Fadhilaturrahmah F

04 Juli 2024 11:46

Iklan

Iklan

Fadhilaturrahmah F

04 Juli 2024 11:46

Pertanyaan

apa yang dimaksud dhomir dan sebutkan ada berapa bagian-bagiannya

apa yang dimaksud dhomir dan sebutkan ada berapa bagian-bagiannya


66

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aulia U

04 Juli 2024 12:45

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam kaidah bahasa Arab, isim dhomir digunakan sebagai kata ganti dari isim dhohir. Menurut penggunaannya, isim dhomir biasanya menunjukan orang yang ghoib, hadir, atau mutakalim.isim dhomir umumnya dikenal dengan istilah mubtada mudhmar yang terdiri dari 12 kata. isim dhomir adalah kata yang digunakan untuk menggantikan orang pertama<i> (mutakallim)</i>, orang kedua<i> (mukhotobah)</i>, dan orang ketiga<i> (ghoib). </i>Berdasarkan susunan katanya, isim dhomir dapat dibedakan menjadi tiga jenis yakni:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>1. Dhomir Munfasil</strong></p><p>Dhomir munfasil (الضمير المنفصل) adalah dhomir yang penulisannya terpisah dengan kata lain. Contohnya:</p><p>هو طالِبٌ = Dia (laki-laki) seorang pelajar</p><p>أنْتَ نشيطٌ = Kamu (laki-laki) rajin</p><p>هي مُدَرِّسَةٌ = Dia seorang guru (wanita)</p><p>هُمَا طَالِبَانِ = Mereka berdua adalah pelajar laki-laki</p><p>هِيَ طَالِبَةٌ = Dia adalah pelajar wanita</p><p><strong>2. Dhomir Muttashil</strong></p><p>Dhomir muttashil (الضمير المتصل) adalah dhomir yang penulisannya bersambung di belakang kata dengan kata sebelumnya. Elfiansyah Elham dalam buku <i>Kaidah-kaidah Bahasa Arab: Dasar Ilmu Nahwu Shorof </i>mengatakan bahwa, dhomir ini bisa berupa kata benda maupun kata kerja.</p><p>Dhomir muttashil mempunyai tiga bentuk yakni dhomir yang dibaca rofa’, dibaca nashob, dan dibaca jarr. Contohnya:</p><p>هُوَ وَضَعَ = Dia laki-laki telah meletakkan</p><p>هُمَا وَضَعَا = Dia laki-laki berdua telah meletakkan</p><p>هُمْ وَضَعُوا = Mereka laki laki telah meletakkan</p><p>هِيَ وَضَعَتْ = Dia wanita telah meletakkan</p><p>هُمَا وَضَعَتَا = Dia wanita berdua telah meletakk</p><p><strong>3. Dhomir Mustassir</strong><br><strong>Dhomir Mustassir (الضمير المستتر) merupakan dhomir yang tersembunyi dalam sebuah kata kerja/fi'il. Dhomir ini tidak tertulis, tapi dapat diketahui dengan melihat format kata kerjanya. Contoh:</strong></p><p><strong>كَتَبَ = Dia laki-laki telah menulis</strong></p><p><strong>ذهبت = Dia perempuan telah pergi</strong></p><p><strong>ذهبتُ = Saya telah pergi</strong></p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br><br>&nbsp;</p>

Dalam kaidah bahasa Arab, isim dhomir digunakan sebagai kata ganti dari isim dhohir. Menurut penggunaannya, isim dhomir biasanya menunjukan orang yang ghoib, hadir, atau mutakalim.isim dhomir umumnya dikenal dengan istilah mubtada mudhmar yang terdiri dari 12 kata. isim dhomir adalah kata yang digunakan untuk menggantikan orang pertama (mutakallim), orang kedua (mukhotobah), dan orang ketiga (ghoib). Berdasarkan susunan katanya, isim dhomir dapat dibedakan menjadi tiga jenis yakni:

 

1. Dhomir Munfasil

Dhomir munfasil (الضمير المنفصل) adalah dhomir yang penulisannya terpisah dengan kata lain. Contohnya:

هو طالِبٌ = Dia (laki-laki) seorang pelajar

أنْتَ نشيطٌ = Kamu (laki-laki) rajin

هي مُدَرِّسَةٌ = Dia seorang guru (wanita)

هُمَا طَالِبَانِ = Mereka berdua adalah pelajar laki-laki

هِيَ طَالِبَةٌ = Dia adalah pelajar wanita

2. Dhomir Muttashil

Dhomir muttashil (الضمير المتصل) adalah dhomir yang penulisannya bersambung di belakang kata dengan kata sebelumnya. Elfiansyah Elham dalam buku Kaidah-kaidah Bahasa Arab: Dasar Ilmu Nahwu Shorof mengatakan bahwa, dhomir ini bisa berupa kata benda maupun kata kerja.

Dhomir muttashil mempunyai tiga bentuk yakni dhomir yang dibaca rofa’, dibaca nashob, dan dibaca jarr. Contohnya:

هُوَ وَضَعَ = Dia laki-laki telah meletakkan

هُمَا وَضَعَا = Dia laki-laki berdua telah meletakkan

هُمْ وَضَعُوا = Mereka laki laki telah meletakkan

هِيَ وَضَعَتْ = Dia wanita telah meletakkan

هُمَا وَضَعَتَا = Dia wanita berdua telah meletakk

3. Dhomir Mustassir
Dhomir Mustassir (الضمير المستتر) merupakan dhomir yang tersembunyi dalam sebuah kata kerja/fi'il. Dhomir ini tidak tertulis, tapi dapat diketahui dengan melihat format kata kerjanya. Contoh:

كَتَبَ = Dia laki-laki telah menulis

ذهبت = Dia perempuan telah pergi

ذهبتُ = Saya telah pergi

 

 



 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Juli 2024 05:38

Jawaban terverifikasi

<p>Dhomir (ضمير) adalah kata ganti dalam bahasa Arab yang digunakan untuk menggantikan kata benda atau orang dalam kalimat. Dhomir dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis kelamin, jumlah, dan posisi dalam kalimat (subjek, objek, atau milik). Berikut adalah bagian-bagian dhomir:</p><p><strong>Dhomir Munfasil (kata ganti yang berdiri sendiri)</strong>:</p><ul><li><strong>Laki-laki tunggal</strong>: هو (huwa) - dia</li><li><strong>Perempuan tunggal</strong>: هي (hiya) - dia</li><li><strong>Laki-laki ganda</strong>: هما (humaa) - mereka berdua</li><li><strong>Perempuan ganda</strong>: هما (humaa) - mereka berdua</li><li><strong>Laki-laki jamak</strong>: هم (hum) - mereka</li><li><strong>Perempuan jamak</strong>: هن (hunna) - mereka</li><li><strong>Aku (laki-laki/perempuan)</strong>: أنا (ana) - aku</li><li><strong>Kami berdua</strong>: نحن (nahnu) - kami berdua</li><li><strong>Kami (lebih dari dua)</strong>: نحن (nahnu) - kami</li><li><strong>Kamu (laki-laki tunggal)</strong>: أنتَ (anta) - kamu</li><li><strong>Kamu (perempuan tunggal)</strong>: أنتِ (anti) - kamu</li><li><strong>Kamu berdua (laki-laki/perempuan)</strong>: أنتما (antumaa) - kalian berdua</li><li><strong>Kamu (laki-laki jamak)</strong>: أنتم (antum) - kalian</li><li><strong>Kamu (perempuan jamak)</strong>: أنتن (antunna) - kalian</li></ul><p><strong>Dhomir Mutashil (kata ganti yang bersambung)</strong>:</p><ul><li><strong>Laki-laki tunggal</strong>: ـهُ (hu) - dia/nya</li><li><strong>Perempuan tunggal</strong>: ـها (haa) - dia/nya</li><li><strong>Laki-laki ganda</strong>: ـهما (humaa) - mereka berdua/nya</li><li><strong>Perempuan ganda</strong>: ـهما (humaa) - mereka berdua/nya</li><li><strong>Laki-laki jamak</strong>: ـهم (hum) - mereka/nya</li><li><strong>Perempuan jamak</strong>: ـهن (hunna) - mereka/nya</li><li><strong>Aku (laki-laki/perempuan)</strong>: ـي / ـني (ii/nii) - aku/ku</li><li><strong>Kami berdua</strong>: ـنا (naa) - kami/nya</li><li><strong>Kami (lebih dari dua)</strong>: ـنا (naa) - kami/nya</li><li><strong>Kamu (laki-laki tunggal)</strong>: ـكَ (ka) - kamu/mu</li><li><strong>Kamu (perempuan tunggal)</strong>: ـكِ (ki) - kamu/mu</li><li><strong>Kamu berdua (laki-laki/perempuan)</strong>: ـكما (kumaa) - kalian berdua/nya</li><li><strong>Kamu (laki-laki jamak)</strong>: ـكم (kum) - kalian/nya</li><li><strong>Kamu (perempuan jamak)</strong>: ـكن (kunna) - kalian/nya</li></ul>

