Aditya N

09 November 2020 03:05

Iklan

Iklan

Aditya N

09 November 2020 03:05

Pertanyaan

apa yang dimaksud parental dan filial


45

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Nurrahmi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

20 Maret 2022 12:54

Jawaban terverifikasi

Halo Aditya, Kakak bantu jawab ya :) Parental adalah istilah dalam pewarisan sifat yang digunakan untuk menyebutkan orang tua/indukan (Parents= orang tua) yang akan mengalami perkawinan/persilangan/mewariskan sifatnya kepada anakannya. Sedangkan filial adalah istilah dalam pewarisan sifat untuk menyebutkan anakan yang dihasilkan dari proses pewarisan sifat/ persilangan. Pewarisan sifat adalah proses diwariskannya suatu sifat dari orang tua ke anaknya. Orang tua disebut juga dengan istilah parental (P), sedangkan anakan yang dihasilkan disebut dengan istilah filial (F). Sifat yang diwariskan dari orang tua ke anaknya tersimpan di dalam gen. Gen yang akan diturunkan ini terletak di dalam sel khusus yaitu sel kelamin, atau nama lainnya adalah gamet. Gamet jantan adalah sperma, sedangkan gamet betina adalah sel telur (ovum). Gamet jantan dan betina yang melebur akan menghasilkan anakan/filial (F) dengan sifat tertentu. Sifat yang diturunkan ini berupa kode genetik, atau disebut dengan genotip, dan juga berupa sifat yang tampak dari luar, atau disebut dengan fenotip. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Febe R

14 Oktober 2021 10:11

Parental:orang tua/induk (P) Filial: keturunan dalam proses pewarisan sifat


Adara A

11 November 2020 09:04

Parental: adalah organisme yang menjadi induk atau orang tua, yang melakukan perkawinan sehingga menghasilkan keturunan atau filial.  Filial: disebut juga organisme anakan atau turunan, adalah individu-individu yang dihasilkan oleh perkawinan organisme parental.


Cangcut H

29 September 2022 00:44

Parental adalah


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

formula kromosom / atau kariotipe dari lumba-lumba yang jumlah kromosomnya 44 dan tembakau jumlah kromosomnya 48 Baik pada sel somatic/ sel tubuh dan sel kelamin/ sel

13

0.0

Jawaban terverifikasi