Cahya R

17 Agustus 2020 16:32

Iklan

Iklan

Cahya R

17 Agustus 2020 16:32

Pertanyaan

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, apakah teks hasil observasi berbeda dengan teks laporan percobaan


1

6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Faizah

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta

06 Februari 2022 14:17

Jawaban terverifikasi

Hai, Cahya R. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya 馃槉 Teks laporan hasil obervasi berbeda dengan teks laporan percobaan karena teks laporan hasil observasi berisi laporan berdasarkan hasil pengamatan secara langsung, sedangkan teks laporan percobaan berisi laporan hasil percobaan yang telah dilakukan. Mari kita simak pembahasan berikut ini ya. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dan hasil pengamatan secara langsung. Objek yang diamati dapat berupa hewan, tumbuhan, alam, fenomena sosial, hasil karya manusia atau fenomena alam sesuai fakta yang ditemukan. Ciri-ciri teks laporan hasil observasi sebagai berikut. 1. Bersifat objektif, global, dan universal. 2. Objek yang akan dibicarakan atau dibahas adalah objek tunggal. 3. Ditulis secara lengkap dan sempurna. 4. Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan. 5. Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya. 6. Tidak mengandung prasangka, dugaan, atau pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat. 7. Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya. Teks laporan percobaan ialah teks yang berisi sejumlah informasi berupa hasil kegiatan percobaan yang telah dilakukan, terutama peristiwa percobaan tentang benda-benda alam. Di dalam teks laporan percobaan, kita dapat menjumpai sejumlah informasi penting, seperti judul, latar belakang, tujuan percobaan, metode atau langkah-langkah kerja, pembahasan hasil percobaan, simpulan, dan daftar pustaka. Ciri-ciri teks laporan percobaan sebagai berikut. 1. Menyajikan fakta berbasis data hasil percobaan. 2. Menyajikan informasi berdasarkan hasil percobaan. 3. Memiliki struktur yang baku, sistematis, dan lengkap. 4. Menggunakan bahasa baku dan istilah teknis sesuai bidang. 5. Tidak menyajikan prasangka atau subjektivitas. Dengan demikian, teks laporan hasil obervasi berbeda dengan teks laporan percobaan karena teks laporan hasil observasi berisi laporan berdasarkan hasil pengamatan secara langsung, sedangkan teks laporan percobaan berisi laporan hasil percobaan yang telah dilakukan. Semoga membantu 馃槉


Iklan

Iklan

Masfufa M

22 Agustus 2020 10:07

beda


Nimas N

18 Agustus 2020 23:25

Ya


Cxcxcxya C

19 Agustus 2020 09:26

beda ka


Riri R

20 Agustus 2020 04:54

Beda kak... Teks laporan hasil observasi adalah suatu teks yang berfungsi untuk menjelaskan informasi tentang suatu objek yang telah diamati. Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan.


Melati S

21 Agustus 2020 08:34

Berbeda, karna Teks laporan observasi adalah suatu teks yang memadukan antara 5H+1W dan berdasarkan fakta jika Laporan percobaan adalah teks yang berisi tujuan, proses, alat dan bahan, serta kesimpulan (hasil percobaan)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan pengertian biografi

2

0.0

Jawaban terverifikasi