Josua C

05 September 2023 08:04

Iklan

Josua C

05 September 2023 08:04

Pertanyaan

apakah yang dimaksud dengan persilangan

apakah yang dimaksud dengan persilangan

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

20

:

51

:

14

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

05 September 2023 08:37

Jawaban terverifikasi

Persilangan, dalam konteks biologi, adalah proses pemindahan sifat-sifat genetik dari satu individu atau organisme ke individu atau organisme lain melalui perkawinan atau reproduksi seksual. Ini adalah salah satu mekanisme utama di balik variasi genetik dalam populasi dan evolusi spesies. Proses persilangan melibatkan penggabungan sel reproduksi jantan (sperma) dan sel reproduksi betina (sel telur) yang mengandung informasi genetik dari kedua orangtua. Hasilnya adalah keturunan yang memiliki campuran gen-gen dari kedua orangtua. Persilangan dapat terjadi pada organisme dengan reproduksi seksual, seperti manusia, hewan, dan banyak tumbuhan. Proses ini berperan dalam pengembangan karakteristik fisik, sifat, dan pewarisan genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya. Selama persilangan, variasi genetik dapat terjadi melalui beberapa mekanisme, seperti rekombinasi genetik dan mutasi genetik. Ini penting dalam evolusi spesies karena membantu populasi beradaptasi dengan perubahan lingkungan seiring waktu. Dalam kajian genetika, persilangan sering digunakan untuk memahami penurunan sifat-sifat tertentu dalam populasi, mengidentifikasi alel-alel dominan dan resesif, serta mengkaji pola pewarisan genetik.


Iklan

Vincent M

Community

05 September 2023 09:10

Jawaban terverifikasi

<p>Persilangan merupakan <strong>salah satu upaya untuk meningkatkan keragaman genetik dalam program pemuliaan tanaman</strong>. Persilangan dapat terjadi antar tanaman dalam spesies yang sama (intraspesifik) atau pun dari dua spesies yang berbeda (interspesifik).</p><p>Persilangan ditandai dengan <strong>proses bertemunya sel kelamin jantan (sperma) dengan sel kelamin betina (sel telur) dan dikenal sebagai pembuahan</strong>. Induk betina akan mengandung anak atau telur sebagai akibat terjadinya proses pembuahan. Beberapa contoh hewan hasil persilangan interspesifik ialah liger, bagal, dan zebroid.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Bentuk Persilangan :<br><br><strong>1.</strong> <strong>Persilangan tunggal (bi-parental).</strong></p><p><strong>2. Persilangan tiga arah (three way-cross).</strong></p><p><strong>3. Persilangan ganda (double cross).</strong></p><p><strong>4. Persilangan majemuk.&nbsp;</strong></p><p><strong>5. Silang balik (back cross).</strong></p><p><strong>6. Silang dialel</strong>.</p>

Persilangan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keragaman genetik dalam program pemuliaan tanaman. Persilangan dapat terjadi antar tanaman dalam spesies yang sama (intraspesifik) atau pun dari dua spesies yang berbeda (interspesifik).

Persilangan ditandai dengan proses bertemunya sel kelamin jantan (sperma) dengan sel kelamin betina (sel telur) dan dikenal sebagai pembuahan. Induk betina akan mengandung anak atau telur sebagai akibat terjadinya proses pembuahan. Beberapa contoh hewan hasil persilangan interspesifik ialah liger, bagal, dan zebroid. 

 

Bentuk Persilangan :

1. Persilangan tunggal (bi-parental).

2. Persilangan tiga arah (three way-cross).

3. Persilangan ganda (double cross).

4. Persilangan majemuk. 

5. Silang balik (back cross).

6. Silang dialel.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan