Fiki A

24 Juli 2020 03:56

Iklan

Iklan

Fiki A

24 Juli 2020 03:56

Pertanyaan

apa yang kalian ketahui tentang perubahan sejarah?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Samsiah

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

22 Januari 2022 13:28

Jawaban terverifikasi

Hai Fiki A, Kakak bantu jawab ya. Pada dasarnya konsep perubahan dalam sejarah berkaitan dengan adanya sesuatu yang berubah bentuk, adapaun penyebabnya bisa dari interaksi sosial, gejala geografis ataupun peristiwa politik.   Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut: Sejarah selalu berkaitan dengan waktu, yakni aspek penting yang menjadi saksi berkaitan temporal atau kapan suatu aktivitas manusia yang menyejarah itu terjadi. Waktu dalam sejarah memiliki beberapa aspek salah satunya adalah perubahan. Perubahan sejatinya menjelaskan ada sesuatu yang berubah, terdapat satu yang berbeda dari masa sekarang dengan apa masa yang telah terjadi ataupun dengan masa yang akan datang. Dalam konteks sejarah, perubahan dapat diartikan sebagai bentuk proses peralihan dari keadaan di masa sebelumnya. Perubahan terjadi berkaitan dengan berbagai hal seperti misalnya perubahan cara berpikir dan tingkah laku manusianya.  Di dalam sejarah, konsep perubahan diartikan sebagai  perubahan cara berpikir dan tingkah laku manusia yang diakibatkan oleh berbagai faktor yang memengaruhinya seperti peristiwa politik, kejadian geografis ataupun interaksi sosial. Sebagai contoh, untuk memahami perubahan dalam konteks sejarah, misalnya dalam peristiwa politik, dengan adanya Peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945, mengakibatkan perubahan terhadap bangsa Indonesia, dari yang sebelum 17 Agustus 1945 merupakan bangsa terjajah, tetapi setelah itu menjadi bangsa yang bebas dari penjajahan.  Semoga membantu :)


Arnipratiwi A

31 Agustus 2022 06:38

mksh kak jwbnx sngat mmbantu🥰

Iklan

Iklan

Fatihatus S

30 Juli 2020 20:59

sejarah merupakan prosess perubahan. proses yang berlanjut (kontinuitas) dan proses yang tidak berlanjut (diskontinitas).


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Buatlah masing masing lima kelemahan dan kelebihan kepemimpinan presiden di indonesia pada masa orde baru hingga sekarang

40

3.0

Jawaban terverifikasi