Hendra H

11 Maret 2024 12:07

Iklan

Iklan

Hendra H

11 Maret 2024 12:07

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan motif ekonomi

apa yang dimaksud dengan motif ekonomi


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

12 Maret 2024 02:11

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Motif ekonomi</strong> adalah setiap alasan, dorongan, dan kegiatan yang dilakukan seseorang atau badan untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif berasal dari kata motive (bahasa inggris) yang mempunyai arti alasan atau penggerak. Tujuan akhir dari motif ekonomi adalah mencapai kemakmuran.</p><p>&nbsp;</p>

Motif ekonomi adalah setiap alasan, dorongan, dan kegiatan yang dilakukan seseorang atau badan untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif berasal dari kata motive (bahasa inggris) yang mempunyai arti alasan atau penggerak. Tujuan akhir dari motif ekonomi adalah mencapai kemakmuran.

 


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

12 Maret 2024 10:07

Jawaban terverifikasi

<p>Motif ekonomi merujuk pada alasan atau dorongan di balik perilaku ekonomi seseorang atau kelompok. Motif ini mencakup faktor-faktor yang mendorong individu atau organisasi untuk mengambil keputusan ekonomi tertentu, seperti berinvestasi, mengonsumsi, menyimpan, atau melakukan aktivitas ekonomi lainnya. Beberapa motif ekonomi yang umum melibatkan pertimbangan berikut:</p><p><strong>Keuntungan dan Laba:</strong></p><ul><li>Salah satu motif ekonomi paling mendasar adalah upaya untuk mencapai keuntungan atau laba. Individu atau perusahaan dapat terlibat dalam aktivitas ekonomi dengan harapan memperoleh hasil finansial yang menguntungkan.</li></ul><p><strong>Efisiensi dan Produktivitas:</strong></p><ul><li>Motif ini melibatkan keinginan untuk mencapai efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan meningkatkan produktivitas. Tujuannya adalah mengoptimalkan hasil dari setiap unit sumber daya yang digunakan.</li></ul><p><strong>Kesejahteraan dan Kualitas Hidup:</strong></p><ul><li>Beberapa orang mungkin mengambil keputusan ekonomi dengan motif untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi atau kualitas hidup. Ini dapat mencakup pengeluaran untuk rekreasi, pendidikan, atau perawatan kesehatan.</li></ul><p><strong>Keamanan Finansial:</strong></p><ul><li>Motif keamanan finansial melibatkan usaha untuk menciptakan cadangan keuangan atau investasi yang dapat memberikan perlindungan finansial di masa depan.</li></ul><p><strong>Nilai dan Preferensi Pribadi:</strong></p><ul><li>Beberapa orang mungkin mengambil keputusan ekonomi berdasarkan nilai-nilai pribadi atau preferensi. Ini bisa mencakup pembelian produk atau layanan yang konsisten dengan nilai-nilai mereka.</li></ul><p><strong>Respon terhadap Pasar:</strong></p><ul><li>Keputusan ekonomi juga dapat dipengaruhi oleh faktor pasar, termasuk permintaan dan penawaran, tingkat suku bunga, atau perubahan ekonomi global. Individu atau perusahaan dapat merespons kondisi pasar untuk memaksimalkan manfaat atau meminimalkan risiko.</li></ul><p><strong>Aspek Lingkungan dan Sosial:</strong></p><ul><li>Beberapa motif ekonomi mencakup pertimbangan lingkungan atau sosial. Contohnya, keputusan untuk berinvestasi dalam bisnis yang berkelanjutan atau pembelian produk yang ramah lingkungan.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

Motif ekonomi merujuk pada alasan atau dorongan di balik perilaku ekonomi seseorang atau kelompok. Motif ini mencakup faktor-faktor yang mendorong individu atau organisasi untuk mengambil keputusan ekonomi tertentu, seperti berinvestasi, mengonsumsi, menyimpan, atau melakukan aktivitas ekonomi lainnya. Beberapa motif ekonomi yang umum melibatkan pertimbangan berikut:

Keuntungan dan Laba:

  • Salah satu motif ekonomi paling mendasar adalah upaya untuk mencapai keuntungan atau laba. Individu atau perusahaan dapat terlibat dalam aktivitas ekonomi dengan harapan memperoleh hasil finansial yang menguntungkan.

Efisiensi dan Produktivitas:

  • Motif ini melibatkan keinginan untuk mencapai efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan meningkatkan produktivitas. Tujuannya adalah mengoptimalkan hasil dari setiap unit sumber daya yang digunakan.

Kesejahteraan dan Kualitas Hidup:

  • Beberapa orang mungkin mengambil keputusan ekonomi dengan motif untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi atau kualitas hidup. Ini dapat mencakup pengeluaran untuk rekreasi, pendidikan, atau perawatan kesehatan.

Keamanan Finansial:

  • Motif keamanan finansial melibatkan usaha untuk menciptakan cadangan keuangan atau investasi yang dapat memberikan perlindungan finansial di masa depan.

Nilai dan Preferensi Pribadi:

  • Beberapa orang mungkin mengambil keputusan ekonomi berdasarkan nilai-nilai pribadi atau preferensi. Ini bisa mencakup pembelian produk atau layanan yang konsisten dengan nilai-nilai mereka.

Respon terhadap Pasar:

  • Keputusan ekonomi juga dapat dipengaruhi oleh faktor pasar, termasuk permintaan dan penawaran, tingkat suku bunga, atau perubahan ekonomi global. Individu atau perusahaan dapat merespons kondisi pasar untuk memaksimalkan manfaat atau meminimalkan risiko.

Aspek Lingkungan dan Sosial:

  • Beberapa motif ekonomi mencakup pertimbangan lingkungan atau sosial. Contohnya, keputusan untuk berinvestasi dalam bisnis yang berkelanjutan atau pembelian produk yang ramah lingkungan.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kepercayaan sebagian masyarakat bahwa banyak anak banyak rezeki, sekarang ini sudah tidak sesuai lagi karena dapat menimbulkan masalah sosial. Ilustrasi tersebut menggambarkan gejala sosial yang berkaitan dengan keinginan di masyarakat dan tingkat peledakan pertumbuhan penduduk di masyarakat. Hal yang mendasari gejala sosial tersebut menjadi sebuah masalah sosial adalah…. A. Pihak penentu masalah sosial B. Persepsi mengenai masalah sosial C. Masalah manifes dan masalah laten D. Perbedaan antara standar dan realitas E. Ukuran nilai dan norma Tolong bantu kak :")

9

0.0

Jawaban terverifikasi