Aisyah N

18 Februari 2024 09:17

Iklan

Iklan

Aisyah N

18 Februari 2024 09:17

Pertanyaan

Bagaimana cara membuat humus? Mengapa lubang untuk membuat humus sebaliknya dibawah pohon rindang? Apa yg akan terjadi jika pohon mangga yg ditanam dipupuk dengan humus?

Bagaimana cara membuat humus? 

Mengapa lubang untuk membuat humus sebaliknya dibawah pohon rindang?

Apa yg akan terjadi jika pohon mangga yg ditanam dipupuk dengan humus?

 


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

18 Februari 2024 22:03

Jawaban terverifikasi

<h2>Cara Membuat Humus</h2><p><strong>Bahan-bahan:</strong></p><ul><li>Sisa-sisa makanan organik (sayuran, buah-buahan, daun-daun kering)</li><li>Tanah</li><li>Air</li></ul><p><strong>Alat-alat:</strong></p><ul><li>Wadah (ember, pot, komposter)</li><li>Sekop</li><li>Cakar</li></ul><p><strong>Langkah-langkah:</strong></p><ol><li>Potong sisa-sisa makanan organik menjadi potongan kecil.</li><li>Campurkan sisa-sisa makanan organik dengan tanah.</li><li>Siram campuran dengan air secukupnya, jaga agar tidak terlalu basah atau kering.</li><li>Aduk campuran secara berkala untuk membantu proses dekomposisi.</li><li>Tutup wadah dengan rapat.</li><li>Simpan wadah di tempat yang teduh dan tidak terkena hujan langsung.</li><li>Tunggu selama 3-6 bulan, tergantung pada kondisi lingkungan.</li><li>Humus siap digunakan sebagai pupuk organik.</li></ol><p><strong>Tips:</strong></p><ul><li>Tambahkan cacing tanah ke dalam campuran untuk membantu mempercepat proses dekomposisi.</li><li>Gunakan komposter untuk mempermudah proses pembuatan humus.</li><li>Hindari menggunakan bahan-bahan yang mengandung pestisida.</li></ul><h2>Mengapa Lubang untuk Membuat Humus Sebaiknya Di Bawah Pohon Rindang?</h2><ul><li><strong>Suhu:</strong> Pohon rindang memberikan naungan sehingga suhu di sekitar lubang humus lebih stabil. Hal ini membantu proses dekomposisi berjalan lebih optimal.</li><li><strong>Kelembaban:</strong> Pohon rindang membantu menjaga kelembaban di sekitar lubang humus. Hal ini penting untuk menjaga agar humus tidak terlalu kering atau basah.</li><li><strong>Air:</strong> Daun-daun dari pohon rindang akan jatuh ke lubang humus dan menjadi sumber air tambahan.</li><li><strong>Cacing tanah:</strong> Pohon rindang menyediakan habitat yang ideal bagi cacing tanah, yang membantu mempercepat proses dekomposisi.</li></ul><h2>Apa yang Akan Terjadi Jika Pohon Mangga yang Ditanam Dipupuk dengan Humus?</h2><ul><li><strong>Pertumbuhan:</strong> Humus kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Hal ini akan membantu pohon mangga tumbuh lebih cepat dan subur.</li><li><strong>Hasil panen:</strong> Humus dapat meningkatkan hasil panen pohon mangga karena tanaman yang subur akan menghasilkan lebih banyak buah.</li><li><strong>Kualitas buah:</strong> Humus dapat meningkatkan kualitas buah mangga karena tanaman yang sehat akan menghasilkan buah yang lebih besar, manis, dan berwarna cerah.</li><li><strong>Ketahanan terhadap penyakit:</strong> Humus dapat meningkatkan ketahanan pohon mangga terhadap penyakit karena tanaman yang subur memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.</li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Membuat humus di bawah pohon rindang memiliki banyak manfaat dan pupuk humus sangat bermanfaat untuk pohon mangga.</p><p>Semoga penjelasan ini membantu!</p>

Cara Membuat Humus

Bahan-bahan:

  • Sisa-sisa makanan organik (sayuran, buah-buahan, daun-daun kering)
  • Tanah
  • Air

