Fadia F

18 Mei 2024 13:53

Iklan

Iklan

Fadia F

18 Mei 2024 13:53

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan seni patung

apa yang dimaksud dengan seni patung


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rayyi Z

19 Mei 2024 00:25

Jawaban terverifikasi

<p>Seni patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang dapat dinikmati dari segala arah. Patung memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi (volume). Seni patung dapat dibuat dengan bahan seperti batu, kayu, logam, atau bahan sintetis.&nbsp;<br>&nbsp;</p>

Seni patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang dapat dinikmati dari segala arah. Patung memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi (volume). Seni patung dapat dibuat dengan bahan seperti batu, kayu, logam, atau bahan sintetis. 
 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

19 Mei 2024 03:54

Jawaban terverifikasi

1. Definisi Seni Patung - Seni patung adalah cabang seni rupa yang menghasilkan karya tiga dimensi. - Karya seni patung dapat berupa patung, arca, relief, atau bentuk-bentuk tiga dimensi lainnya. - Seni patung berbeda dengan seni lukis yang merupakan karya dua dimensi. 2. Media dan Teknik Pembuatan - Media yang umum digunakan dalam seni patung antara lain batu, kayu, logam (perunggu, besi, tembaga), tanah liat, gips, dan bahan lainnya. - Teknik pembuatan patung dapat berupa teknik pahat, teknik cor, teknik cetak, teknik tempel, dan lain-lain. - Setiap media dan teknik memiliki karakteristik dan proses yang berbeda-beda. 3. Fungsi dan Tujuan Seni Patung - Seni patung dapat berfungsi sebagai karya seni murni untuk dinikmati keindahannya. - Seni patung juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan pesan, ide, atau ekspresi seniman. - Seni patung dapat digunakan untuk keperluan religius, monumental, dekoratif, atau tujuan lainnya. 4. Aliran dan Gaya Seni Patung - Seni patung memiliki berbagai aliran dan gaya, seperti realisme, abstraksi, ekspresionisme, kubisme, dan lain-lain. - Gaya seni patung dipengaruhi oleh latar belakang budaya, zaman, dan pemikiran seniman. - Setiap aliran dan gaya memiliki karakteristik dan pendekatan yang berbeda-beda. 5. Contoh Karya Seni Patung - Patung Moai di Pulau Paskah, yang merupakan patung kepala raksasa khas budaya Rapa Nui. - Patung Liberty di New York, yang merupakan patung monumental sebagai simbol kebebasan. - Patung David karya Michelangelo, yang merupakan patung realistis dengan proporsi yang sempurna. - Patung Budha Mahayana di Borobudur, yang merupakan patung religius dengan gaya khas seni patung Jawa. Secara keseluruhan, seni patung merupakan cabang seni rupa yang menghasilkan karya tiga dimensi dengan menggunakan berbagai media dan teknik, serta memiliki fungsi dan tujuan yang beragam, mulai dari estetika, ekspresi, hingga keperluan religius dan monumental.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa kepanjangan bpupki

11

5.0

Jawaban terverifikasi