Xhan D

11 Februari 2024 17:14

Iklan

Iklan

Xhan D

11 Februari 2024 17:14

Pertanyaan

Bagaimana dampak pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif bagi bangsa Indonesia?


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Ruth A

13 Februari 2024 01:43

Jawaban terverifikasi

<p>Positif :<br>1. Politik Luar Negeri Indonesia yang bersifat “bebas aktif” membuat Indonesia menjaga jarak dengan urusan dalam negeri negara lain, dimana hal ini sesuai dengan Legal Limits Konvensi Wina 1961.<br>2.menjauhkan sikap curiga, yang sesuai dengan Article 3 Konvensi Wina.<br>3.Pemerintahan RI akan mempunyai banyak jalur untuk berhubungan dengan negara lain, demi terciptanya perdamaian dunia. Contoh :<br>-Terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan Keamanan PBB 2007-2008.<br>-Pengiriman Pasukan Garuda ke Libanon.<br>-Penyelenggaraan KTT Global Warming di Bali.<br>4. terciptanya perdamaian dunia<br>5. terbentuknya daerah persekutuan antar negara&nbsp;yang kuat dan tangguh<br><br>Negatif:<br>1. Masih banyak perang dingin<br>2. Budaya-budaya tradisional kita akan tergeser oleh budaya negara lain.<br>3. Erosi nilai-nilai budaya.<br>4.Terjadinya akulturasi budaya yang selanjutnya berkembang menjadi budaya &nbsp; massa.<br>5. Mempercepat perubahan pola kehidupan bangsa.<br>6. Membuat sikap menutup diri dan berpikir sempit.</p>

Positif :
1. Politik Luar Negeri Indonesia yang bersifat “bebas aktif” membuat Indonesia menjaga jarak dengan urusan dalam negeri negara lain, dimana hal ini sesuai dengan Legal Limits Konvensi Wina 1961.
2.menjauhkan sikap curiga, yang sesuai dengan Article 3 Konvensi Wina.
3.Pemerintahan RI akan mempunyai banyak jalur untuk berhubungan dengan negara lain, demi terciptanya perdamaian dunia. Contoh :
-Terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan Keamanan PBB 2007-2008.
-Pengiriman Pasukan Garuda ke Libanon.
-Penyelenggaraan KTT Global Warming di Bali.
4. terciptanya perdamaian dunia
5. terbentuknya daerah persekutuan antar negara yang kuat dan tangguh

Negatif:
1. Masih banyak perang dingin
2. Budaya-budaya tradisional kita akan tergeser oleh budaya negara lain.
3. Erosi nilai-nilai budaya.
4.Terjadinya akulturasi budaya yang selanjutnya berkembang menjadi budaya   massa.
5. Mempercepat perubahan pola kehidupan bangsa.
6. Membuat sikap menutup diri dan berpikir sempit.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 23:02

Jawaban terverifikasi

<p>Pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif bagi bangsa Indonesia memiliki dampak signifikan. Beberapa dampak utamanya melibatkan:</p><p><strong>Kemandirian dan Kedaulatan:</strong> Politik luar negeri bebas aktif mendukung kemandirian dan kedaulatan Indonesia. Prinsip ini menekankan bahwa Indonesia akan menjalankan hubungan internasionalnya dengan negara-negara lain tanpa campur tangan asing yang merugikan kedaulatan.</p><p><strong>Kerja Sama Internasional:</strong> Pendekatan bebas aktif mendorong kerja sama internasional dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, dan keamanan. Indonesia berusaha membangun hubungan dengan berbagai negara di dunia tanpa terikat pada blok politik tertentu.</p><p><strong>Pengakuan dan Kepercayaan:</strong> Sikap bebas aktif memberikan Indonesia fleksibilitas untuk menjalin hubungan dengan berbagai negara, termasuk yang memiliki ideologi atau sistem politik yang berbeda. Hal ini dapat meningkatkan pengakuan dan kepercayaan terhadap Indonesia di arena internasional.</p><p><strong>Kesejahteraan dan Pembangunan:</strong> Kerja sama internasional yang dihasilkan dari politik luar negeri bebas aktif dapat mendukung pembangunan dan kesejahteraan di dalam negeri melalui investasi asing, bantuan pembangunan, dan perdagangan internasional.</p><p><strong>Keamanan dan Stabilitas:</strong> Dengan menjaga hubungan yang baik dengan berbagai negara, Indonesia dapat berkontribusi pada stabilitas dan keamanan di kawasan dan dunia. Kerja sama regional dan internasional menjadi lebih mungkin dengan pendekatan bebas aktif.</p>

Pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif bagi bangsa Indonesia memiliki dampak signifikan. Beberapa dampak utamanya melibatkan:

Kemandirian dan Kedaulatan: Politik luar negeri bebas aktif mendukung kemandirian dan kedaulatan Indonesia. Prinsip ini menekankan bahwa Indonesia akan menjalankan hubungan internasionalnya dengan negara-negara lain tanpa campur tangan asing yang merugikan kedaulatan.

Kerja Sama Internasional: Pendekatan bebas aktif mendorong kerja sama internasional dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, dan keamanan. Indonesia berusaha membangun hubungan dengan berbagai negara di dunia tanpa terikat pada blok politik tertentu.

Pengakuan dan Kepercayaan: Sikap bebas aktif memberikan Indonesia fleksibilitas untuk menjalin hubungan dengan berbagai negara, termasuk yang memiliki ideologi atau sistem politik yang berbeda. Hal ini dapat meningkatkan pengakuan dan kepercayaan terhadap Indonesia di arena internasional.

Kesejahteraan dan Pembangunan: Kerja sama internasional yang dihasilkan dari politik luar negeri bebas aktif dapat mendukung pembangunan dan kesejahteraan di dalam negeri melalui investasi asing, bantuan pembangunan, dan perdagangan internasional.

Keamanan dan Stabilitas: Dengan menjaga hubungan yang baik dengan berbagai negara, Indonesia dapat berkontribusi pada stabilitas dan keamanan di kawasan dan dunia. Kerja sama regional dan internasional menjadi lebih mungkin dengan pendekatan bebas aktif.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

35. Contoh akulturasi seni rupa/seni ukir antara kebudayaan budha dan kebudayaan nusantara dapat ditemukan di relief yang dipahatkan pada dinding-dinding pagar langkan Candi Borobudur yang berupa pahatan riwayat sang Budha. Di sekitar Sang Budha tergambar lingkungan alam Indonesia seperti a. kereta kuda dan sumur tua b. rumah panggung dan burung merpati c. kebun nanas d. sawah dan ladang e. kebun kopi dan tembakau

7

5.0

Jawaban terverifikasi