Alat-alat:

  • Wadah (ember, pot, komposter)
  • Sekop
  • Cakar

Langkah-langkah:

  1. Potong sisa-sisa makanan organik menjadi potongan kecil.
  2. Campurkan sisa-sisa makanan organik dengan tanah.
  3. Siram campuran dengan air secukupnya, jaga agar tidak terlalu basah atau kering.
  4. Aduk campuran secara berkala untuk membantu proses dekomposisi.
  5. Tutup wadah dengan rapat.
  6. Simpan wadah di tempat yang teduh dan tidak terkena hujan langsung.
  7. Tunggu selama 3-6 bulan, tergantung pada kondisi lingkungan.
  8. Humus siap digunakan sebagai pupuk organik.

Tips:

  • Tambahkan cacing tanah ke dalam campuran untuk membantu mempercepat proses dekomposisi.
  • Gunakan komposter untuk mempermudah proses pembuatan humus.
  • Hindari menggunakan bahan-bahan yang mengandung pestisida.

Mengapa Lubang untuk Membuat Humus Sebaiknya Di Bawah Pohon Rindang?

  • Suhu: Pohon rindang memberikan naungan sehingga suhu di sekitar lubang humus lebih stabil. Hal ini membantu proses dekomposisi berjalan lebih optimal.
  • Kelembaban: Pohon rindang membantu menjaga kelembaban di sekitar lubang humus. Hal ini penting untuk menjaga agar humus tidak terlalu kering atau basah.
  • Air: Daun-daun dari pohon rindang akan jatuh ke lubang humus dan menjadi sumber air tambahan.
  • Cacing tanah: Pohon rindang menyediakan habitat yang ideal bagi cacing tanah, yang membantu mempercepat proses dekomposisi.

Apa yang Akan Terjadi Jika Pohon Mangga yang Ditanam Dipupuk dengan Humus?

  • Pertumbuhan: Humus kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Hal ini akan membantu pohon mangga tumbuh lebih cepat dan subur.
  • Hasil panen: Humus dapat meningkatkan hasil panen pohon mangga karena tanaman yang subur akan menghasilkan lebih banyak buah.
  • Kualitas buah: Humus dapat meningkatkan kualitas buah mangga karena tanaman yang sehat akan menghasilkan buah yang lebih besar, manis, dan berwarna cerah.
  • Ketahanan terhadap penyakit: Humus dapat meningkatkan ketahanan pohon mangga terhadap penyakit karena tanaman yang subur memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Kesimpulan:

Membuat humus di bawah pohon rindang memiliki banyak manfaat dan pupuk humus sangat bermanfaat untuk pohon mangga.

Semoga penjelasan ini membantu!


