Elsahtg64 E

09 November 2020 04:15

Iklan

Iklan

Elsahtg64 E

09 November 2020 04:15

Pertanyaan

bagaimana benda menjadi bermuatan listrik?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Afrianto

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

29 Januari 2022 16:06

Jawaban terverifikasi

Halo Elsahtg64, terima kasih sudah bertanya, kakak bantu jawab ya :) Pada hakikatnya setiap zat memiliki muatan penyusun yang terdiri atas elektron (muatan negatif), proton (muatan positif), dan neutron (muatan netral). Proton dan neutron berada pada inti atom, sedangkan elektron berada di kulit atom sehingga memudahkan elektron untuk berpindah. Setiap benda pada keadaan natural berada pada kondisi netral, dimana jumlah protonnya akan bernilai sama dengan jumlah elektronnya. Namun demikian, benda dapat netral dapat berubah menjadi bermuatan positif atau negatif dengan cara menerima atau melepas elektron. Benda yang bermuatan positif adalah benda yang melepas atau kekurangan elektron, sehingga jumlah proton lebih banyak daripada jumlah elektronnya. Sementara itu benda bermuatan negatif adalah benda yang kelebihan elektron, sehingga jumlah elektronnya lebih banyak dari pada jumlah proton. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

A. Novi

20 November 2020 15:30

Jawaban: karena melepaskan dan menerima elektron. Penjelasan: Suatu benda netral dapat menjadi bermuatan listrik positif atau negatif dengan cara melepas atau menangkap elektron. Hal ini terjadi karena elektron dapat bergerak bebas di dalam atom. Benda yang kehilangan elektron akan bermuatan positif karena jumlah elektron berkurang, sedangkan proton tetap. Benda yang menerima elektron akan bermuatan negatif karena menerima kelebihan elektron.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah kawat yang panjangnya 80 cm dan dialiri arus listrik sebesar 0,45 ampere ke arah barat. Kemudian kawat tersebut diletakkan di dalam ruangan yang mempunyai kuat medan magnet 1,2 tesla yang arahnya ke selatan. Tentukan besar dan arah gaya Lorentznya!

16

0.0

Jawaban terverifikasi