Ara A

21 Maret 2024 16:57

Iklan

Ara A

21 Maret 2024 16:57

Pertanyaan

Apabila terjadi perkawinan antara parental bergolongan darah O dan bergolongan darah AB. Bagaimanakah kemungkinan golongan darah anak-anaknya!

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

01

:

57

:

23

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:21

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam kasus perkawinan antara orang tua dengan golongan darah O dan AB, kita dapat menggunakan aturan pewarisan golongan darah yang didasarkan pada genetika.</p><p>Orang tua golongan darah O memiliki genotipe homozigot untuk golongan darah O (OO), yang berarti mereka hanya memiliki alel O. Sedangkan orang tua golongan darah AB memiliki genotipe heterozigot untuk golongan darah AB (AO atau BO), yang berarti mereka memiliki alel A dan B.</p><p>Kemungkinan kombinasi genetik yang mungkin dari kedua orang tua ini adalah:</p><ul><li>Orang tua dengan golongan darah O (OO)</li><li>Orang tua dengan golongan darah AB (AO atau BO)</li></ul><p>Dengan menggunakan aturan pewarisan golongan darah, kita dapat memperkirakan kemungkinan golongan darah anak-anak sebagai berikut:</p><ol><li>Setiap anak memiliki peluang 50% untuk mewarisi alel A dari salah satu orang tua AB.</li><li>Setiap anak memiliki peluang 50% untuk mewarisi alel B dari salah satu orang tua AB.</li><li>Anak tidak akan mewarisi alel A atau B dari orang tua dengan golongan darah O.</li></ol><p>Jadi, kemungkinan golongan darah anak-anak dari pasangan tersebut adalah sebagai berikut:</p><ul><li>50% memiliki golongan darah A (Alel A dari orang tua AB)</li><li>50% memiliki golongan darah B (Alel B dari orang tua AB)</li></ul><p>Tidak ada kemungkinan untuk anak-anak memiliki golongan darah AB, karena tidak mungkin mewarisi alel A dan B sekaligus dari orang tua yang memiliki alel A dan B.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Dalam kasus perkawinan antara orang tua dengan golongan darah O dan AB, kita dapat menggunakan aturan pewarisan golongan darah yang didasarkan pada genetika.

Orang tua golongan darah O memiliki genotipe homozigot untuk golongan darah O (OO), yang berarti mereka hanya memiliki alel O. Sedangkan orang tua golongan darah AB memiliki genotipe heterozigot untuk golongan darah AB (AO atau BO), yang berarti mereka memiliki alel A dan B.

Kemungkinan kombinasi genetik yang mungkin dari kedua orang tua ini adalah:

  • Orang tua dengan golongan darah O (OO)
  • Orang tua dengan golongan darah AB (AO atau BO)

Dengan menggunakan aturan pewarisan golongan darah, kita dapat memperkirakan kemungkinan golongan darah anak-anak sebagai berikut:

  1. Setiap anak memiliki peluang 50% untuk mewarisi alel A dari salah satu orang tua AB.
  2. Setiap anak memiliki peluang 50% untuk mewarisi alel B dari salah satu orang tua AB.
  3. Anak tidak akan mewarisi alel A atau B dari orang tua dengan golongan darah O.

Jadi, kemungkinan golongan darah anak-anak dari pasangan tersebut adalah sebagai berikut:

  • 50% memiliki golongan darah A (Alel A dari orang tua AB)
  • 50% memiliki golongan darah B (Alel B dari orang tua AB)

Tidak ada kemungkinan untuk anak-anak memiliki golongan darah AB, karena tidak mungkin mewarisi alel A dan B sekaligus dari orang tua yang memiliki alel A dan B.

 

 

 


 


Iklan

Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan