Era E

27 September 2023 08:57

Iklan

Era E

27 September 2023 08:57

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan zat

apa yang dimaksud dengan zat

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

00

:

29

:

52

Klaim

5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

27 September 2023 09:00

Jawaban terverifikasi

<p>zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.&nbsp;</p>

zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. 


Iklan

Rendi R

Community

27 September 2023 09:06

Jawaban terverifikasi

<p>Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Zat dapat berupa benda padat, cair, atau gas.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pengertian zat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)</strong> adalah substansi berarti bentuk; alam (Tuhan); yang membuat sesuatu ada; materi yang membentuk objek; Elemen. Dengan kata lain, zat adalah sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pengertian zat menurut ilmu fisika</strong> adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Zat dapat dibagi menjadi tiga wujud, yaitu:</p><ul><li><strong>Zat padat</strong> memiliki bentuk dan volume yang tetap.</li><li><strong>Zat cair</strong> memiliki volume yang tetap, tetapi bentuk berubah sesuai dengan tempatnya.</li><li><strong>Zat gas</strong> memiliki bentuk dan volume yang berubah-ubah sesuai dengan tempatnya.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai zat:</p><ul><li><strong>Massa</strong> adalah jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda. Massa adalah sifat yang tidak berubah, walaupun wujud zat berubah.</li><li><strong>Volume</strong> adalah ruang yang ditempati oleh suatu benda. Volume adalah sifat yang dapat berubah, tergantung pada wujud zat.</li><li><strong>Wujud zat</strong> adalah bentuk dan sifat fisik zat. Zat dapat berwujud padat, cair, atau gas.</li></ul><p>Zat dapat mengalami perubahan wujud, yaitu dari padat menjadi cair, cair menjadi gas, padat menjadi gas, dan cair menjadi padat. Perubahan wujud zat disebabkan oleh perubahan suhu dan tekanan.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Sumber referensi:</strong></p><p>https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-zat/</p><p>&nbsp;</p>

Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Zat dapat berupa benda padat, cair, atau gas.

 

Pengertian zat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah substansi berarti bentuk; alam (Tuhan); yang membuat sesuatu ada; materi yang membentuk objek; Elemen. Dengan kata lain, zat adalah sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa.

 

Pengertian zat menurut ilmu fisika adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Zat dapat dibagi menjadi tiga wujud, yaitu:

  • Zat padat memiliki bentuk dan volume yang tetap.
  • Zat cair memiliki volume yang tetap, tetapi bentuk berubah sesuai dengan tempatnya.
  • Zat gas memiliki bentuk dan volume yang berubah-ubah sesuai dengan tempatnya.

 

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai zat:

  • Massa adalah jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda. Massa adalah sifat yang tidak berubah, walaupun wujud zat berubah.
  • Volume adalah ruang yang ditempati oleh suatu benda. Volume adalah sifat yang dapat berubah, tergantung pada wujud zat.
  • Wujud zat adalah bentuk dan sifat fisik zat. Zat dapat berwujud padat, cair, atau gas.

Zat dapat mengalami perubahan wujud, yaitu dari padat menjadi cair, cair menjadi gas, padat menjadi gas, dan cair menjadi padat. Perubahan wujud zat disebabkan oleh perubahan suhu dan tekanan.

 

Sumber referensi:

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-zat/

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan