Hendra H

10 Maret 2024 11:07

Iklan

Iklan

Hendra H

10 Maret 2024 11:07

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan pasar

apa yang dimaksud dengan pasar


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

10 Maret 2024 21:59

Jawaban terverifikasi

<p>Pasar adalah suatu tempat atau mekanisme di mana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan pertukaran barang atau jasa. Ini bisa menjadi tempat fisik seperti pasar tradisional atau mal, atau dapat merujuk pada lingkungan virtual seperti pasar daring (e-commerce).</p><p>Beberapa karakteristik pasar meliputi:</p><p><strong>Penawaran dan Permintaan:</strong> Pasar melibatkan interaksi antara penawaran (barang atau jasa yang tersedia untuk dijual) dan permintaan (keinginan atau kebutuhan konsumen). Harga barang atau jasa ditentukan oleh interaksi antara penawaran dan permintaan.</p><p><strong>Pertemuan Pembeli dan Penjual:</strong> Pasar menyediakan tempat di mana pembeli dan penjual dapat bertemu dan melakukan transaksi. Pertemuan ini dapat terjadi secara langsung atau melalui platform daring.</p><p><strong>Harga dan Nilai:</strong> Pasar mencerminkan nilai suatu barang atau jasa dalam bentuk harga. Harga ditentukan oleh faktor-faktor pasar, seperti biaya produksi, permintaan konsumen, dan faktor-faktor lainnya.</p><p><strong>Persaingan:</strong> Pasar seringkali menciptakan persaingan antara penjual untuk mendapatkan konsumen. Persaingan ini dapat mendorong inovasi, peningkatan kualitas produk, dan penyesuaian harga.</p><p><strong>Fungsi Ekonomi:</strong> Pasar memainkan peran penting dalam fungsi ekonomi, mengalokasikan sumber daya dan mendistribusikan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.</p><p><strong>Regulasi:</strong> Beberapa pasar diatur oleh pemerintah atau otoritas terkait untuk memastikan adanya keadilan, melindungi konsumen, dan mencegah praktik bisnis yang tidak etis.</p>

Pasar adalah suatu tempat atau mekanisme di mana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan pertukaran barang atau jasa. Ini bisa menjadi tempat fisik seperti pasar tradisional atau mal, atau dapat merujuk pada lingkungan virtual seperti pasar daring (e-commerce).

Beberapa karakteristik pasar meliputi:

Penawaran dan Permintaan: Pasar melibatkan interaksi antara penawaran (barang atau jasa yang tersedia untuk dijual) dan permintaan (keinginan atau kebutuhan konsumen). Harga barang atau jasa ditentukan oleh interaksi antara penawaran dan permintaan.

Pertemuan Pembeli dan Penjual: Pasar menyediakan tempat di mana pembeli dan penjual dapat bertemu dan melakukan transaksi. Pertemuan ini dapat terjadi secara langsung atau melalui platform daring.

Harga dan Nilai: Pasar mencerminkan nilai suatu barang atau jasa dalam bentuk harga. Harga ditentukan oleh faktor-faktor pasar, seperti biaya produksi, permintaan konsumen, dan faktor-faktor lainnya.

Persaingan: Pasar seringkali menciptakan persaingan antara penjual untuk mendapatkan konsumen. Persaingan ini dapat mendorong inovasi, peningkatan kualitas produk, dan penyesuaian harga.

Fungsi Ekonomi: Pasar memainkan peran penting dalam fungsi ekonomi, mengalokasikan sumber daya dan mendistribusikan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Regulasi: Beberapa pasar diatur oleh pemerintah atau otoritas terkait untuk memastikan adanya keadilan, melindungi konsumen, dan mencegah praktik bisnis yang tidak etis.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

11 Maret 2024 06:25

Jawaban terverifikasi

<p>Pasar adalah institusi, prosedur, hubungan sosial, dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang. Pasar dapat berupa pasar swalayan, pasar tradisional, pasar modern, pasar online, pasar modal, pasar valuta asing, dan pasar saham</p>

Pasar adalah institusi, prosedur, hubungan sosial, dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang. Pasar dapat berupa pasar swalayan, pasar tradisional, pasar modern, pasar online, pasar modal, pasar valuta asing, dan pasar saham


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan koperasi

0

5.0

Jawaban terverifikasi