Alua A

15 Juli 2022 02:45

Iklan

Iklan

Alua A

15 Juli 2022 02:45

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan polutan


10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Susiana

16 Februari 2023 10:29

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah zat atau bahan berbahaya penyebab polusi (pencemaran).</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Polutan (pencemar) adalah zat atau bahan berbahaya penyebab polusi (pencemaran). Ada lima jenis polutan, yaitu:</p><p>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Polutan air adalah polutan yang menyebabkan kerusakan dan matinya ekosistem air yang tersusun dari makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan air. Contohnya sampah plastik, tumpahan minyak, dan limbah industri.</p><p>2.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Polutan udara adalah polutan yang menyebabkan penurunan kualitas udara. Contohnya asap, debu dan gas yang mengotori udara.</p><p>3.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Polutan tanah adalah polutan yang menyebabkan kualitas tanah menjadi layu, kurang subur, dan mati. Contohnya sampah plastik, limbah medis, kaleng alumunium, dan obat tablet kadaluarsa.</p><p>4.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Polutan suara adalah polutan yang mengakibatkan ketidak nyamanan dan hilangnya kemampuan pendengaran pada manusia. Contohnya pengeboran tanah, suara konser musik rock, suara mesin pesawat jet, suara sirene ataupun speaker, hingga sonar angkatan laut.</p><p>5.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Polutan cahaya adalah polutan yang mengakibatkan gangguan pengelihatan pada manusia yang berpotensi menyebabkan gangguan pada mata. Contohnya produksi cahaya berlebih yang dihasilkan di kota-kota besar.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, polutan adalah zat atau bahan berbahaya penyebab polusi (pencemaran).</p>

Jawabannya adalah zat atau bahan berbahaya penyebab polusi (pencemaran).

 

Pembahasan:

Polutan (pencemar) adalah zat atau bahan berbahaya penyebab polusi (pencemaran). Ada lima jenis polutan, yaitu:

1.      Polutan air adalah polutan yang menyebabkan kerusakan dan matinya ekosistem air yang tersusun dari makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan air. Contohnya sampah plastik, tumpahan minyak, dan limbah industri.

2.      Polutan udara adalah polutan yang menyebabkan penurunan kualitas udara. Contohnya asap, debu dan gas yang mengotori udara.

3.      Polutan tanah adalah polutan yang menyebabkan kualitas tanah menjadi layu, kurang subur, dan mati. Contohnya sampah plastik, limbah medis, kaleng alumunium, dan obat tablet kadaluarsa.

4.      Polutan suara adalah polutan yang mengakibatkan ketidak nyamanan dan hilangnya kemampuan pendengaran pada manusia. Contohnya pengeboran tanah, suara konser musik rock, suara mesin pesawat jet, suara sirene ataupun speaker, hingga sonar angkatan laut.

5.      Polutan cahaya adalah polutan yang mengakibatkan gangguan pengelihatan pada manusia yang berpotensi menyebabkan gangguan pada mata. Contohnya produksi cahaya berlebih yang dihasilkan di kota-kota besar.

 

Jadi, polutan adalah zat atau bahan berbahaya penyebab polusi (pencemaran).


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebutkan pengelompokan benda nonmahnetik

38

5.0

Jawaban terverifikasi