Hasan A

12 Mei 2023 04:18

Iklan

Hasan A

12 Mei 2023 04:18

Pertanyaan

Bagaimana cara cara menyublimasi suatu zat?

Bagaimana cara cara menyublimasi suatu zat?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

21

:

28

:

42

Klaim

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Khairil A

12 Mei 2023 16:30

Jawaban terverifikasi

<p>Sublimasi adalah proses perubahan zat dari keadaan padat langsung menjadi gas tanpa melalui keadaan cair. Berikut adalah cara-cara menyublimasi suatu zat:</p><p>Siapkan zat yang akan disublimasi dan alat yang diperlukan, seperti bejana sublimasi, kertas saring, dan bahan pemanas.</p><p>Letakkan zat pada bejana sublimasi dan rapatkan tutupnya.</p><p>Panaskan bejana sublimasi menggunakan bahan pemanas, seperti api Bunsen atau pemanas listrik. Pastikan suhu yang digunakan cukup tinggi untuk menghasilkan sublimasi.</p><p>Tunggu beberapa saat hingga zat mengalami sublimasi dan berubah menjadi gas. Gas tersebut akan menempel pada tutup bejana sublimasi.</p><p>Dinginkan tutup bejana sublimasi dengan menggunakan kertas saring atau material lain yang tahan panas.</p><p>Kumpulkan gas hasil sublimasi dengan cara meniupkan udara ke dalam tutup bejana sublimasi, atau dengan menggunakan alat vakum.</p><p>Simpan gas hasil sublimasi dalam wadah yang sesuai.</p><p>Proses sublimasi dapat digunakan untuk memurnikan zat, menghasilkan senyawa yang lebih murni, atau untuk menghasilkan gas yang digunakan dalam berbagai aplikasi industri dan laboratorium.</p>

Sublimasi adalah proses perubahan zat dari keadaan padat langsung menjadi gas tanpa melalui keadaan cair. Berikut adalah cara-cara menyublimasi suatu zat:

Siapkan zat yang akan disublimasi dan alat yang diperlukan, seperti bejana sublimasi, kertas saring, dan bahan pemanas.

Letakkan zat pada bejana sublimasi dan rapatkan tutupnya.

Panaskan bejana sublimasi menggunakan bahan pemanas, seperti api Bunsen atau pemanas listrik. Pastikan suhu yang digunakan cukup tinggi untuk menghasilkan sublimasi.

Tunggu beberapa saat hingga zat mengalami sublimasi dan berubah menjadi gas. Gas tersebut akan menempel pada tutup bejana sublimasi.

Dinginkan tutup bejana sublimasi dengan menggunakan kertas saring atau material lain yang tahan panas.

Kumpulkan gas hasil sublimasi dengan cara meniupkan udara ke dalam tutup bejana sublimasi, atau dengan menggunakan alat vakum.

Simpan gas hasil sublimasi dalam wadah yang sesuai.

Proses sublimasi dapat digunakan untuk memurnikan zat, menghasilkan senyawa yang lebih murni, atau untuk menghasilkan gas yang digunakan dalam berbagai aplikasi industri dan laboratorium.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan