Era E

04 Februari 2024 14:34

Iklan

Era E

04 Februari 2024 14:34

Pertanyaan

apa yang dimaksud virus

apa yang dimaksud virus

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

04

:

35

:

33

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Adliani A

05 Februari 2024 04:29

Jawaban terverifikasi

<p>Virus adalah agen infektius mikroskopis yang sangat kecil, yang tidak bisa berkembang biak sendiri di luar sel hidup. Virus terdiri dari materi genetik, baik DNA maupun RNA, yang dibungkus oleh sebuah lapisan protein yang disebut kapsid. Beberapa virus juga memiliki lapisan lipid tambahan yang disebut amplop. Materi genetik virus mengandung instruksi untuk membuat salinan virus itu sendiri, tetapi mereka memerlukan mesin selular dari organisme hidup (host) untuk melakukan replikasi.</p><p>Virus bisa menginfeksi hampir semua jenis organisme, mulai dari mikroorganisme seperti bakteri (bakteriofag), tanaman, hewan, hingga manusia. Ketika virus memasuki tubuh host, mereka menyerang sel-sel host dan mengambil alih mesin sel untuk memproduksi virus baru. Setelah virus baru terbentuk, mereka bisa keluar dari sel host dan menginfeksi sel-sel lain, yang bisa menyebabkan penyakit.</p><p>Penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia sangat bervariasi, mulai dari yang ringan seperti flu hingga yang sangat serius dan mematikan seperti HIV/AIDS, Ebola, COVID-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, dan banyak lagi. Pengobatan untuk infeksi virus umumnya lebih terbatas dibandingkan dengan bakteri, karena antibiotik tidak efektif melawan virus. Vaksin merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah infeksi virus dengan merangsang sistem imun untuk mengenali dan melawan virus tersebut jika tubuh terpapar di masa depan.</p><p>Berbeda dengan bakteri dan sel lain yang bisa hidup mandiri, virus dianggap berada di tepi batas kehidupan karena mereka tidak bisa melakukan fungsi-fungsi kehidupan seperti metabolisme dan reproduksi tanpa bantuan sel host. Ini membuat virus menjadi subjek yang unik dan kompleks dalam biologi dan kedokteran.</p>

Virus adalah agen infektius mikroskopis yang sangat kecil, yang tidak bisa berkembang biak sendiri di luar sel hidup. Virus terdiri dari materi genetik, baik DNA maupun RNA, yang dibungkus oleh sebuah lapisan protein yang disebut kapsid. Beberapa virus juga memiliki lapisan lipid tambahan yang disebut amplop. Materi genetik virus mengandung instruksi untuk membuat salinan virus itu sendiri, tetapi mereka memerlukan mesin selular dari organisme hidup (host) untuk melakukan replikasi.

Virus bisa menginfeksi hampir semua jenis organisme, mulai dari mikroorganisme seperti bakteri (bakteriofag), tanaman, hewan, hingga manusia. Ketika virus memasuki tubuh host, mereka menyerang sel-sel host dan mengambil alih mesin sel untuk memproduksi virus baru. Setelah virus baru terbentuk, mereka bisa keluar dari sel host dan menginfeksi sel-sel lain, yang bisa menyebabkan penyakit.

Penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia sangat bervariasi, mulai dari yang ringan seperti flu hingga yang sangat serius dan mematikan seperti HIV/AIDS, Ebola, COVID-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, dan banyak lagi. Pengobatan untuk infeksi virus umumnya lebih terbatas dibandingkan dengan bakteri, karena antibiotik tidak efektif melawan virus. Vaksin merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah infeksi virus dengan merangsang sistem imun untuk mengenali dan melawan virus tersebut jika tubuh terpapar di masa depan.

Berbeda dengan bakteri dan sel lain yang bisa hidup mandiri, virus dianggap berada di tepi batas kehidupan karena mereka tidak bisa melakukan fungsi-fungsi kehidupan seperti metabolisme dan reproduksi tanpa bantuan sel host. Ini membuat virus menjadi subjek yang unik dan kompleks dalam biologi dan kedokteran.


Iklan

Sumber W

Community

05 Februari 2024 07:28

Jawaban terverifikasi

<p>Virus adalah kuman kecil (patogen) yang dapat menginfeksi dan membuat seseorang sakit. Organisme ini dapat menginfeksi manusia, tumbuhan, hewan, bakteri, dan jamur. Masing-masing virus hanya menginfeksi jenis inang tertentu.</p>

Virus adalah kuman kecil (patogen) yang dapat menginfeksi dan membuat seseorang sakit. Organisme ini dapat menginfeksi manusia, tumbuhan, hewan, bakteri, dan jamur. Masing-masing virus hanya menginfeksi jenis inang tertentu.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan