Siti S

22 Agustus 2023 12:04

Iklan

Iklan

Siti S

22 Agustus 2023 12:04

Pertanyaan

bagaimana cara mendapatkan ide dari brainstorming

bagaimana cara mendapatkan ide dari brainstorming

alt

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aliakbar S

24 Agustus 2023 04:41

Jawaban terverifikasi

Brainstorming adalah teknik yang digunakan untuk menghasilkan sejumlah ide kreatif dalam waktu singkat. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan ide melalui brainstorming: 1. **Pilih Tim atau Kelompok**: Jika mungkin, ajak beberapa orang untuk berpartisipasi dalam sesi brainstorming. Berbagai pandangan dan perspektif dapat memperkaya hasil ide. 2. **Tetapkan Tujuan yang Jelas**: Tentukan topik atau masalah yang ingin Anda pecahkan. Pastikan semua anggota tahu tujuan brainstorming. 3. **Bebaskan Imajinasi**: Minta anggota tim untuk membebaskan imajinasi mereka dan menciptakan sebanyak mungkin ide, tanpa menghakimi atau menilai ide-ide tersebut pada tahap ini. 4. **Sesi Tanpa Kritik**: Hindari kritik atau evaluasi pada tahap awal. Fokuslah pada menghasilkan sebanyak mungkin ide. 5. **Pergunakan Teknik Pemancingan Ide**: Gunakan teknik seperti "What If?", asosiasi bebas, perbandingan, atau pemikiran lateral untuk memicu pemikiran kreatif. 6. **Catat Semua Ide**: Miliki catatan atau papan tulis untuk mencatat setiap ide yang muncul. Ini membantu menghindari kehilangan ide yang mungkin berharga. 7. **Dorong Keterlibatan Setiap Anggota**: Pastikan semua anggota tim berkontribusi dengan memberikan ide-ide mereka. Hindari dominasi satu suara. 8. **Gabungkan dan Kembangkan Ide**: Setelah sesi brainstorming selesai, periksa dan kembangkan ide-ide yang menarik. Gabungkan ide-ide yang berkaitan untuk menciptakan ide yang lebih besar. 9. **Evaluasi dan Seleksi**: Setelah mengumpulkan sejumlah ide, lakukan evaluasi. Pilih ide-ide yang paling cocok dengan tujuan dan kriteria yang telah ditetapkan. 10. **Implementasi**: Setelah memilih ide-ide yang akan dijalankan, buat rencana tindakan untuk mengimplementasikannya. Ingatlah bahwa dalam brainstorming, tujuannya adalah menghasilkan banyak ide, bahkan yang mungkin terdengar aneh atau tidak mungkin pada awalnya. Ide-ide semacam itu dapat memicu ide-ide lain yang lebih inovatif. Jangan ragu untuk berpikir di luar kotak dan bersedia menerima ide-ide yang tidak biasa.


Aliakbar S

24 Agustus 2023 04:42

Semoga jawabannya membantu πŸ‘πŸΏ Jangan lupa kunjungi instagram saya @mr.noboju2_ 😎