Aisyah N

20 Februari 2024 05:21

terima kasih kak

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 22:45

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Cara Membuat Humus:</strong> Humus adalah bahan organik yang sangat baik untuk meningkatkan struktur tanah dan menyediakan nutrisi bagi tanaman. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat humus:</p><p><strong>Kumpulkan Bahan Organik:</strong></p><ul><li>Kumpulkan bahan-bahan organik seperti daun-daun kering, jerami, ranting kecil, sisa tanaman, dan material organik lainnya.</li></ul><p><strong>Penyusunan Bahan:</strong></p><ul><li>Susun bahan-bahan organik tersebut dalam tumpukan. Bisa menggunakan metode tumpukan atau membuat bin kompos.</li></ul><p><strong>Penyiraman dan Pembalikan:</strong></p><ul><li>Pastikan tumpukan bahan organik tersebut lembab dengan menyiraminya sesekali. Lakukan pembalikan secara berkala untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.</li></ul><p><strong>Pemanasan dan Penguraian:</strong></p><ul><li>Dalam proses pembusukan, bahan organik tersebut akan menghasilkan panas. Pemanasan ini membantu dalam menguraikan bahan menjadi humus.</li></ul><p><strong>Pematangan:</strong></p><ul><li>Biarkan tumpukan bahan organik tersebut berkembang menjadi humus dalam beberapa bulan hingga setahun, tergantung pada kondisi dan ukuran tumpukan.</li></ul><p><strong>Penyaringan dan Penggunaan:</strong></p><ul><li>Setelah matang, saring humus untuk memisahkan material yang belum terurai sepenuhnya. Gunakan humus yang dihasilkan sebagai pupuk organik.</li></ul><p><strong>Mengapa Lubang untuk Membuat Humus Dibuat di Bawah Pohon Rindang:</strong> Lubang untuk membuat humus biasanya ditempatkan di bawah pohon rindang karena:</p><ul><li>Daun-daun pohon yang gugur memberikan bahan organik yang baik untuk proses pembusukan dan pembentukan humus.</li><li>Naungan dari pohon rindang membantu menjaga kelembaban dan kondisi optimal untuk dekomposisi bahan organik.</li><li>Akar pohon juga dapat membantu menyuburkan tanah dengan melepaskan senyawa-senyawa organik ke dalam tanah.</li></ul><p><strong>Dampak Pemberian Humus pada Pohon Mangga:</strong></p><ul><li><strong>Peningkatan Kesuburan Tanah:</strong> Humus meningkatkan struktur tanah, menyediakan nutrisi, dan meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air.</li><li><strong>Pertumbuhan yang Lebih Sehat:</strong> Pemberian humus dapat merangsang pertumbuhan akar, daun, dan buah yang lebih sehat pada pohon mangga.</li><li><strong>Resistensi terhadap Penyakit:</strong> Tanah yang diperkaya humus dapat meningkatkan resistensi pohon mangga terhadap penyakit dan serangan hama.</li></ul><p>Pemberian humus dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan keseimbangan ekosistem di sekitar pohon mangga.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Cara Membuat Humus: Humus adalah bahan organik yang sangat baik untuk meningkatkan struktur tanah dan menyediakan nutrisi bagi tanaman. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat humus:

Kumpulkan Bahan Organik:

  • Kumpulkan bahan-bahan organik seperti daun-daun kering, jerami, ranting kecil, sisa tanaman, dan material organik lainnya.

Penyusunan Bahan:

  • Susun bahan-bahan organik tersebut dalam tumpukan. Bisa menggunakan metode tumpukan atau membuat bin kompos.

Penyiraman dan Pembalikan:

  • Pastikan tumpukan bahan organik tersebut lembab dengan menyiraminya sesekali. Lakukan pembalikan secara berkala untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.

Pemanasan dan Penguraian:

  • Dalam proses pembusukan, bahan organik tersebut akan menghasilkan panas. Pemanasan ini membantu dalam menguraikan bahan menjadi humus.

Pematangan:

  • Biarkan tumpukan bahan organik tersebut berkembang menjadi humus dalam beberapa bulan hingga setahun, tergantung pada kondisi dan ukuran tumpukan.

Penyaringan dan Penggunaan:

  • Setelah matang, saring humus untuk memisahkan material yang belum terurai sepenuhnya. Gunakan humus yang dihasilkan sebagai pupuk organik.

Mengapa Lubang untuk Membuat Humus Dibuat di Bawah Pohon Rindang: Lubang untuk membuat humus biasanya ditempatkan di bawah pohon rindang karena:

  • Daun-daun pohon yang gugur memberikan bahan organik yang baik untuk proses pembusukan dan pembentukan humus.
  • Naungan dari pohon rindang membantu menjaga kelembaban dan kondisi optimal untuk dekomposisi bahan organik.
  • Akar pohon juga dapat membantu menyuburkan tanah dengan melepaskan senyawa-senyawa organik ke dalam tanah.

Dampak Pemberian Humus pada Pohon Mangga:

  • Peningkatan Kesuburan Tanah: Humus meningkatkan struktur tanah, menyediakan nutrisi, dan meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air.
  • Pertumbuhan yang Lebih Sehat: Pemberian humus dapat merangsang pertumbuhan akar, daun, dan buah yang lebih sehat pada pohon mangga.
  • Resistensi terhadap Penyakit: Tanah yang diperkaya humus dapat meningkatkan resistensi pohon mangga terhadap penyakit dan serangan hama.

