Roboguru
SA

Saskia A

21 Oktober 2020 14.07

Apakah bulu kelinci juga bermuatan, bagaimana jumlah muatan pada gelas dan bulu kelinci? Jelaskan dengan teori kekekalan muatan!

Apakah bulu kelinci juga bermuatan, bagaimana jumlah muatan pada gelas dan bulu kelinci? Jelaskan dengan teori kekekalan muatan!

0

1

M

MT.Rudy

22 Oktober 2020 01.05

Ketika plastik dan bulu saling bergesekan maka dianggap perpindahan muatan listrik hanya terjadi antara plastik dan bulu. Jadi hanya bulu dan plastik yang saling berinteraksi. Dalam kenyataannya, di sekitar kita ada udara sehingga udara tentu saja terlibat juga dalam proses gesekan antara plastik dan bulu. Jika udara juga diperhitungkan maka hukum kekekalan muatan tetap berlaku pada plastik, bulu dan udara. Bila setelah gesekan plastik menjadi bermuatan listrik negatif sebesar 5, misalnya, dan bulu menjadi bermuatan listrik negatif sebesar 3, misalnya, maka udara di sekitar juga menjadi bermuatan listrik negatif sebesar 2. Jadi total muatan listrik antara ketiga benda yang saling berinteraksi ini bernilai nol. Jika hanya plastik dan bulu yang saling berinteraksi maka ketika plastik menjadi bermuatan negatif sebesar 5 maka bulu menjadi bermuatan listrik positif sebesar 5 sehingga muatan listrik total plastik dan bulu bernilai nol. 

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved