Neni N

12 Mei 2024 10:23

Iklan

Iklan

Neni N

12 Mei 2024 10:23

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan produksi

apa yang dimaksud dengan produksi


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Zoey Z

12 Mei 2024 11:49

Jawaban terverifikasi

Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Dalam ilmu ekonomi, produksi didefinisikan sebagai proses mengubah input menjadi output. Beberapa karakteristik produksi: 1. Tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dan menciptakan nilai tambah. 2. Input produksi dapat berupa sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan teknologi. 3. Proses produksi melibatkan berbagai aktivitas, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. 4. Output produksi dapat berupa barang (seperti makanan, pakaian, elektronik) atau jasa (seperti pendidikan, kesehatan, transportasi). 5. Produksi dapat bersifat konsumtif (untuk memenuhi kebutuhan langsung) atau produktif (untuk menghasilkan barang/jasa lain). 6. Produksi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti teknologi, modal, tenaga kerja, bahan baku, dan manajemen. Produksi merupakan salah satu komponen utama dalam perhitungan Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara, selain konsumsi, investasi, dan ekspor neto. Tingkat produksi suatu negara mencerminkan kemampuan ekonomi dalam menghasilkan barang dan jasa.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

12 Mei 2024 14:27

Jawaban terverifikasi

1. Definisi Produksi Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Produksi merupakan salah satu komponen utama dalam kegiatan ekonomi, selain konsumsi dan distribusi. 2. Tujuan Produksi Tujuan utama produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Produksi dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat memberikan manfaat atau kepuasan bagi konsumen. 3. Faktor-faktor Produksi a. Tanah (Land) - Mencakup sumber daya alam yang digunakan dalam proses produksi, seperti lahan, mineral, dan energi. b. Tenaga Kerja (Labor) - Mencakup semua usaha dan keterampilan yang disumbangkan oleh manusia dalam proses produksi. c. Modal (Capital) - Mencakup semua bentuk kekayaan yang dapat digunakan langsung maupun tidak langsung dalam proses produksi untuk menambah output, seperti mesin, peralatan, dan bangunan. d. Kewirausahaan (Entrepreneurship) - Kemampuan untuk mengombinasikan faktor-faktor produksi lainnya menjadi suatu produk yang bermanfaat bagi masyarakat. 4. Proses Produksi a. Input (Masukan) - Faktor-faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi. b. Proses Transformasi - Kegiatan mengubah input menjadi output, seperti mengolah bahan baku menjadi barang jadi. c. Output (Keluaran) - Barang dan jasa yang dihasilkan dari proses produksi. 5. Jenis-jenis Produksi a. Produksi Barang - Menghasilkan barang berwujud, seperti makanan, pakaian, dan kendaraan. b. Produksi Jasa - Menghasilkan layanan atau jasa, seperti pendidikan, kesehatan, dan transportasi. Produksi merupakan komponen penting dalam kegiatan ekonomi karena dapat menciptakan nilai tambah dan memenuhi kebutuhan manusia. Pemahaman tentang produksi sangat penting bagi pelaku ekonomi, baik produsen maupun konsumen, dalam mengambil keputusan ekonomi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Andi mengayuh sepeda dengan besar energi mekaniknya adalah 400 J dengan massa sepeda tersebut adalah 2 kg dan mengalami jalanan menurun setinggi 10 m. Maka berapakah besar energi kinetik ketika andi bersepeda?

13

0.0

Jawaban terverifikasi