Nayla A

06 November 2023 12:36

Iklan

Nayla A

06 November 2023 12:36

Pertanyaan

apa yg di maksud hewan ruminansia

apa yg di maksud hewan ruminansia

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

06

:

37

:

23

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Wanda F

07 November 2023 01:52

Jawaban terverifikasi

<p>Hewan Ruminansia adalah sekumpulan hewan pemakan tumbuhan yang mencerna makanannya dalam dua langkah, pertama dengan menelan bahan mentah, kemudian mengeluarkan makanan yang sudah setengah dicerna dari perutnya dan mengunyahnya lagi</p>

Hewan Ruminansia adalah sekumpulan hewan pemakan tumbuhan yang mencerna makanannya dalam dua langkah, pertama dengan menelan bahan mentah, kemudian mengeluarkan makanan yang sudah setengah dicerna dari perutnya dan mengunyahnya lagi


Iklan

Rendi R

Community

07 November 2023 01:59

Jawaban terverifikasi

<p>Hewan ruminansia adalah hewan mamalia pemakan tumbuhan (herbivora) yang memiliki sistem pencernaan dua langkah. Sistem pencernaan ini terdiri dari empat bagian perut, yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum.</p><p>&nbsp;</p><p>Pada fase pertama, hewan ruminansia menelan makanan dalam keadaan masih kasar. Makanan ini kemudian disimpan di rumen, yang merupakan bagian terbesar dari perut ruminansia. Di dalam rumen, makanan akan dicerna oleh bakteri dan protozoa. Bakteri dan protozoa ini akan menguraikan selulosa yang terdapat dalam makanan.</p><p>&nbsp;</p><p>Pada fase kedua, hewan ruminansia akan mengeluarkan makanan dari rumen dan mengunyahnya kembali. Proses mengunyah kembali ini disebut ruminasi. Setelah makanan dikunyah kembali, makanan akan masuk ke retikulum. Di dalam retikulum, makanan akan dicampur dengan cairan dan kemudian masuk ke omasum.</p><p>&nbsp;</p><p>Di dalam omasum, makanan akan disaring dan airnya akan diserap. Setelah itu, makanan akan masuk ke abomasum. Abomasum adalah bagian perut yang mirip dengan perut hewan non-ruminansia. Di dalam abomasum, makanan akan dicerna oleh enzim-enzim pencernaan.</p><p>&nbsp;</p><p>Hewan ruminansia memiliki beberapa ciri khas, yaitu:</p><ul><li>Memiliki sistem pencernaan dua langkah</li><li>Memiliki gigi geraham yang besar dan kuat untuk mengunyah makanan</li><li>Memiliki perut yang besar, terdiri dari empat bagian</li><li>Memiliki rumen yang besar, berisi bakteri dan protozoa yang membantu mencerna selulosa</li><li>Memiliki kebiasaan mengunyah makanan kembali</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Contoh hewan ruminansia antara lain:</p><ul><li>Sapi</li><li>Domba</li><li>Kambing</li><li>Kerbau</li><li>Banteng</li><li>Rusa</li><li>Jerapah</li><li>Antilop</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Hewan ruminansia memiliki peran penting dalam ekosistem. Hewan-hewan ini membantu mengolah tumbuhan menjadi nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh hewan lain. Hewan ruminansia juga berperan dalam penyebaran biji-bijian.</p>

Hewan ruminansia adalah hewan mamalia pemakan tumbuhan (herbivora) yang memiliki sistem pencernaan dua langkah. Sistem pencernaan ini terdiri dari empat bagian perut, yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum.

 

Pada fase pertama, hewan ruminansia menelan makanan dalam keadaan masih kasar. Makanan ini kemudian disimpan di rumen, yang merupakan bagian terbesar dari perut ruminansia. Di dalam rumen, makanan akan dicerna oleh bakteri dan protozoa. Bakteri dan protozoa ini akan menguraikan selulosa yang terdapat dalam makanan.

 

Pada fase kedua, hewan ruminansia akan mengeluarkan makanan dari rumen dan mengunyahnya kembali. Proses mengunyah kembali ini disebut ruminasi. Setelah makanan dikunyah kembali, makanan akan masuk ke retikulum. Di dalam retikulum, makanan akan dicampur dengan cairan dan kemudian masuk ke omasum.

 

Di dalam omasum, makanan akan disaring dan airnya akan diserap. Setelah itu, makanan akan masuk ke abomasum. Abomasum adalah bagian perut yang mirip dengan perut hewan non-ruminansia. Di dalam abomasum, makanan akan dicerna oleh enzim-enzim pencernaan.

 

Hewan ruminansia memiliki beberapa ciri khas, yaitu:

  • Memiliki sistem pencernaan dua langkah
  • Memiliki gigi geraham yang besar dan kuat untuk mengunyah makanan
  • Memiliki perut yang besar, terdiri dari empat bagian
  • Memiliki rumen yang besar, berisi bakteri dan protozoa yang membantu mencerna selulosa
  • Memiliki kebiasaan mengunyah makanan kembali

 

Contoh hewan ruminansia antara lain:

  • Sapi
  • Domba
  • Kambing
  • Kerbau
  • Banteng
  • Rusa
  • Jerapah
  • Antilop

 

Hewan ruminansia memiliki peran penting dalam ekosistem. Hewan-hewan ini membantu mengolah tumbuhan menjadi nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh hewan lain. Hewan ruminansia juga berperan dalam penyebaran biji-bijian.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan