ZAHRINA R

15 Maret 2020 10:21

Iklan

Iklan

ZAHRINA R

15 Maret 2020 10:21

Pertanyaan

apakah hewan hanya bisa melahirkan dan bertelur


0

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Susiana

03 April 2023 09:03

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan).</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Perkembangbiakan generatif atau bisa disebut dengan perkembangbiakan seksual terjadi jika sel kelamin jantan (spermatozoid) bertemu dengan sel kelamin betina (sel telur). Perkembangbiakan generatif dibagi menjadi tiga jenis, yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Ovipar merupakan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Perkembangbiakan ini biasanya dilakukan oleh unggas dan reptil. Setelah terjadi pembuahan, embrio yang dihasilkan akan tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur. Vivipar merupakan perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara melahirkan. Perkembangbiakan ini biasanya dilakukan oleh mamalia. Setelah terjadi pembuahan, embrio akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim induk betina. Selama di dalam kandungan, embrio tersebut mendapatkan nutrisi dari makanan yang dimakan oleh induknya melalui plasenta. Pada perkembangbiakan secara ovovivipar, setelah terjadi pembuahan, embrio yang dihasilkan akan tumbuh dan berkembang di dalam telur. Telur tersebut tidak akan dikeluarkan dari tubuh induknya, melainkan akan tetap berada di dalam tubuh induknya sampai menetas. Setelah menetas, barulah calon anak tersebut akan dilahirkan oleh induk betinanya. Perkembangbiakan ini biasanya dilakukan oleh platypus, kuda laut, beberapa spesies hiu, dan iguana.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, perkembangbiakan generatif dibagi menjadi tiga jenis, yaitu ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan).</p>

Jawabannya adalah ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan).

 

Pembahasan:

Perkembangbiakan generatif atau bisa disebut dengan perkembangbiakan seksual terjadi jika sel kelamin jantan (spermatozoid) bertemu dengan sel kelamin betina (sel telur). Perkembangbiakan generatif dibagi menjadi tiga jenis, yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Ovipar merupakan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Perkembangbiakan ini biasanya dilakukan oleh unggas dan reptil. Setelah terjadi pembuahan, embrio yang dihasilkan akan tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur. Vivipar merupakan perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara melahirkan. Perkembangbiakan ini biasanya dilakukan oleh mamalia. Setelah terjadi pembuahan, embrio akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim induk betina. Selama di dalam kandungan, embrio tersebut mendapatkan nutrisi dari makanan yang dimakan oleh induknya melalui plasenta. Pada perkembangbiakan secara ovovivipar, setelah terjadi pembuahan, embrio yang dihasilkan akan tumbuh dan berkembang di dalam telur. Telur tersebut tidak akan dikeluarkan dari tubuh induknya, melainkan akan tetap berada di dalam tubuh induknya sampai menetas. Setelah menetas, barulah calon anak tersebut akan dilahirkan oleh induk betinanya. Perkembangbiakan ini biasanya dilakukan oleh platypus, kuda laut, beberapa spesies hiu, dan iguana.

 

Jadi, perkembangbiakan generatif dibagi menjadi tiga jenis, yaitu ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan).


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa pltk

7

0.0

Lihat jawaban (1)