Era E

10 Oktober 2023 08:08

Iklan

Era E

10 Oktober 2023 08:08

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan teks laporan percobaan

apa yang dimaksud dengan teks laporan percobaan

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

03

:

23

:

32

Klaim

7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sumber W

Community

10 Oktober 2023 08:28

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Teks laporan percobaan</strong> adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti</p>

Teks laporan percobaan adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti


Iklan

Vincent M

Community

10 Oktober 2023 08:41

Jawaban terverifikasi

<p>Teks laporan percobaan adalah dokumen tertulis yang berisi tentang pengamatan, eksperimen, dan analisis data yang dilakukan dalam suatu percobaan ilmiah. Laporan percobaan memiliki struktur dan format tertentu yang memungkinkan pembaca untuk memahami tujuan percobaan, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, serta kesimpulan yang diambil dari percobaan tersebut. Berikut adalah struktur umum dari teks laporan percobaan:</p><p><strong>1.Judul Laporan</strong>: Judul laporan memberikan informasi singkat tentang percobaan yang dilakukan. Judul sebaiknya mencerminkan tujuan utama dan variabel yang diamati dalam percobaan.</p><p>2.Pendahuluan: Bagian pendahuluan menjelaskan latar belakang percobaan dan tujuan dari percobaan tersebut. Penjelasan mengenai hipotesis juga dapat disertakan di sini.</p><p>3.Metode: Bagian ini menjelaskan metode dan prosedur yang digunakan dalam percobaan, termasuk bahan-bahan yang digunakan, peralatan, serta langkah-langkah yang diambil selama percobaan.</p><p><strong>4 .Hasil</strong>: Bagian hasil berisi data yang diperoleh selama percobaan. Data ini dapat disajikan dalam bentuk tabel, grafik, atau diagram sesuai dengan jenis data yang diamati. Hasil ini harus disertai dengan penjelasan dan analisis data.</p><p>5.Diskusi: Bagian diskusi adalah tempat untuk menginterpretasikan hasil percobaan. Pembuat laporan menjelaskan apa yang dapat disimpulkan dari data dan apakah hasil tersebut mendukung atau menggugurkan hipotesis awal.</p><p>6.Kesimpulan: Bagian kesimpulan berisi rangkuman dari hasil percobaan dan interpretasinya. Kesimpulan harus mencerminkan apakah hipotesis awal terbukti benar atau tidak.</p><p>7.Saran: Bagian ini menyajikan saran-saran untuk perbaikan atau peningkatan dalam percobaan. Jika ada aspek-aspek yang dapat ditingkatkan, saran-saran ini akan membantu dalam perencanaan percobaan berikutnya.</p><p><strong>8.Daftar Pustaka</strong>: Jika ada sumber-sumber referensi yang digunakan dalam laporan, daftar pustaka yang mencantumkan sumber-sumber tersebut harus disertakan.</p><p>Laporan percobaan harus ditulis dengan jelas, singkat, dan objektif sehingga pembaca dapat memahami dengan baik apa yang telah dilakukan dan hasilnya. Laporan ini juga harus sesuai dengan standar penulisan ilmiah yang berlaku dalam bidang tertentu.</p>

Teks laporan percobaan adalah dokumen tertulis yang berisi tentang pengamatan, eksperimen, dan analisis data yang dilakukan dalam suatu percobaan ilmiah. Laporan percobaan memiliki struktur dan format tertentu yang memungkinkan pembaca untuk memahami tujuan percobaan, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, serta kesimpulan yang diambil dari percobaan tersebut. Berikut adalah struktur umum dari teks laporan percobaan:

1.Judul Laporan: Judul laporan memberikan informasi singkat tentang percobaan yang dilakukan. Judul sebaiknya mencerminkan tujuan utama dan variabel yang diamati dalam percobaan.

2.Pendahuluan: Bagian pendahuluan menjelaskan latar belakang percobaan dan tujuan dari percobaan tersebut. Penjelasan mengenai hipotesis juga dapat disertakan di sini.

3.Metode: Bagian ini menjelaskan metode dan prosedur yang digunakan dalam percobaan, termasuk bahan-bahan yang digunakan, peralatan, serta langkah-langkah yang diambil selama percobaan.

4 .Hasil: Bagian hasil berisi data yang diperoleh selama percobaan. Data ini dapat disajikan dalam bentuk tabel, grafik, atau diagram sesuai dengan jenis data yang diamati. Hasil ini harus disertai dengan penjelasan dan analisis data.

5.Diskusi: Bagian diskusi adalah tempat untuk menginterpretasikan hasil percobaan. Pembuat laporan menjelaskan apa yang dapat disimpulkan dari data dan apakah hasil tersebut mendukung atau menggugurkan hipotesis awal.

6.Kesimpulan: Bagian kesimpulan berisi rangkuman dari hasil percobaan dan interpretasinya. Kesimpulan harus mencerminkan apakah hipotesis awal terbukti benar atau tidak.

7.Saran: Bagian ini menyajikan saran-saran untuk perbaikan atau peningkatan dalam percobaan. Jika ada aspek-aspek yang dapat ditingkatkan, saran-saran ini akan membantu dalam perencanaan percobaan berikutnya.

8.Daftar Pustaka: Jika ada sumber-sumber referensi yang digunakan dalam laporan, daftar pustaka yang mencantumkan sumber-sumber tersebut harus disertakan.

Laporan percobaan harus ditulis dengan jelas, singkat, dan objektif sehingga pembaca dapat memahami dengan baik apa yang telah dilakukan dan hasilnya. Laporan ini juga harus sesuai dengan standar penulisan ilmiah yang berlaku dalam bidang tertentu.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

iklan harus membuat konsumen percaya kepada produk yang diiklankan. hal tersebut termasuk unsur iklan yaitu... a. perhatian b. keinginan c. tindakan d. rasa percaya diri tolong di bantu ya kak 🙏

44

4.0

Jawaban terverifikasi

"Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur" Ida, temanku sebangku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan pandai itulah cirinya. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya. Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi. Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman-temannya mengalami kesulitan dalam pelajaran. Teman-teman memilih Ida sebagai ketua kelas. Pandai, tenang, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi modal utamanya. Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika. Sebagian siswa tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di belakang kami. “Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin saya seharian bermain bola sampai sore. Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya. Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut. Ida bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa menengok ke belakang. Gugut mengganggunya lagi. “Ayo dong, Ida. Sekali ini saja. Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin,” rayunya. Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah. Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan lunglai. Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut. “Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan,” katanya kepada Gugut. “Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku korupsi nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa,” kata Gugut. “Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek sama-sama mengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja tidak jujur. Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apapun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar. Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekadar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan. Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut! Apa yang dilakukan Gugut pada saat ulangan?

19

0.0

Jawaban terverifikasi