Khansaa K

08 Maret 2023 17:17

Iklan

Iklan

Khansaa K

08 Maret 2023 17:17

Pertanyaan

apa yang menyebabkan bumi berlapis?

apa yang menyebabkan bumi berlapis?


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

09 Maret 2023 05:29

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk melindungi dari meteor yang jatuh menuju bumi. Karena jika tidak ada lapisan di Bumi (atmosfer), akan terjadi ledakan yang dihasilkan apabila meteor tersebut tidak terbakar habis saat menembus atmosfer bumi.</p>

Untuk melindungi dari meteor yang jatuh menuju bumi. Karena jika tidak ada lapisan di Bumi (atmosfer), akan terjadi ledakan yang dihasilkan apabila meteor tersebut tidak terbakar habis saat menembus atmosfer bumi.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 April 2024 14:19

Jawaban terverifikasi

<p>Bumi memiliki lapisan-lapisan yang berbeda karena proses-proses geologis yang terjadi selama miliaran tahun. Proses utama yang menyebabkan pembentukan lapisan-lapisan ini meliputi:</p><p>Diferensiasi planetesimal awal: Saat Bumi terbentuk dari debu dan gas di awan protobintang, suhu dan tekanan yang tinggi menyebabkan perbedaan massa jenis bahan-bahan yang membentuk planetesimal, sehingga menyebabkan perbedaan komposisi dan pembentukan lapisan-lapisan awal.</p><p>Diferensiasi kimia: Proses ini terjadi ketika bahan-bahan yang lebih berat cenderung terdorong ke inti Bumi, sedangkan bahan-bahan yang lebih ringan tetap di kerak dan mantel. Ini menghasilkan inti besi-nikel di pusat Bumi, dengan mantel silikat di luar.</p><p>Aktivitas geologis: Selama miliaran tahun, aktivitas geologis seperti vulkanisme, tektonika lempeng, dan erosi telah berkontribusi pada pembentukan, pengangkutan, dan penumpukan material di permukaan Bumi, yang juga berperan dalam pembentukan lapisan-lapisan geologis yang kita lihat hari ini.</p>

Bumi memiliki lapisan-lapisan yang berbeda karena proses-proses geologis yang terjadi selama miliaran tahun. Proses utama yang menyebabkan pembentukan lapisan-lapisan ini meliputi:

Diferensiasi planetesimal awal: Saat Bumi terbentuk dari debu dan gas di awan protobintang, suhu dan tekanan yang tinggi menyebabkan perbedaan massa jenis bahan-bahan yang membentuk planetesimal, sehingga menyebabkan perbedaan komposisi dan pembentukan lapisan-lapisan awal.

Diferensiasi kimia: Proses ini terjadi ketika bahan-bahan yang lebih berat cenderung terdorong ke inti Bumi, sedangkan bahan-bahan yang lebih ringan tetap di kerak dan mantel. Ini menghasilkan inti besi-nikel di pusat Bumi, dengan mantel silikat di luar.

Aktivitas geologis: Selama miliaran tahun, aktivitas geologis seperti vulkanisme, tektonika lempeng, dan erosi telah berkontribusi pada pembentukan, pengangkutan, dan penumpukan material di permukaan Bumi, yang juga berperan dalam pembentukan lapisan-lapisan geologis yang kita lihat hari ini.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

faktor penurun pertumbuhan eropa

138

0.0

Lihat jawaban (1)