Nurul A

07 April 2024 11:54

Iklan

Nurul A

07 April 2024 11:54

Pertanyaan

apakah patahan semangko yang berada di sepanjang pulau Sumatera bisa terpisah?

apakah patahan semangko yang berada di sepanjang pulau Sumatera bisa terpisah?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

53

:

31

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

07 April 2024 13:36

Jawaban terverifikasi

<p>Tidak, patahan semangko di sepanjang pulau Sumatera tidak bisa terpisah secara fisik karena semangko merupakan sebuah patahan lempeng tektonik yang mengalami pergerakan lateral atau geseran antara dua lempeng tektonik yang berbeda. Patahan semangko ini memang dapat menyebabkan gempa bumi, namun tidak menghasilkan terpisahnya bagian pulau Sumatera secara fisik.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Tidak, patahan semangko di sepanjang pulau Sumatera tidak bisa terpisah secara fisik karena semangko merupakan sebuah patahan lempeng tektonik yang mengalami pergerakan lateral atau geseran antara dua lempeng tektonik yang berbeda. Patahan semangko ini memang dapat menyebabkan gempa bumi, namun tidak menghasilkan terpisahnya bagian pulau Sumatera secara fisik.

 

 

 


Iklan

Sumber W

Community

07 April 2024 15:03

<p>Sesar atau Patahan Semangko adalah bentukan geologi yang membentang di Pulau Sumatra dari utara ke selatan, dimulai dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung. Patahan inilah membentuk Pegunungan Barisan, suatu rangkaian dataran tinggi di sisi barat pulau ini. Patahan Semangko berusia relatif muda dan paling mudah terlihat di daerah Ngarai Sianok dan Lembah Anai di dekat Kota Bukittinggi. Patahan ini adalah patahan paling aktif secara seismik dan terpanjang di Indonesia dengan panjang 1,900 km, membentang dari provinsi Aceh hingga Lampung.</p><p>&nbsp;</p><p>Patahan Semangko terletak di antara Zona Semangko patahan Lampung. Bagian selatan dari blok Semangko terbagi menjadi bentang alam menjadi seperti pegunungan Semangko, Depresi Ulehbeluh dan Walima, Horst Ratai dan Depresi Teluk Belitung. Sedangkan bagian utara blok Semangko berbentuk seperti Dome (diameter +40 Km). Patahan Semangko adalah bentukan geologi yang membentang di pulau Sumatra dari selatan ke utara. Patahan inilah yang membentuk pegunungan Barisan, suatu rangkaian dataran tinggi di sisi barat pulau Sumatra. Patahan ini relatif lebih muda dan paling mudah terlihat di daerah ngarai Sianok dan Lembah Anai di dekat kota Padang Panjang.</p>

Sesar atau Patahan Semangko adalah bentukan geologi yang membentang di Pulau Sumatra dari utara ke selatan, dimulai dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung. Patahan inilah membentuk Pegunungan Barisan, suatu rangkaian dataran tinggi di sisi barat pulau ini. Patahan Semangko berusia relatif muda dan paling mudah terlihat di daerah Ngarai Sianok dan Lembah Anai di dekat Kota Bukittinggi. Patahan ini adalah patahan paling aktif secara seismik dan terpanjang di Indonesia dengan panjang 1,900 km, membentang dari provinsi Aceh hingga Lampung.

 

Patahan Semangko terletak di antara Zona Semangko patahan Lampung. Bagian selatan dari blok Semangko terbagi menjadi bentang alam menjadi seperti pegunungan Semangko, Depresi Ulehbeluh dan Walima, Horst Ratai dan Depresi Teluk Belitung. Sedangkan bagian utara blok Semangko berbentuk seperti Dome (diameter +40 Km). Patahan Semangko adalah bentukan geologi yang membentang di pulau Sumatra dari selatan ke utara. Patahan inilah yang membentuk pegunungan Barisan, suatu rangkaian dataran tinggi di sisi barat pulau Sumatra. Patahan ini relatif lebih muda dan paling mudah terlihat di daerah ngarai Sianok dan Lembah Anai di dekat kota Padang Panjang.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan