Fadia F

18 Mei 2024 13:51

Iklan

Iklan

Fadia F

18 Mei 2024 13:51

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan seni lukis

apa yang dimaksud dengan seni lukis


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rayyi Z

19 Mei 2024 03:53

Jawaban terverifikasi

<p>Seni lukis merupakan cabang ilmu seni rupa yang diwujudkan melalui karya dua dimensi dengan media kanvas atau permukaan datar lain. Media untuk seni lukis biasa diisi oleh unsur-unsur pokok garis dan warna hasil dari permainan cat atau pewarna dan pembubuh gambar lainnya.</p><p>&nbsp;</p>

Seni lukis merupakan cabang ilmu seni rupa yang diwujudkan melalui karya dua dimensi dengan media kanvas atau permukaan datar lain. Media untuk seni lukis biasa diisi oleh unsur-unsur pokok garis dan warna hasil dari permainan cat atau pewarna dan pembubuh gambar lainnya.

 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

19 Mei 2024 04:00

Jawaban terverifikasi

1. Definisi Seni Lukis - Seni lukis adalah cabang seni rupa yang menggunakan cat atau pigmen sebagai media utama untuk menciptakan karya seni dua dimensi. - Tujuan seni lukis dapat beragam, seperti untuk mengekspresikan ide, perasaan, atau menyampaikan pesan tertentu. 2. Elemen-elemen Seni Lukis - Garis: Merupakan elemen dasar dalam seni lukis, dapat berupa garis lurus, lengkung, zig-zag, dll. - Bentuk: Dapat berupa bentuk geometris (lingkaran, persegi, segitiga) atau bentuk organik. - Warna: Penggunaan warna dapat memberikan kesan dan makna tertentu dalam lukisan. - Tekstur: Dapat berupa tekstur nyata (kasar, halus) atau tekstur semu (ilusi tekstur). - Ruang: Pengaturan ruang dalam lukisan dapat menciptakan kesan kedalaman atau dimensi. - Komposisi: Pengaturan elemen-elemen dalam lukisan untuk mencapai keseimbangan dan harmoni. 3. Teknik Seni Lukis - Teknik seni lukis dapat berupa cat minyak, cat akrilik, cat air, tinta, dan lain-lain. - Pemilihan teknik akan mempengaruhi hasil akhir lukisan. 4. Gaya atau Aliran Seni Lukis - Realistis: Menggambarkan objek sesuai dengan bentuk aslinya. - Abstrak: Menggambarkan objek dengan gaya abstrak tanpa mengacu pada bentuk nyata. - Ekspresionistik: Menggambarkan objek dengan penekanan pada ekspresi emosional. - Impresionistik: Menggambarkan objek dengan penekanan pada kesan visual. - Surealisme: Menggambarkan objek dengan gaya yang tidak realistis dan fantastis. 5. Fungsi Seni Lukis - Sebagai media ekspresi diri dan kreativitas. - Sebagai alat komunikasi visual untuk menyampaikan ide atau pesan. - Sebagai dokumentasi visual dari pengamatan atau pengalaman. - Sebagai karya seni yang memiliki nilai estetika dan apresiasi. Jadi, seni lukis adalah cabang seni rupa yang menggunakan cat atau pigmen sebagai media utama untuk menciptakan karya seni dua dimensi, dengan berbagai elemen, teknik, gaya, dan fungsi yang beragam. Seni lukis dapat digunakan untuk mengekspresikan ide, perasaan, atau menyampaikan pesan tertentu.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Alat musik tradisional dari Sumatra Barat adalah

4

5.0

Jawaban terverifikasi