Rezky P

10 Oktober 2023 10:43

Iklan

Rezky P

10 Oktober 2023 10:43

Pertanyaan

Apakah ini d ?

Apakah ini d ?

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

12

:

45

:

47

Klaim

5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Vincent M

Community

10 Oktober 2023 12:31

Jawaban terverifikasi

<p>Perubahan yang terjadi ketika Arya meniupkan napasnya ke dalam larutan kapur (Ca(OH)2) adalah terbentuknya endapan keruh. Hal ini terjadi karena napas manusia mengandung karbon dioksida (CO2), yang bereaksi dengan larutan kapur (Ca(OH)2) membentuk endapan kalsium karbonat (CaCO3), yang tidak larut dalam air dan membuat larutan menjadi keruh. Reaksinya adalah:</p><p>Ca(OH)2 + CO2 → CaCO3 + H2O</p><p>Pilihan yang memiliki ciri yang serupa adalah:</p><p>c. besi dimasukkan ke dalam larutan asam klorida</p><p>Ketika besi dimasukkan ke dalam larutan asam klorida, terjadi reaksi antara besi (Fe) dan asam klorida (HCl), menghasilkan gas hidrogen (H2) dan terbentuk endapan besi klorida (FeCl2) atau besi(III) klorida (FeCl3) tergantung pada kondisi reaksi. Endapan ini juga dapat membuat larutan menjadi keruh.</p><p>Sehingga, jawaban yang benar adalah c. besi dimasukkan ke dalam larutan asam klorida.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Perubahan yang terjadi ketika Arya meniupkan napasnya ke dalam larutan kapur (Ca(OH)2) adalah terbentuknya endapan keruh. Hal ini terjadi karena napas manusia mengandung karbon dioksida (CO2), yang bereaksi dengan larutan kapur (Ca(OH)2) membentuk endapan kalsium karbonat (CaCO3), yang tidak larut dalam air dan membuat larutan menjadi keruh. Reaksinya adalah:

Ca(OH)2 + CO2 → CaCO3 + H2O

Pilihan yang memiliki ciri yang serupa adalah:

c. besi dimasukkan ke dalam larutan asam klorida

Ketika besi dimasukkan ke dalam larutan asam klorida, terjadi reaksi antara besi (Fe) dan asam klorida (HCl), menghasilkan gas hidrogen (H2) dan terbentuk endapan besi klorida (FeCl2) atau besi(III) klorida (FeCl3) tergantung pada kondisi reaksi. Endapan ini juga dapat membuat larutan menjadi keruh.

Sehingga, jawaban yang benar adalah c. besi dimasukkan ke dalam larutan asam klorida.

 

 


Rezky P

10 Oktober 2023 22:14

terimakasih

Iklan

Muhammad A

12 September 2024 06:21

<p>Jawaban yang benar adalah c</p>

Jawaban yang benar adalah c


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan