Nezta N

10 November 2022 16:42

Iklan

Iklan

Nezta N

10 November 2022 16:42

Pertanyaan

Apakah kausalitas memiliki metode dan macam-macam?

Apakah kausalitas memiliki metode dan macam-macam?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Riski S

21 April 2023 16:11

Jawaban terverifikasi

<p>Kausalitas adalah hubungan sebab-akibat antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Dalam ilmu pengetahuan, kausalitas dapat dijelaskan melalui metode-metode tertentu dan memiliki beberapa macam. Berikut penjelasan lebih lanjut</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Metode korelasional:</strong> Metode ini digunakan untuk menemukan hubungan kausalitas antara dua variabel, namun tidak bisa menentukan apakah suatu variabel menyebabkan perubahan pada variabel lain atau tidak. Metode ini mengukur seberapa kuat hubungan antara dua variabel dengan koefisien korelasi.</p><p><strong>Metode eksperimental: </strong>Metode ini menciptakan kondisi eksperimental yang terkontrol untuk menentukan apakah perubahan pada satu variabel menyebabkan perubahan pada variabel lain atau tidak. Metode ini memiliki dua kelompok subjek, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimental, dan manipulasi variabel independen.</p><p><strong>Metode quasi-eksperimental</strong>: Metode ini mirip dengan metode eksperimental, namun penelitian ini tidak sepenuhnya terkontrol. Penelitian ini dapat dilakukan jika peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel dalam eksperimen.</p><p><strong>Metode kasus tunggal</strong>: Metode ini digunakan untuk meneliti satu kasus secara detail. Peneliti menganalisis hubungan antara variabel independen dan variabel dependen dalam satu kasus.</p><p>Metode historis-komparatif: Metode ini membandingkan kondisi masa lalu dan sekarang untuk menemukan hubungan kausalitas antara variabel independen dan variabel dependen.</p><p><strong>Metode observasional: </strong>Metode ini mengamati variabel independen dan variabel dependen secara langsung tanpa manipulasi atau pengaruh yang disengaja. Metode ini digunakan ketika peneliti tidak dapat melakukan eksperimen karena etika atau alasan praktis.</p><p>&nbsp;</p><p>Dalam melakukan penelitian kausalitas, peneliti perlu memilih metode yang sesuai dengan pertanyaan penelitiannya dan sumber data yang tersedia. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu, sehingga perlu dipertimbangkan dengan hati-hati sebelum memilih metode yang tepat.</p>

Kausalitas adalah hubungan sebab-akibat antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Dalam ilmu pengetahuan, kausalitas dapat dijelaskan melalui metode-metode tertentu dan memiliki beberapa macam. Berikut penjelasan lebih lanjut

 

Metode korelasional: Metode ini digunakan untuk menemukan hubungan kausalitas antara dua variabel, namun tidak bisa menentukan apakah suatu variabel menyebabkan perubahan pada variabel lain atau tidak. Metode ini mengukur seberapa kuat hubungan antara dua variabel dengan koefisien korelasi.

Metode eksperimental: Metode ini menciptakan kondisi eksperimental yang terkontrol untuk menentukan apakah perubahan pada satu variabel menyebabkan perubahan pada variabel lain atau tidak. Metode ini memiliki dua kelompok subjek, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimental, dan manipulasi variabel independen.

Metode quasi-eksperimental: Metode ini mirip dengan metode eksperimental, namun penelitian ini tidak sepenuhnya terkontrol. Penelitian ini dapat dilakukan jika peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel dalam eksperimen.

Metode kasus tunggal: Metode ini digunakan untuk meneliti satu kasus secara detail. Peneliti menganalisis hubungan antara variabel independen dan variabel dependen dalam satu kasus.

Metode historis-komparatif: Metode ini membandingkan kondisi masa lalu dan sekarang untuk menemukan hubungan kausalitas antara variabel independen dan variabel dependen.

Metode observasional: Metode ini mengamati variabel independen dan variabel dependen secara langsung tanpa manipulasi atau pengaruh yang disengaja. Metode ini digunakan ketika peneliti tidak dapat melakukan eksperimen karena etika atau alasan praktis.

 

Dalam melakukan penelitian kausalitas, peneliti perlu memilih metode yang sesuai dengan pertanyaan penelitiannya dan sumber data yang tersedia. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu, sehingga perlu dipertimbangkan dengan hati-hati sebelum memilih metode yang tepat.


Iklan

Iklan

Riski S

17 November 2022 08:45

<p><strong>Metode Penelitian Kuantitif.</strong></p><p>untuk mengukur seberapa besar pengaruh antara suatu variabel terhadap variabel lainya.</p>

Metode Penelitian Kuantitif.

untuk mengukur seberapa besar pengaruh antara suatu variabel terhadap variabel lainya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pengaruh persia di nusantara dapat dilihat dari? a. ditemukannya makam malik al shaleh b. keberadaan kampung barus di sumatra utara c. banyaknya penganut mazhab syafi'i di Indonesia d. ukir ukiran pada masjid baiturrahman nangroe aceh darussalam e. perayaan tabuik di sumatra barat untuk memperingati kematian husein

6

0.0

Jawaban terverifikasi