Elvia A

16 November 2020 02:09

Iklan

Iklan

Elvia A

16 November 2020 02:09

Pertanyaan

Bagaimana hasil penyuntikan tikus dengan klon bakteri tidak pantogen yang sudah dicampur dengan sisa sel bakteri yang sudah dimatikan? Jelaskan penyebabnya!


67

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

K. Wisnu

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

24 Februari 2022 09:01

Jawaban terverifikasi

Halo Elvia, kakak bantu jawab yaa :) Tikus yang disuntikan bakteri yang sudah dimatikan dengan bakteri non patogen menyebabkan tikus mati. Hal ini terjadi karena bakteri patogen mentransformasikan genetiknya ke bakteri non patogen sehingga bakteri non patogen bersifat patogen. Percobaan pada soal merupakan perocbaan Griffith. Griffith membuat satu percobaan pertama yang menunjukkan bahwa bakteri bisa memindahkan informasi genetik melalui bagian yang dinamakan transformasi. Dari percobaan yang sudah dilakukan, tikus yang disuntikan bakteri 𝘱𝘯𝘦𝘶𝘮𝘰𝘤𝘰𝘤𝘤𝘶𝘴 yang sudah dimatikan dengan bakteri non patogen menyebabkan tikus mati. Hal ini terjadi karena bakteri patogen mentransformasikan genetiknya ke bakteri non patogen sehingga bakteri non patogen bersifat patogen. Kesimpulan dari percobaan Griffith merupakan DNA bakteri galur patogen, meskipun bakteri itu telah mati, DNA-nya bertahan dari bagian pemanasan dan diambil oleh bakteri galur non patogen. DNA patogen mengandung gen yang membentuk kapsul perlindungan. Dilengkapi dengan gen ini, bakteri galur non patogen jadi terlindungi dari sistem kekebalan inang dan bisa membunuhnya. Semoga jawabannya membantu yaa!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

formula kromosom / atau kariotipe dari lumba-lumba yang jumlah kromosomnya 44 dan tembakau jumlah kromosomnya 48 Baik pada sel somatic/ sel tubuh dan sel kelamin/ sel

13

0.0

Jawaban terverifikasi