CSKO C

17 Desember 2021 02:20

Iklan

Iklan

CSKO C

17 Desember 2021 02:20

Pertanyaan

apa yg maksud bunyi


45

6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aisyah B

17 Desember 2021 09:36

Jawaban terverifikasi

bunyi atau suara adalah getaran yang merambat sebagai gelombang akustik, melalui media transmisi seperti gas, cairan atau padat. Bunyi dihasilkan oleh sumber-sumber bunyi yaitu benda-benda yang bergetar dan Menghasilkan Bunyi. Bunyi dapat dihasilkan dari Berbagai Alat musik. sumber dan contoh bunyi dari alat Musik sebagai Berikut : 1. Sumber bunyi : Membran contoh alat Musik : drum, gendang, tifa, dan rebana. 2. sumber bunyi : Getaran Udara Pada Rongga contoh alat musik : suling, saksofon, dan terompet. 3. Sumber Bunyi : dawai contoh alat musik : gitar, kecapi, sasando, biola, dan rebab 4. sumber bunyi : Listrik contoh alat musik : gitar listrik, bas listrik, dan Piano Listrik Bunyi dapat dipantulkan bisa Dimanfaatkan Untuk : a. Menentukan Kedalaman Laut, Lebar, Jarak Goa/tebing b. sonar yaitu gelombang ultrasonic yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi benda dibawah permukaan laut c. Ultrasonografi (USG) yang digunakan pada Bidang Medis d. menentukan cepat rambat bunyi diudara e. Menentukan Lapisan-Lapisan batuan yang Mengandung Minyak Bumi. f. Mengukur Ketebalan Logam Macam-Macam Bunyi pantul a. Bunyi Pantul yang bersama dengan bunyi asli. terjadi apabila Jarak sumber bunyi dengan Pemantulnya dekat. b. gaung atau kerdam adalah Bunyi pantul yang Hanya sebagian bersamaan dengan Bunyi asli, sehingga Bunyi asli tidak Jelas c. Gema adalah Bunyi yang terdengar jelas setelah bunyi asli selesai selesai. jarak antar sumber bunyi dengan dinding pemantul cukup jauh. zat yang dapat menyerap bunyinyang diterima disebut zat peredam bunyi. contoh zat peredam bunyi adalah karpet, karet, busa, wol, tirai, gabus, dll Semoga Membantu๐Ÿ˜Š


Iklan

Iklan

N. Siyamita

02 Juni 2022 08:12

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah sesuatu yang dihasilkan oleh benda yang bergetar dan dapat dirasakan oleh indera pendengaran (telinga) Bunyi termasuk salah satu jenis gelombang yang dapat dirasakan oleh indera pendengaran (telinga). Bunyi adalah sesuatu yang dihasilkan dari benda yang bergetar. Benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Bunyi termasuk salah satu contoh gelombang longitudinal karena arah rambatnya sejajar dengan arah getarannya. Bunyi dapat merambat melalui medium atau perantara yang berupa benda padat, cair, dan gas. Bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa. Jadi, bunyi merupakan sesuatu yang dihasilkan oleh benda yang bergetar dan dapat dirasakan oleh indera pendengaran (telinga)


Qurrota A

17 Desember 2021 06:13

AWABAN PENDEK : Sumber Bunyi adalah benda yang menghasilkan bunyi. JAWABAN PANJANG : Bunyi adalah gelombang mekanik yang merambat dalam medium. Bunyi timbul karena getaran partikel-partikel penyusun medium. Getaran partikel - partikel inilah yang menyebabkan energi yang berasal dari sumber bunyi merambat dalam medium tersebut. Dengan demikian, bunyi hanya bisa merambat jika ada medium. Dalam ruang hampa bunyi tidak dapat merambat. Di udara bunyi merambat akibat getaran molekul-molekul udara. Di dalam zat padat bunyi merambat akibat getaran atom-atom zat padat. Di dalam zat cair bunyi merambat akibat getaran atom-atom atau molekul-molekul penyusun zat cair. Jadi sumber bunyi adalah benda yang menghasilkan bunyi, yang dimulai dari sebuah getaran yang merambatkan energi dalam bentuk gelombang mekanik. Contoh alat yang menghasilkan Bunyi : 1. Gitar Sumber bunyi dari dawai yang dipetik dan menggetarkan partikel udara sebagai medium perambatan gelombangnya. 2. Biola Sumber bunyi dari dawai yang digesek. Gesekan pada dawai menyebabkan getaran pada partikel udara dan merambat lewat medium udara berupa gelombang mekanik. 3. Pipa Organa Seruling Sumber bunyi dari tiupan udara ke dalam pipa dan menyebabkan partikel udara dalam pipa organa seruling juga ikut bergetar dan merambat melewati medium udara menjadi gelombang mekanik bunyi.


NadhifKangpreset N

18 Desember 2021 07:13

Bunyi adalah suatu getaran yang dihasilkan oleh nada dan berbunyi "tinggggg"


PUTRRIII P

18 Desember 2021 10:18

jawaban dari pertanyaan di atas adalah: bunyi adalah sebuah nada,lagu,nyanyian atau puisi yg bersuara dari mulut kita.aku kasih contoh bunyi ya 1. bunyi gitar dipetik bunyi gitar dipetik adalah jreng jreng jreng 2. bunyi meja dipukul bunyi meja yg dipukul adalah Duk Duk Duk semoga bermanfaat dan membantu. maaf ya kalo salah. semoga benar jawaban ku. maaf ya kalo sedikit jawabnya cuma dua.


Bella A

18 Desember 2021 10:25

bunyi adalah suatu getaran yang menghasilkan oleh nada dan berbunyi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebutkan pengelompokan benda nonmahnetik

96

5.0

Jawaban terverifikasi