Rahmat S

15 Juli 2022 04:08

Iklan

Iklan

Rahmat S

15 Juli 2022 04:08

Pertanyaan

Apakah pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia?


8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Trinuria

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

08 Desember 2022 08:01

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban benar adalah memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional karena banyak negara yang memberikan pengakuan dan mendukung perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan.</p><p>&nbsp;</p><p>Konflik antara Indonesia-Belanda disebabkan oleh keinginan Belanda untuk menegakkan dan menguasai kembali negara Indonesia. Upaya yang dilakukan Indonesia adalah memperjuangkan Indonesia melalui diplomasi di dunia internasional. Sehingga pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan NKRI adalah memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional karena banyak negara yang memberikan pengakuan dan mendukung perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan. Misalnya, pada saat terjadi Agresi Militer Belanda I tahun 1947, PBB mengeluarkan resolusi untuk memerintahkan penghentian tembak menembak dan membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) untuk menyelesaikan masalah antara Indonesia dan Belanda.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan NKRI adalah memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional.</p>

Jawaban benar adalah memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional karena banyak negara yang memberikan pengakuan dan mendukung perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan.

 

Konflik antara Indonesia-Belanda disebabkan oleh keinginan Belanda untuk menegakkan dan menguasai kembali negara Indonesia. Upaya yang dilakukan Indonesia adalah memperjuangkan Indonesia melalui diplomasi di dunia internasional. Sehingga pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan NKRI adalah memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional karena banyak negara yang memberikan pengakuan dan mendukung perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan. Misalnya, pada saat terjadi Agresi Militer Belanda I tahun 1947, PBB mengeluarkan resolusi untuk memerintahkan penghentian tembak menembak dan membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) untuk menyelesaikan masalah antara Indonesia dan Belanda.

 

Jadi, pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan NKRI adalah memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

. Puncak kemarahan diponegoro terjadi dan hingga meletuslah perang setelah...

220

5.0

Jawaban terverifikasi