Ghifar G

06 September 2023 22:47

Iklan

Ghifar G

06 September 2023 22:47

Pertanyaan

Apaitu Gerhana matahari cincin

Apaitu Gerhana matahari cincin

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

05

:

42

:

51

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sasa S

07 September 2023 00:29

Jawaban terverifikasi

<p>Gerhana matahari cincin adalah fenomena alam ketika bulan berada di antara matahari dan bumi, tetapi ukuran bulan tampak lebih kecil dari matahari, sehingga tidak sepenuhnya menutupi matahari. Hasilnya, saat gerhana ini terjadi, terlihat cincin cahaya matahari yang masih bersinar di sekeliling tepi bulan, menciptakan efek cincin atau "cincin api". Ini terjadi karena bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi dalam orbitnya, sehingga tampak lebih kecil di langit.</p>

Gerhana matahari cincin adalah fenomena alam ketika bulan berada di antara matahari dan bumi, tetapi ukuran bulan tampak lebih kecil dari matahari, sehingga tidak sepenuhnya menutupi matahari. Hasilnya, saat gerhana ini terjadi, terlihat cincin cahaya matahari yang masih bersinar di sekeliling tepi bulan, menciptakan efek cincin atau "cincin api". Ini terjadi karena bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi dalam orbitnya, sehingga tampak lebih kecil di langit.


Iklan

Vincent M

Community

07 September 2023 00:29

Jawaban terverifikasi

<p>Gerhana matahari cincin, <strong>terjadi saat permukaan tengah matahari saja yang tertutup oleh bayangan bulan, sedangkan permukaan pinggirannya masih terlihat</strong>. Hal ini membuat matahari memiliki bentuk seperti cincin.</p><p>Gerhana matahari cincin, yaitu ketika bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran tampaknya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran tampak matahari. Alhasil, <strong>pinggiran matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap.</strong></p>

Gerhana matahari cincin, terjadi saat permukaan tengah matahari saja yang tertutup oleh bayangan bulan, sedangkan permukaan pinggirannya masih terlihat. Hal ini membuat matahari memiliki bentuk seperti cincin.

Gerhana matahari cincin, yaitu ketika bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran tampaknya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran tampak matahari. Alhasil, pinggiran matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan