Hendra H

17 Maret 2024 05:09

Iklan

Iklan

Hendra H

17 Maret 2024 05:09

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan teks diskusi

apa yang dimaksud dengan teks diskusi


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

17 Maret 2024 06:02

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Teks diskusi</strong> adalah suatu jenis teks yang bertujuan untuk menyajikan berbagai pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terkait suatu permasalahan atau isu tertentu.</p>

Teks diskusi adalah suatu jenis teks yang bertujuan untuk menyajikan berbagai pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terkait suatu permasalahan atau isu tertentu.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 02:10

Jawaban terverifikasi

<p>Teks diskusi adalah jenis teks yang bertujuan untuk mengajukan argumen, menyampaikan pendapat, atau menjelaskan suatu masalah atau topik secara mendalam. Dalam teks diskusi, penulis biasanya akan mempresentasikan gagasan-gagasan atau argumen-argumen yang berkaitan dengan topik tertentu, seringkali dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang yang berbeda.</p><p>Berikut adalah beberapa ciri khas teks diskusi:</p><p><strong>Pendahuluan</strong>: Biasanya dimulai dengan pendahuluan yang mengenalkan topik atau masalah yang akan didiskusikan. Pendahuluan ini mungkin juga mencantumkan tujuan dari diskusi tersebut.</p><p><strong>Penyajian Argumen</strong>: Setelah pendahuluan, teks diskusi akan menyajikan argumen-argumen atau poin-poin yang mendukung atau menentang topik yang dibahas. Penulis akan menyampaikan informasi, data, fakta, atau bukti untuk mendukung setiap argumen yang diajukan.</p><p><strong>Pemaparan Sudut Pandang</strong>: Teks diskusi juga dapat memuat berbagai sudut pandang yang berbeda terkait dengan topik yang dibahas. Penulis mungkin akan mempertimbangkan sudut pandang yang berbeda-beda dan menyajikan argumen-argumen yang mewakili sudut pandang tersebut.</p><p><strong>Analisis dan Evaluasi</strong>: Setelah menyajikan argumen-argumen, penulis biasanya akan melakukan analisis atau evaluasi terhadap setiap argumen yang diajukan. Hal ini bertujuan untuk menguraikan dan memperjelas relevansi, kekuatan, atau kelemahan dari masing-masing argumen.</p><p><strong>Kesimpulan atau Penutup</strong>: Teks diskusi biasanya diakhiri dengan kesimpulan atau penutup yang merangkum argumen-argumen yang telah disajikan dan memberikan pandangan penulis tentang topik yang dibahas.</p><p>Teks diskusi sering ditemukan dalam berbagai jenis tulisan, termasuk artikel, esai, makalah akademis, dan pidato. Tujuan dari teks diskusi adalah untuk mendorong pembaca atau pendengar untuk berpikir kritis tentang suatu topik atau masalah, serta mempertimbangkan berbagai sudut pandang sebelum mencapai kesimpulan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Teks diskusi adalah jenis teks yang bertujuan untuk mengajukan argumen, menyampaikan pendapat, atau menjelaskan suatu masalah atau topik secara mendalam. Dalam teks diskusi, penulis biasanya akan mempresentasikan gagasan-gagasan atau argumen-argumen yang berkaitan dengan topik tertentu, seringkali dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang yang berbeda.

Berikut adalah beberapa ciri khas teks diskusi:

Pendahuluan: Biasanya dimulai dengan pendahuluan yang mengenalkan topik atau masalah yang akan didiskusikan. Pendahuluan ini mungkin juga mencantumkan tujuan dari diskusi tersebut.

Penyajian Argumen: Setelah pendahuluan, teks diskusi akan menyajikan argumen-argumen atau poin-poin yang mendukung atau menentang topik yang dibahas. Penulis akan menyampaikan informasi, data, fakta, atau bukti untuk mendukung setiap argumen yang diajukan.

Pemaparan Sudut Pandang: Teks diskusi juga dapat memuat berbagai sudut pandang yang berbeda terkait dengan topik yang dibahas. Penulis mungkin akan mempertimbangkan sudut pandang yang berbeda-beda dan menyajikan argumen-argumen yang mewakili sudut pandang tersebut.

Analisis dan Evaluasi: Setelah menyajikan argumen-argumen, penulis biasanya akan melakukan analisis atau evaluasi terhadap setiap argumen yang diajukan. Hal ini bertujuan untuk menguraikan dan memperjelas relevansi, kekuatan, atau kelemahan dari masing-masing argumen.

Kesimpulan atau Penutup: Teks diskusi biasanya diakhiri dengan kesimpulan atau penutup yang merangkum argumen-argumen yang telah disajikan dan memberikan pandangan penulis tentang topik yang dibahas.

Teks diskusi sering ditemukan dalam berbagai jenis tulisan, termasuk artikel, esai, makalah akademis, dan pidato. Tujuan dari teks diskusi adalah untuk mendorong pembaca atau pendengar untuk berpikir kritis tentang suatu topik atau masalah, serta mempertimbangkan berbagai sudut pandang sebelum mencapai kesimpulan.

 

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada rangkaian listrik arus bolak balik, keadaan resonansi terjadi jika nilai impedansi rangkaian sama dengan nilai hambatan murninya. SEBAB Pada keadaan resonansi, nilai reaktansi induktif sama besarnya dengan nilai reaktansi kapasitif. Kedua pernyataan di atas A. benar dan berhubungan B. benar tetapi tidak berhubungan C. hanya satu yang benar D. tidak benar

0

5.0

Jawaban terverifikasi