Nabil A

09 Juli 2022 05:57

Iklan

Iklan

Nabil A

09 Juli 2022 05:57

Pertanyaan

Bacalah tulisan di bawah ini. Tinggal di Planet Lain Bona sangat senang melihat angkasa saat malam hari. Ia mengagumi ciptaan Tuhan yang berupa bintang-bintang gemerlap. Ia juga penasaran, apakah ada orang yang tinggal di atas langit? Untuk menjawab rasa penasarannya, Bona pergi ke rumah Pak Surya yang bekerja sebagai ahli astronomi. Rumah Pak Surya berada tidak jauh dari rumah Bona. Biasanya pada hari Minggu, Pak Surya sedang santai di teras rumah bersama Bu Surya. Dengan sopan, Bona menyapa Bapak dan lbu Surya yang sedang menikmati teh manis hangat. "Apa yang bisa saya bantu, Bona?" tanya Pak Surya ramah. "Saya sangat penasaran, Pak, apakah manusia bisa hidup di tempat lain selain di Bumi?" "Sampai sekarang belum ada penelitian yang memastikan bahwa manusia dapat tinggal di planet lain selain Bumi," jawab Pak Surya. "Jadi, kalau saya bosan, saya tidak bisa tinggal di tempat lain dong?" keluh Bona. Pak Surya pun menjelaskan dengan panjang Iebar bahwa salah satu syarat kawasan yang bisa dihuni oleh manusia adalah adanya sinar matahari. Para ilmuwan percaya, sebenarnya ada potensi kehidupan di pelosok tata surya. Akan tetapi, belum diketahui tempatnya di mana. Sampai saat ini, para ilmuwan terus melakukan penyelidikan dan percobaan. Setidaknya, kata Pak Surya, ada 8 tempat di tata surya yang potensial sebagai rumah makhluk hidup. Memang sejauh ini belum ada bukti bahwa sudah ada makhluk hidup yang tinggal di tempat-tempat tersebut. Delapan tempat itu adalah Bumi itu sendiri, Venus, Mars, Titan, Europa, Ganymede, Callisto, dan Enceladus. "Ayo, kamu tinggal pilih di mana kamu akan tinggal!" tawar Pak Surya pada Bona. "Wah kalau begitu, saya bisa pindah dari Bumi dong?" tanya Bona lagi. Bapak dan lbu Surya tertawa tergelak-gelak. Pak Surya pun menjelaskan bahwa kawasan ini letaknya ribuan kilometer dari Bumi. Sukar sekali mencapainya tanpa perlengkapan yang memadai. "Aku ingin sekali mengetahui lebih banyak tentang 8 kawasan yang layak huni oleh manusia. Apakah Bapak punya buku-buku tentang ini?" "Ada, saya punya banyak sekali buku tentang alam semesta. Sebentar, ya, saya ambil dahulu di dalam," jawab Pak Surya. Pak Surya melangkah masuk ke dalam rumah. Lima menit kemudian, ia keluar dengan membawa setumpuk buku ensiklopedia tentang alam semesta. Lalu, Pak Surya kembali menjelaskan masing-masing kawasan layak huni di alam semesta yang luas ini. Bona merasa senang sekali mendapat penjelasan dari Pak Surya. Walaupun letaknya ribuan kilometer, Bona yakin bahwa suatu hari nanti ia bisa terbang dan tinggal di salah satu planet tersebut. Mengapa Bona ingin sekali tinggal di planet lain?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Attalia

Mahasiswa/Alumni Universitas Diponegoro

11 Juli 2022 02:33

Jawaban terverifikasi

Jawaban: Bona ingin tinggal di planet lain karena dia sangat menyukai dan mengagumi ciptaan Tuhan dan kehidupan di luar angkasa. Bona ingin sekali tinggal di planet lain karena dia sangat mengagumi ciptaan Tuhan dan kehidupan yang ada di luar angkasa. Sehingga, Bona sangat ingin bisa hidup berpindah-pindah planet agar tidak bosan. Jadi, Bona ingin tinggal di planet lain karena dia sangat menyukai dan mengagumi ciptaan Tuhan dan kehidupan di luar angkasa.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah

127

5.0

Jawaban terverifikasi