SHERINA K

08 Maret 2020 13:08

Iklan

Iklan

SHERINA K

08 Maret 2020 13:08

Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut! Pada hari rabo kelas V A berolahraga di lapangan. Pak ridho mengawali pelajaran olahraga dengan melakukan pemanasan. Para siswa berlari mengelilingi lapangan satu kali putaran. aldo dan teman-temannya berlari saling mendahului. Setelah pemanasan, para siswa melakukan senam. Para siswa selalu bersemangat mengikuti senam pagi. Sutinglah paragraf tersebut dengan ejaan yang tepat!


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Alya

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

27 Februari 2022 13:25

Jawaban terverifikasi

Halo, Sherina K. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya :) Penulisan paragraf tersebut dengan ejaan yang tepat adalah "Pada hari rabu kelas V A berolahraga di lapangan. Pak Ridho mengawali pelajaran olahraga dengan melakukan pemanasan. Para siswa berlari mengelilingi lapangan satu kali putaran. Aldo dan teman-temannya berlari saling mendahului. Setelah pemanasan, para siswa melakukan senam. Para siswa selalu bersemangat mengikuti senam pagi." Yuk kita simak pembahasan berikut. Paragraf adalah sebuah kumpulan kalimat yang berisi satu pikiran utama/ide pokok. Pada soal di atas terdapat paragraf yang kurang tepat penggunaan ejaannya. Untuk memastikan bahwa ejaan dari sebuah kata sudah tepat atau belum dapat dilihat dari sumber rujukan, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kata-kata yang ejaannya kurang tepat pada paragraf di atas adalah sebagai berikut. 1. Penulisan kata "rabo" seharusnya "rabu". 2. Penulisan "Pak ridho" seharusnya "Pak Ridho". Huruf R harus ditulis secara kapital karena merupakan nama orang. 3. Penulisan "aldo" seharusnya "Aldo". Huruf A harus ditulis secara kapital karena merupakan nama orang. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulisan paragraf tersebut dengan ejaan yang tepat adalah sebagai berikut. "Pada hari rabu kelas V A berolahraga di lapangan. Pak Ridho mengawali pelajaran olahraga dengan melakukan pemanasan. Para siswa berlari mengelilingi lapangan satu kali putaran. Aldo dan teman-temannya berlari saling mendahului. Setelah pemanasan, para siswa melakukan senam. Para siswa selalu bersemangat mengikuti senam pagi." Dengan demikian, penulisan paragraf tersebut dengan ejaan yang tepat adalah "Pada hari rabu kelas V A berolahraga di lapangan. Pak Ridho mengawali pelajaran olahraga dengan melakukan pemanasan. Para siswa berlari mengelilingi lapangan satu kali putaran. Aldo dan teman-temannya berlari saling mendahului. Setelah pemanasan, para siswa melakukan senam. Para siswa selalu bersemangat mengikuti senam pagi." Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Nisrina H

08 Maret 2020 13:52

Pada hari kelas VA berolahraga di lapangan.Pak Ridho mengawali pelajaran olahraga dengan melakukan pemanasan.Para siswa berlari mengelilingi lapangan satu kali putaran.Aldo dan teman-temanya berlari saling mendahului.Setelah pemanasan,para siswa melakukan senam.Para siswa selalu bersemangat mengikuti senam pagi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apakah upaya yang dilakukan untuk mengisi kemerdekaan

2

0.0

Lihat jawaban (1)