Yogiarmandasaputra Y

22 Juli 2020 03:24

Pertanyaan

apakah sifat zat berubah jika komposisi dan stuktur suatu zat berubah?


76

2

Jawaban terverifikasi

N. Agnia

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

29 Desember 2021 01:08

Jawaban terverifikasi

Halo Yogiarmandasaputra, jawabannya ya, sifat zat akan berubah jika komposisi dan struktur zatnya berubah. Sifat suatu zat, misal titik didih, titik leleh, kereaktifan, dll. erat kaitannya dengan komposisi dan struktur zat tersebut. Misalkan kita ambil contoh alkohol dan isomer gugus fungsinya eter. Keduanya mempunyai rumus umum yang sama, yaitu CnH2n+2O. Namun keduanya mempunyai struktur yang berbeda, contoh C₃H₈O. Pada alkohol, strukturnya adalah CH₃-CH₂-CH₂-OH, sedangkan pada eter strukturnya adalah CH₃-CH₂-O-CH₃. Perbedaan struktur tersebut menyebabkan perbedaan sifat senyawa, alkohol mempunyai titik didih lebih tinggi dibandingkan eter. Semoga bisa dipahami yaa :)


Vivian N

22 Juli 2020 13:15

komposisi dan struktur berhubungan erat dan sifat zat.komposisi dan struktur tertentu akan menghasilkan sifat sifat tertentu ,bila komposisi dan struktur dua zat berbeda maka sifat dua zat itu berbeda.


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

Tulislah persamaan reaksi yang setara untuk reaksi antara: 1.besi(III) oksida + asam sulfat membentuk besi(III) sulfat dan air, 2.kalsium karbonat + asam klorida membentuk kalsium klorida, air dan karbon dioksida

22

5.0

Jawaban terverifikasi