Dhomir (ضمير) adalah kata ganti dalam bahasa Arab yang digunakan untuk menggantikan kata benda atau orang dalam kalimat. Dhomir dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis kelamin, jumlah, dan posisi dalam kalimat (subjek, objek, atau milik). Berikut adalah bagian-bagian dhomir:

Dhomir Munfasil (kata ganti yang berdiri sendiri):

  • Laki-laki tunggal: هو (huwa) - dia
  • Perempuan tunggal: هي (hiya) - dia
  • Laki-laki ganda: هما (humaa) - mereka berdua
  • Perempuan ganda: هما (humaa) - mereka berdua
  • Laki-laki jamak: هم (hum) - mereka
  • Perempuan jamak: هن (hunna) - mereka
  • Aku (laki-laki/perempuan): أنا (ana) - aku
  • Kami berdua: نحن (nahnu) - kami berdua
  • Kami (lebih dari dua): نحن (nahnu) - kami
  • Kamu (laki-laki tunggal): أنتَ (anta) - kamu
  • Kamu (perempuan tunggal): أنتِ (anti) - kamu
  • Kamu berdua (laki-laki/perempuan): أنتما (antumaa) - kalian berdua
  • Kamu (laki-laki jamak): أنتم (antum) - kalian
  • Kamu (perempuan jamak): أنتن (antunna) - kalian

Dhomir Mutashil (kata ganti yang bersambung):

  • Laki-laki tunggal: ـهُ (hu) - dia/nya
  • Perempuan tunggal: ـها (haa) - dia/nya
  • Laki-laki ganda: ـهما (humaa) - mereka berdua/nya
  • Perempuan ganda: ـهما (humaa) - mereka berdua/nya
  • Laki-laki jamak: ـهم (hum) - mereka/nya
  • Perempuan jamak: ـهن (hunna) - mereka/nya
  • Aku (laki-laki/perempuan): ـي / ـني (ii/nii) - aku/ku
  • Kami berdua: ـنا (naa) - kami/nya
  • Kami (lebih dari dua): ـنا (naa) - kami/nya
  • Kamu (laki-laki tunggal): ـكَ (ka) - kamu/mu
  • Kamu (perempuan tunggal): ـكِ (ki) - kamu/mu
  • Kamu berdua (laki-laki/perempuan): ـكما (kumaa) - kalian berdua/nya
  • Kamu (laki-laki jamak): ـكم (kum) - kalian/nya
  • Kamu (perempuan jamak): ـكن (kunna) - kalian/nya

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara dihujat dan dibenci di medsos? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh di medsos! (jika ada) 2) Sebutkan dan jelaskan 5 berita buruk yang kita nonton selama bulan July 2024! 3) Seorang konten kreator sedang dihujat oleh netizen gara-gara hal sepele. Sehingga followers turun dari 28 juta menjadi 26.4 juta pengikut. Berdasarkan diatas : • Apa jadinya jika follower turun sampai 99% hingga habis tak tersisa, dalam waktu beberapa bulan saja? Jelaskan! (jika ada) • Bagaimana solusi agar followers akun kembali normal?

14

5.0

Jawaban terverifikasi