Pemberian humus dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan keseimbangan ekosistem di sekitar pohon mangga.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jawablah pertanyaan dari penggalan laporan pengamatan di bawah ini! Membuat pupuk kompos sangatlah mudah. Caranya kumpulkan sampah daun-daunan. Kemudian timbul sampah-sampah itu dalam lubang. Sebaiknya lubang dibuat dibawa pohon yang rindang karena udara lembab akan mempercepat pembusukan. Setelah beberapa lama daun-daun itu akan membusuk. Wonge bentuknya berupa gumpalan gumpalan hitam bercampur tanah itulah yang disebut humus. Mengapa lubang untuk membuat bumbu sebaiknya dibawah pohon rindang

3

0.0

Jawaban terverifikasi

B. Jawablah soal-soal di bawah ini! Bacalah teks cerita inspiratif di bawah ini dan jawablah pertanyaannya! RAJA DAN KOTA MEGAHYA Alkisah, hiduplah seorang rata yang kaya raya. Pada suatu hari ia memanggil seluruh pakar bangunan, insinyur, dan desainer kita yang ada di dunia. Kepada mereka ia meminta untuk dibuatkan sebuah kota yang paling megah dan paling pindah di seluruh dunia. Pekerjaan pun dimulai. Semua dikerjakan dengan sangat teliti untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Rata tidak menawar harga. Berapa pun biaya yang dibutuhkan ia siap membayarnya. Setelah sekian lama dikerjakan, akhirnya semuanya selesai. Sebuah kota yang teramat megah dan pindah hasil karya para pakar dunia pun tercipta. Memasuki kota itu seperti masuk surga. Raja mengadakan pesta dan mengundang rakyatnya dan tamu-tamu negara. Setiap orang yang datang pasti berdetak kagum menyaksikan karya jagung yang dahsyat dan sempurna itu. Rata pun sangat bangga dan puas karena semua itu berkat kecemerlangan idenya. Rata memerintahkan kepada penjaga agar menandai setiap tamu yang datang tentang celah kekurangan kota yang dibangunnya. Tiba-tiba ada seorang pengunjung rakyat bisa berseloroh. "Ah, seindah apa pun kota ini, tetap tidak sempurna". Mendengar kalimat itu rata tersinggung. Apa lagi yang mengatakannya adalah orang desa yang tidak tahu sama sekali tentang arsitektur kota. “Hai, memang dirimu siapa? Apa maksudmu kota ini tidak sempurna? Coba katakan, apa yang kurang dari karya hebat ini?" "Maafkan, tuan raja. Benar, memang kota yang Anda bangun sangat pindah. Tapi tetap saja mengandung dua cacat". "Apa itu? Sebutkan!" "Pertama, suatu ketika kota ini akan pudar keindahannya, akan rusak, bahkan boleh jadi musnah. Yang kedua, pemilik kota ini juga akan musnah, suatu saat kematian akan menjemputnya. Apakah hal ini bisa dibilang sempurna?" "Aha, memangnya ada yang tak akan rusak dan pemiliknya tak akan mati? Tentu saja ada, Tuan Rata. Yang tak akan rusak adalah kota pindah surganya Allah, dan pemiliknya yaitu Allah, yang tak akan pernah mati. Itulah tempat yang sempurna". "Kau benar, saudaraku. Hamper saja kemewahan dan kemegahan dunia melarikan dan menjerumuskanku. Terima kasih kau telah menyadarkanku". Selanjutnya yang rata memeluk orang yang memberikan usul tersebut. Pertanyaan : 1. Apa ide sang raja itu? 2. Mengapa ia mewujudkan ide tersebut? 3. Apa yang dilakukan raja agar idenya bisa dilaksanakan? 4. Apa yang dilakukan raja setelah idenya terwujud? 5. Apa yang diperintahkan raja kepada setiap tamu yang datang? 6. Mengapa raja melakukan hal tersebut? 7. Siapakah yang memberikan usul? 8. Apakah usulnya tersebut? 9. Siapa saja yang diundang? 10. Di manakah pesta itu diadakan? 11. Kapankah pesta itu dilaksanakan? 12. Bagaimana reaksi raja setelah mendengar salah satu rakyatnya memberikan usul?

25

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan