Zefan...a

20 April 2023 11:47

Iklan

Iklan

Zefan...a

20 April 2023 11:47

Pertanyaan

asal muasal makassar

asal muasal makassar


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Akbar E

21 April 2023 03:27

Jawaban terverifikasi

Makassar adalah salah satu kota di Indonesia yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Sejarah awal kota ini bisa ditelusuri dari berbagai sumber yang ada. Asal usul nama "Makassar" sendiri berasal dari bahasa Makassar yang mengartikan "orang-orang yang hidup mengikuti aliran air". Sebelumnya, kota ini dikenal dengan nama Ujung Pandang, yang berasal dari bahasa Bugis yang artinya adalah "ujung tanah". Kota Makassar dihuni sejak zaman prasejarah, terutama oleh masyarakat suku Makassar dan Bugis. Pada abad ke-14, kerajaan Gowa yang berpusat di Makassar mulai muncul sebagai kekuatan besar di wilayah tersebut. Kerajaan Gowa dikenal sebagai pusat perdagangan rempah-rempah, seperti cengkih dan lada, serta emas dan perak. Pada abad ke-16, bangsa Portugis datang ke Makassar dan berusaha memonopoli perdagangan rempah-rempah di wilayah tersebut. Namun, usaha mereka tidak berjalan lancar karena pertentangan dengan Kerajaan Gowa yang saat itu dipimpin oleh Sultan Alauddin. Pada akhirnya, pasukan Portugis berhasil dikalahkan oleh tentara Kerajaan Gowa. Pada abad ke-17, Belanda mulai menguasai wilayah Indonesia termasuk Makassar. Perang besar antara Kerajaan Gowa dan Belanda terjadi pada tahun 1667, yang dikenal sebagai Perjanjian Bungaya. Perjanjian ini menandai berakhirnya kekuasaan Kerajaan Gowa dan dimulainya pemerintahan kolonial Belanda di Makassar. Selama masa pemerintahan kolonial Belanda, Makassar berkembang sebagai pusat perdagangan penting di wilayah timur Indonesia. Di kota ini, banyak terdapat pusat-pusat perdagangan dan perbankan. Pada masa Perang Dunia II, Makassar menjadi salah satu wilayah strategis yang sering diserang oleh pasukan Sekutu dan Jepang. Setelah Indonesia merdeka, kota ini berganti nama dari Ujung Pandang menjadi Makassar pada tahun 1971. Saat ini, Makassar menjadi salah satu kota besar dan berkembang di Indonesia, dengan banyak industri, perdagangan, dan pariwisata.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

20 April 2023 12:20

<p><strong>Awal kota dan bandar Makassar berada di muara Sungai Tallo dengan pelabuhan niaga kecil di wilayah itu pada penghujung abad XV</strong>. Sumber-sumber Portugis memberitakan, bahwa bandar Tallo itu awalnya berada di bawah Kerajaan Siang di sekitar Pangkajene.</p>

Awal kota dan bandar Makassar berada di muara Sungai Tallo dengan pelabuhan niaga kecil di wilayah itu pada penghujung abad XV. Sumber-sumber Portugis memberitakan, bahwa bandar Tallo itu awalnya berada di bawah Kerajaan Siang di sekitar Pangkajene.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa Dampak monopoli dalam perdagangan terhadap VOC

155

0.0

Jawaban terverifikasi