Fadia F

18 Mei 2024 13:40

Iklan

Iklan

Fadia F

18 Mei 2024 13:40

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan satelit

apa yang dimaksud dengan satelit


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

19 Mei 2024 03:38

Jawaban terverifikasi

Satelit adalah benda buatan manusia yang ditempatkan di ruang angkasa untuk tujuan tertentu. Satelit beredar mengelilingi planet, bulan, atau benda langit lainnya dalam lintasan orbit tertentu. Berikut penjelasan lebih rinci: 1. Jenis-jenis Satelit: a. Satelit Komunikasi: Digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal komunikasi, seperti televisi, telepon, internet. Contohnya adalah satelit Palapa di Indonesia. b. Satelit Cuaca: Digunakan untuk memantau kondisi cuaca dan iklim di Bumi. Contohnya adalah satelit NOAA dan Himawari. c. Satelit Navigasi: Digunakan untuk sistem navigasi global, seperti GPS. Contohnya adalah satelit GPS milik Amerika Serikat. d. Satelit Pengamatan Bumi: Digunakan untuk memantau dan mengamati kondisi Bumi dari luar angkasa. Contohnya adalah satelit Landsat. e. Satelit Ilmiah: Digunakan untuk penelitian dan eksperimen di luar angkasa. Contohnya adalah Hubble Space Telescope. 2. Komponen Satelit: a. Badan Satelit: Struktur utama yang menampung berbagai komponen satelit. b. Antena: Digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal. c. Panel Surya: Menghasilkan listrik untuk mengoperasikan satelit. d. Sistem Kendali: Mengontrol dan mengarahkan satelit agar tetap pada orbitnya. e. Sistem Propulsi: Menggerakkan satelit untuk menjaga orbitnya. 3. Orbit Satelit: a. Orbit Rendah (Low Earth Orbit/LEO): Berada pada ketinggian 160-2.000 km di atas permukaan Bumi. b. Orbit Menengah (Medium Earth Orbit/MEO): Berada pada ketinggian 2.000-35.786 km di atas permukaan Bumi. c. Orbit Tinggi (High Earth Orbit/HEO): Berada pada ketinggian di atas 35.786 km di atas permukaan Bumi. d. Orbit Geostasioner (Geostationary Orbit/GEO): Berada pada ketinggian 35.786 km di atas permukaan Bumi, dengan periode orbit sama dengan periode rotasi Bumi. Satelit memainkan peran penting dalam berbagai bidang, seperti komunikasi, navigasi, pengamatan Bumi, dan penelitian ilmiah. Perkembangan teknologi satelit terus berlanjut untuk memenuhi kebutuhan manusia di era modern.


Iklan

Iklan

Nafisa R

19 Mei 2024 05:57

Jawaban terverifikasi

<p>satelit adalah beda langit kecil yang beredar mengelilingi benda langit lebih besar (planet). serta berada dalam gaya tarik benda langit yang lebih besar.</p>

satelit adalah beda langit kecil yang beredar mengelilingi benda langit lebih besar (planet). serta berada dalam gaya tarik benda langit yang lebih besar.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan apa yang dimaksud dengan mitosis dan meiosis

14

5.0

Jawaban terverifikasi