β€” Tampilkan 1 balasan lainnya

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

27 Agustus 2023 02:07

Jawaban terverifikasi

<p>Brainstorming adalah teknik kreatif yang digunakan untuk menghasilkan sejumlah ide baru dan inovatif dalam suatu kelompok. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan ide dari sesi brainstorming:</p><p><strong>Persiapkan Lingkungan yang Mendukung:</strong> Pastikan ruangan atau lingkungan di mana Anda akan melakukan brainstorming nyaman dan bebas dari gangguan. Ini akan membantu para peserta fokus pada proses berpikir kreatif.</p><p><strong>Tentukan Tujuan dan Batasan:</strong> Tentukan dengan jelas tujuan dari sesi brainstorming. Apa yang ingin Anda capai? Apa masalah atau konsep yang ingin Anda eksplorasi? Juga, tetapkan batasan atau parameter yang akan membantu mengarahkan ide-ide agar tetap relevan.</p><p><strong>Bentuk Tim atau Kelompok:</strong> Brainstorming dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok. Memiliki berbagai sudut pandang dan pengalaman dapat membantu menghasilkan ide yang lebih beragam.</p><p><strong>Pikirkan Kuantitas, Bukan Kualitas:</strong> Dalam tahap awal brainstorming, fokuslah pada menghasilkan banyak ide, bahkan jika beberapa ide terlihat aneh atau tidak mungkin. Jangan khawatir tentang kualitasnya pada tahap ini.</p><p><strong>Lepaskan Kreativitas:</strong> Ajak semua peserta untuk berbicara dan berkontribusi. Jangan biarkan penilaian atau kritik menghalangi arus ide yang muncul. Biarkan ide-ide muncul secara bebas dan spontan.</p><p><strong>Gunakan Teknik Stimulasi:</strong> Anda dapat menggunakan teknik stimulasi seperti "What if...?", asosiasi bebas, atau memutar balik masalah untuk menghasilkan sudut pandang yang berbeda dan ide yang tidak terduga.</p><p><strong>Bangun Atas Ide Lain:</strong> Jika seseorang mengemukakan ide, ajak peserta lain untuk membangun di atasnya. Ini dapat menghasilkan variasi dan pengembangan ide yang lebih mendalam.</p><p><strong>Catat Semua Ide:</strong> Pastikan ide-ide yang dihasilkan dicatat secara tertulis atau dalam bentuk visual. Ini akan membantu dalam proses seleksi dan pengembangan lebih lanjut.</p><p><strong>Lakukan Evaluasi dan Seleksi:</strong> Setelah sesi brainstorming selesai, Anda dapat melakukan evaluasi bersama untuk mengevaluasi ide-ide yang dihasilkan. Pilih ide-ide yang paling menjanjikan dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.</p><p><strong>Pengembangan Lebih Lanjut:</strong> Ide-ide yang terpilih dapat dikembangkan lebih lanjut melalui analisis, pengujian konsep, dan perencanaan implementasi.</p><p><strong>Berikan Penghargaan:</strong> Berikan apresiasi pada semua peserta untuk kontribusi mereka dalam sesi brainstorming. Ini akan meningkatkan semangat dan partisipasi pada sesi brainstorming berikutnya.</p><p>Ingatlah bahwa tidak semua ide yang muncul dari brainstorming akan sempurna atau dapat diimplementasikan. Tujuan utamanya adalah memunculkan ide-ide baru dan melihat potensi kreativitas dari berbagai sudut pandang.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Brainstorming adalah teknik kreatif yang digunakan untuk menghasilkan sejumlah ide baru dan inovatif dalam suatu kelompok. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan ide dari sesi brainstorming:

Persiapkan Lingkungan yang Mendukung: Pastikan ruangan atau lingkungan di mana Anda akan melakukan brainstorming nyaman dan bebas dari gangguan. Ini akan membantu para peserta fokus pada proses berpikir kreatif.

Tentukan Tujuan dan Batasan: Tentukan dengan jelas tujuan dari sesi brainstorming. Apa yang ingin Anda capai? Apa masalah atau konsep yang ingin Anda eksplorasi? Juga, tetapkan batasan atau parameter yang akan membantu mengarahkan ide-ide agar tetap relevan.

Bentuk Tim atau Kelompok: Brainstorming dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok. Memiliki berbagai sudut pandang dan pengalaman dapat membantu menghasilkan ide yang lebih beragam.

Pikirkan Kuantitas, Bukan Kualitas: Dalam tahap awal brainstorming, fokuslah pada menghasilkan banyak ide, bahkan jika beberapa ide terlihat aneh atau tidak mungkin. Jangan khawatir tentang kualitasnya pada tahap ini.

Lepaskan Kreativitas: Ajak semua peserta untuk berbicara dan berkontribusi. Jangan biarkan penilaian atau kritik menghalangi arus ide yang muncul. Biarkan ide-ide muncul secara bebas dan spontan.

Gunakan Teknik Stimulasi: Anda dapat menggunakan teknik stimulasi seperti "What if...?", asosiasi bebas, atau memutar balik masalah untuk menghasilkan sudut pandang yang berbeda dan ide yang tidak terduga.

Bangun Atas Ide Lain: Jika seseorang mengemukakan ide, ajak peserta lain untuk membangun di atasnya. Ini dapat menghasilkan variasi dan pengembangan ide yang lebih mendalam.

Catat Semua Ide: Pastikan ide-ide yang dihasilkan dicatat secara tertulis atau dalam bentuk visual. Ini akan membantu dalam proses seleksi dan pengembangan lebih lanjut.

Lakukan Evaluasi dan Seleksi: Setelah sesi brainstorming selesai, Anda dapat melakukan evaluasi bersama untuk mengevaluasi ide-ide yang dihasilkan. Pilih ide-ide yang paling menjanjikan dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Pengembangan Lebih Lanjut: Ide-ide yang terpilih dapat dikembangkan lebih lanjut melalui analisis, pengujian konsep, dan perencanaan implementasi.

Berikan Penghargaan: Berikan apresiasi pada semua peserta untuk kontribusi mereka dalam sesi brainstorming. Ini akan meningkatkan semangat dan partisipasi pada sesi brainstorming berikutnya.

Ingatlah bahwa tidak semua ide yang muncul dari brainstorming akan sempurna atau dapat diimplementasikan. Tujuan utamanya adalah memunculkan ide-ide baru dan melihat potensi kreativitas dari berbagai sudut pandang.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jenis wirausaha sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya adalah... A.Mendirikan restoran B.Mendirikan usaha batik C.Mendirikan pabrik mebel D.Mendirikan peternakan ayam

89

0.0

Jawaban terverifikasi