam, sementara Tiongkok memperoleh rempah-rempah yang sangat berharga. Hubungan perdagangan ini memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi kedua belah pihak. Selain itu, perdagangan rempah-rempah juga memberikan dampak yang signifikan pada perjalanan sejarah. Permintaan yang tinggi dari Tiongkok untuk rempah-rempah Nusantara menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya penjelajahan laut pada masa itu. Dalam upaya untuk mencari rute langsung ke kepulauan rempah, penjelajah seperti Christopher Columbus dan Vasco da Gama menjelajahi lautan dunia baru dan membuka jalan bagi kebangkitan perdagangan global. Namun, hubungan perdagangan ini tidak selalu berjalan mulus. Bersaingnya kekuatan kolonial Eropa juga mempengaruhi perdagangan rempah antara Nusantara dan Tiongkok. Pada awal abad ke-17, Belanda menguasai wilayah perdagangan rempah di Nusantara dan mencoba memonopoli pasar ini, yang berdampak negatif pada hubungan perdagangan antara kedua negara. Secara keseluruhan, perdagangan rempah antara Nusantara dan Tiongkok pada abad ke-16 adalah hubungan yang sangat penting bagi kedua belah pihak. Perdagangan ini tidak hanya membawa keuntungan ekonomi, tetapi juga mempengaruhi jalannya sejarah dan perdagangan global pada masa itu.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

416

5.0

Jawaban terverifikasi