Lily S

25 Januari 2022 03:38

Iklan

Iklan

Lily S

25 Januari 2022 03:38

Pertanyaan

bacalah teks berikut dengan saksama! Penyaluran Energi listrik Sebagai penggerak utama globalisasi, keberadaan sumber energi listrik sangat diandalkan. Perkembangan teknologi yang memanfaatkan energi listrik dan diaplikasikan dalam semua bidang kehidupan manusia mengakibatkan terjadinya globalisasi. Energi listrik yang ada di sekitar kita berasal dari pembangkit listrik. Di Indonesia terdapat berbagai jenis pembangkit listrik, seperti pembangkit listrik tenaga air, uap, panas bumi, tenaga angin, dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Penyaluran energi listrik dilakukan dengan beberapa tahap. Secara umum, energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik akan didistribusikan melalui transformator dengan tujuan agar tegangan naik hingga 500 KV. Setelah tegangan listrik dinaikkan, listrik disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi). Sistem transmisi SUTET menyalurkan energi listrik ke gardu induk. Energi listrik yang ada di gardu induk kemudian diturunkan tegangannya menjadi tegangan menengah 20 KV. Energi listrik dengan tegangan menengah kemudian disalurkan ke gardu distributor untuk diturunkan kembali tegangannya menjadi 220 V. Tegangan tersebut yang akan· disalurkan dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Masyarakat dapat menggunakan listrik dengan memilih daya yang dibutuhkan. Daya yang sering digunakan masyarakat, yaitu 450 VA, 900 VA, 1 .300 VA, dan 2.200 VA. Energi listrik memberikan manfaat kepada masyarakat. Energi listrik dapat memberikan informasi dari berbagai negara melalui televisi, radio, dan internet. Tanpa energi listrik, maka kehidupan masyarakat akan kembali ke zaman dahulu. Tanpa energi listrik pula, maka globalisasi tidak akan pernah terjadi. (Diolah dari berbagai sumber) 3. Jelaskan proses pendistribusian listrik!

alt

7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Adawiyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

29 Januari 2022 18:45

Jawaban terverifikasi

Halo, Lily S, terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Proses pendistribusian listrik sebagai berikut. 1) Secara umum, energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik akan didistribusikan melalui transformator dengan tujuan agar tegangan naik hingga 500 KV 2) Setelah tegangan listrik dinaikkan, listrik disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi). 3) Sistem transmisi SUTET menyalurkan energi listrik ke gardu induk. Energi listrik yang ada di gardu induk kemudian diturunkan tegangannya menjadi tegangan menengah 20 KV. 4) Energi listrik dengan tegangan menengah kemudian disalurkan ke gardu distributor untuk diturunkan kembali tegangannya menjadi 220 V. 5) Tegangan tersebut yang akan· disalurkan dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut. Informasi adalah sekumpulan fakta yang menggambarkan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu. Adapun macam-macam informasi sebagai berikut: 1) Informasi tersurat, yaitu informasi yang biasanya sudah tertulis secara langsung dalam suatu teks atau bacaan. 2) Informasi tersirat, yaitu informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks sehingga perlu melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut. Berikut ini proses pendistribusian listrik yang tertulis secara langsung dalam teks di atas. Penyaluran energi listrik dilakukan dengan beberapa tahap: 1) Secara umum, energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik akan didistribusikan melalui transformator dengan tujuan agar tegangan naik hingga 500 KV 2) Setelah tegangan listrik dinaikkan, listrik disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi). 3) Sistem transmisi SUTET menyalurkan energi listrik ke gardu induk. Energi listrik yang ada di gardu induk kemudian diturunkan tegangannya menjadi tegangan menengah 20 KV. 4) Energi listrik dengan tegangan menengah kemudian disalurkan ke gardu distributor untuk diturunkan kembali tegangannya menjadi 220 V. 5) Tegangan tersebut yang akan· disalurkan dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

128

1.0

Jawaban terverifikasi