Alfin I

05 April 2020 00:01

Pertanyaan

apakah perbedaan sumsum lanjutan dengan sumsum tulang belakang?


80

2

Jawaban terverifikasi

N. Oki

Mahasiswa/Alumni UPN Veteran Jakarta

03 Februari 2022 02:44

Jawaban terverifikasi

Halo Alfin, Kakak bantu jawab ya n_n Perbedaan keduanya antara lain, perbedaan letak dan fungsinya. Sumsum lanjutan atau medula oblongata disebut juga sebagai jembatan varol. Sumsum lanjutan terletak di bagian paling belakang otak. Fungsinya adalah mengatur denyut jantung, membantu pernapasan, menyempitkan pembuluh darah, serta melakukan gerakan menelan, bersin, bersendawa, muntah, dan batuk. Sedangkan sumsum tulang belakang atau medula spinalis adalah lanjutan dari medula oblongata yang terletak di bagian punggung. Sumsum tulang belakang dilindungi oleh tulang-tulang belakang. Sumsum tulang belakan memiliki fungsi sebagai penghubung rangsangan dari dan menuju ke otak, dan pengendali gerak refleks. Sumsum tulang belakang memiliki dua bagian yang berbeda warna, yaitu bagian berwarna abu-abu yang terletak di dalam sumsum dan tersusun atas badan sel saraf, neuroglia, dendrit, dan serabut saraf. Sedangkan bagian berwarna putih terletak di bagian luar sumsum dan merupakan jalur serabut saraf yang bermeilin. Semoga jawabannya membantu ya, semangat !


Iklan

Aulia F

05 April 2020 07:06

sumsum lanjutan itu hanya sebagai tempat jalannya suatu rangsangan sedangkan sumsum tulang belakang sebagai tempat mengembalikan reaksi dari rangsangan tersebut serta tempat menerima rangsangan dan diteruskan ke reseptor.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Sistem imun yang pertama bereaksi ketika tubuh kita terpapar antigen adalah berikut ini, KECUALI A.Kulit akan menyekresikan keringat yang mengandung lisozim untuk membunuh B.Membran mukosa menyekresikan mukus sehingga antigen terperangkap C. Antigen akan ditangkap oleh silia sel epitel untuk dikeluarkan D. Bakteri baik dikulit akan membantu tubuh melawan antigen E. Antigen akan langsung bertemu antibodi yang dihasilkan sel B tolong di bantu ya

45

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan