Sia S

25 Agustus 2023 05:05

Iklan

Iklan

Sia S

25 Agustus 2023 05:05

Pertanyaan

Apa yang terjadi jika meningkatkan anggaran dari salah satu kebutuhan pokok. Tunjukkan contoh biaya peluang (opportunity cost) yang muncul


16

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Agustus 2023 06:47

Jawaban terverifikasi

Mari kita ambil contoh untuk mengilustrasikan konsep biaya peluang (opportunity cost) jika kita meningkatkan anggaran untuk salah satu kebutuhan pokok. Misalkan Anda memiliki anggaran terbatas dan harus memutuskan antara meningkatkan pengeluaran untuk makanan atau untuk transportasi. Sekarang, anggaplah Anda memutuskan untuk meningkatkan anggaran untuk makanan dengan harapan memiliki makanan yang lebih baik dan lebih sehat. Dalam hal ini, biaya peluang akan menjadi apa yang Anda rela melepaskan atau mengorbankan dengan tidak mengalokasikan dana tambahan untuk transportasi. Contoh biaya peluang yang muncul: - **Biaya Peluang (Opportunity Cost):** Dengan meningkatkan pengeluaran untuk makanan, Anda mungkin akan melewatkan peluang untuk mengalokasikan dana tambahan untuk transportasi. Ini bisa berarti Anda harus tetap menggunakan sarana transportasi yang lebih murah atau kurang nyaman, seperti berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum yang lebih lama, karena Anda telah menghabiskan dana untuk makanan. Dalam hal ini, biaya peluang adalah manfaat atau pilihan alternatif yang Anda rela melepaskan dengan memutuskan untuk meningkatkan pengeluaran pada satu kebutuhan pokok (makanan) dibandingkan yang lain (transportasi). Ini adalah contoh sederhana bagaimana konsep biaya peluang bekerja dalam keputusan keuangan sehari-hari. Saat kita mengalokasikan sumber daya yang terbatas, setiap keputusan memiliki konsekuensi dalam hal peluang yang terlewatkan.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

25 Agustus 2023 07:55

Jawaban terverifikasi

<p>Meningkatkan anggaran pada satu kebutuhan pokok biasanya akan mengakibatkan penurunan anggaran pada kebutuhan pokok lainnya. Biaya peluang (opportunity cost) adalah konsep yang mengacu pada nilai dari pilihan terbaik yang terbuang ketika sumber daya yang terbatas digunakan untuk satu tujuan tertentu. Dengan kata lain, biaya peluang adalah apa yang Anda korbankan ketika Anda membuat pilihan tertentu.</p><p>Contoh: Anda memiliki anggaran terbatas dan harus memutuskan antara mengalokasikan lebih banyak uang untuk makanan atau untuk pendidikan. Jika Anda memilih untuk meningkatkan anggaran untuk makanan, biaya peluangnya adalah kesempatan untuk meningkatkan investasi dalam pendidikan. Sebaliknya, jika Anda memilih untuk mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk pendidikan, biaya peluangnya adalah kesempatan untuk meningkatkan konsumsi makanan.</p><p>Dalam hal ini, biaya peluang adalah nilai dari pilihan yang tidak Anda ambil. Ini adalah konsep penting dalam pengambilan keputusan ekonomi, karena setiap keputusan yang Anda buat memiliki dampak pada pilihan lain yang dapat Anda ambil. Jika Anda lebih memilih satu pilihan, Anda harus siap untuk menghadapi konsekuensi dari pilihan tersebut yang melibatkan kehilangan peluang lain yang mungkin juga bernilai bagi Anda.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Meningkatkan anggaran pada satu kebutuhan pokok biasanya akan mengakibatkan penurunan anggaran pada kebutuhan pokok lainnya. Biaya peluang (opportunity cost) adalah konsep yang mengacu pada nilai dari pilihan terbaik yang terbuang ketika sumber daya yang terbatas digunakan untuk satu tujuan tertentu. Dengan kata lain, biaya peluang adalah apa yang Anda korbankan ketika Anda membuat pilihan tertentu.

Contoh: Anda memiliki anggaran terbatas dan harus memutuskan antara mengalokasikan lebih banyak uang untuk makanan atau untuk pendidikan. Jika Anda memilih untuk meningkatkan anggaran untuk makanan, biaya peluangnya adalah kesempatan untuk meningkatkan investasi dalam pendidikan. Sebaliknya, jika Anda memilih untuk mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk pendidikan, biaya peluangnya adalah kesempatan untuk meningkatkan konsumsi makanan.

Dalam hal ini, biaya peluang adalah nilai dari pilihan yang tidak Anda ambil. Ini adalah konsep penting dalam pengambilan keputusan ekonomi, karena setiap keputusan yang Anda buat memiliki dampak pada pilihan lain yang dapat Anda ambil. Jika Anda lebih memilih satu pilihan, Anda harus siap untuk menghadapi konsekuensi dari pilihan tersebut yang melibatkan kehilangan peluang lain yang mungkin juga bernilai bagi Anda.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

faktor penyebab kelangkaan

207

0.0

Jawaban terverifikasi