Zaidan Z

16 Februari 2020 06:11

Iklan

Iklan

Zaidan Z

16 Februari 2020 06:11

Pertanyaan

Bagaimana cara membeda kan texs narasi, deskripsi, eposisi


10

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Naufalia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

03 Februari 2022 08:11

Jawaban terverifikasi

Hallo Zaidan. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Cara membedakan teks narasi, deskripsi, dan eksposisi adalah dilihat dari isinya. Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa, sedangkan teks eksposisi adalah suatu teks yang ditujukan untuk menyampaikan informasi dari pengarang kepada pembaca terhadap kejadian atau masalah tertentu, dan teks narasi adalah karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologi sesuai dengan urutan waktunya. Mari cermati pembahasan berikut ini! Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa. Ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut. 1. Menggambarkan atau menjelaskan sesuatu. 2. Penjelasan secara mendetail dan melibatkan pancaindra. 3. Berusaha membuat pembaca dan pendengar merasakan adegan atau peristiwa di dalam teks. 4. Melibatkan pancaindra untuk membuat pembaca paham. 5. Kalimatnya terfokus pada satu hal sesuai penjelasan. Teks eksposisi merupakan suatu teks yang ditujukan untuk menyampaikan informasi dari pengarang kepada pembaca terhadap kejadian atau masalah tertentu. Tujuan penulisan teks eksposisi yaitu menjelaskan informasi atau pengetahuan dari penulis berdasarkan fakta sebenarnya agar menambah wawasan atau pandangan pembaca. Teks eksposisi memiliki ciri-ciri, yakni: 1. Menyampaikan informasi atau pengetahuan secara singkat, jelas, padat, dan lugas berbahasa sesuai ejaan (baku). 2. Informasi atau pengetahuan berdasarkan kondisi sebenarnya (bersifat faktual). 3. Isi informasi atau pengetahuan mengandung unsur apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan di mana. 4. Teks eksposisi bersifat objektif (sesuai kebenaran) dan tidak memihak (netral). Teks narasi adalah karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologi sesuai dengan urutan waktunya. Teks narasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 1. Berisi tentang cerita, kisah, dan peristiwa tertentu. Teks ditulis menggunakan gaya bahasa naratif. 2. Memiliki alur yang jelas dari awal hingga akhir cerita. 3. Terdapat suatu peristiwa maupun konflik. 4. Ada unsur-unsur pembentuk seperti tema, latar, alur, karakter, dan sudut pandang. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa cara membedakan teks narasi, deskripsi, dan eksposisi adalah dilihat dari isinya. Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa, sedangkan teks eksposisi adalah suatu teks yang ditujukan untuk menyampaikan informasi dari pengarang kepada pembaca terhadap kejadian atau masalah tertentu, dan teks narasi adalah karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologi sesuai dengan urutan waktunya. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Malka N

16 Februari 2020 06:46

Teks narasi menceritakan peristiwa dari awal peristiwa sampai akhir peristiwa, teks deskripsi menceritakan objek secara jelas dan rinci, teks eksposisi menceritakan sejumlah pengetahuan/informasi.


F F

16 Februari 2020 07:36

teks narasi merupakan teks yang berisi cerita dan yang pasti ada tokoh. teks deskripsi merupakan teks yang menggambarkan suatu objek sehingga dapat dibayangkan. dan yang terakhir yang benar teks eksposisi merupakan teks yang menjelaskan sesuatu seperti pembuatan tahu, tempe, dan lain sebagainya.


Fardi N

16 Februari 2020 11:39

betul๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Šโ˜บ


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa itu teks Eksplanasi?

13

5.0

Jawaban terverifikasi