Malya P

27 Maret 2020 08:39

Iklan

Iklan

Malya P

27 Maret 2020 08:39

Pertanyaan

Bagaimana analisis kalian mengenai dampak yang di timbulkan virus corona ( Covid 19 ) bagi masyarakat dalam bidang sosial , ekonomi ?


37

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Kurnianingsih

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

05 Januari 2022 14:15

Jawaban terverifikasi

Hai Malya, kakak bantu jawab yaa. Jadi, jika dilihat dampak terjadinya Covid-19 dalam bidang ekonomi adalah merosotnya perekonomian global,sementara pada bidang sosial kesenjangan sosial semakin terlihat, dan adanya culturlag karena masyarakat tidak mampu mengimbangi perubahan akibat pandemi. Yuk disimak pembahasannya ya. Pada soal masuk dalam konsep masalah sosial yang dipengaruhi oleh faktor biologis. Perlu di ketahui terlebih dahulu bahwa masalah sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya. Dalam hal ini masalah sosial banyak sekali dampaknya bagi kehidupan masyarakat jika tidak segera diatasi. pada munculnya masalah sosial ini salah satu faktornya adalah faktor biologis. Yang mana pada faktor biologis masalah sosial ini masalah sosial yang timbul akibat adanya ketidaksesuaian keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat. Dalam hal ini faktor biologis penyebab munculnya masalah sosial masyarakat tidak dapat dikendalikan, karena berasal dari luar masyarakat. Salah satunya yang sedang dialami masyarakat saat ini yaitu masalah sosial akibat pandemi Covid-19 yang terjadi diseluruh dunia. Sehingga pada pandemi covid ini mengakibatkan kegoyahan masyarakat yang mempengaruhi kestabilitasan sosial masyarakat yang menimbulkan beberapa dampak yaitu : 1. Bidang ekonomi, Pandemi Covid-19 mengakibatkan merosotnya perekonomian global, karena di pengaruhi oleh banyaknya perusahaan besar yang tidak mampu bertahan karena penurunan kebutuhan pasar sehingga mereka gulung tikar. Seperti yang terjadi di Indonesia, banyakm perusahaan besar gulung tikar akibatnya adalah banyaknya PHK yang mengakibatkan banyaknya pengangguran, hal ini mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan karena kesejahteraan masyarakat menurun dan memunculkan kesenjangan sosial ekonomi yang semakin terlihat. 2. Bidang sosial. Pandemi Covid-19 mengakibatkan dampak adanya perubahan sosial yang cepat mengakibatkan masyarakat mengalami culture lag, atau kesenjangan budaya akibat perubahan. Sebagian masyarakat yang tidak dapat mengimbangi perubahan ini mengalami kesenjangan. Seperti contohnya adalah perubahan sekolah offline menjadi online, tidak semua masyarakat dapat mengikuti perubahan ini. Seperti masayarakat yang memiliki ekonomi lemah yang tidak mampu membeli hape dalam mengikuti pembelajaran akan tertinggal dengan orang yang memiliki hp, kemudian juga perbedaan wilayah seperti masyarakat yang berada di daerah terpencil akan kesulitan karena kurang meratanya perkembangan teknologi. Sehingga hal ini termasuk dalam dampak dalam bidang sosial akibat pandemi. Terimakasih ya sudah menggunakan Roboguru, semoga membantu. :D


Iklan

Iklan

Afandi A

31 Maret 2020 23:57

dampak yang di timbulkan covid-19 bagi bidang sosial memang sangatlah mempeihatinkan. tapi ada dampak positive ny juga .. dampak positive yang saya makaud disini adalah kita lebih banyak waktu berkumpul bersama keluarga,kita bisa merasakan bagaimana keluarga itu lebih Berharga dari pada uang dan kesehatan itu juga lebih Berharga dari pada uang. Dan jika ada dampak positive tentunya ada juga dampak negative.. dampak negative disini adalah para pekerja harian yang berjuang untuk menyambung hidupnya sangat susah untuk mencari nafkah.. karena harus di lockdown.. saran saya.. aeharusnya pemerintah bisa mendata para masyarakat yang kurang mampu agar bisa di beri bantuan untuk bisa menyambung hidupnya lagi


Tarekk T

02 April 2020 13:10

Lah itu pemerintah bisa tau org miskin berkurang dari tahun ke tahun darimana... dan ga dilockdown karna tau bnyk org yg ga "siap".

— Tampilkan 2 balasan lainnya

Randy O

27 Maret 2020 22:30

sangat buruk bagi sosial karena masyarakat jdi takut untuk keluar rumah, untuk ekonomi sangat lah kerisis


Hidayat H

02 April 2020 23:14

dampak Yang d timbul kan ada dua macam dampak fosotif dan negatif . dampak fositif .ujian (unbk)tiada . dampak negatif . terjadinya krisis pangan . terjadinya krisis ekonomi . prekonomian masyarakat terhambat dansebagainya.


Charles E

28 Maret 2020 02:08

Dampak dari virus ini, menghambat aktivitas masyarakat dalam


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa faktor yang mempengaruhi perubahan sosial?

1

0.0

Jawaban terverifikasi