Hendra H

10 Maret 2024 11:09

Iklan

Iklan

Hendra H

10 Maret 2024 11:09

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan menhir

apa yang dimaksud dengan menhir


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

10 Maret 2024 21:55

Jawaban terverifikasi

<p>Menhir adalah sejenis monumen prasejarah yang merupakan batu tunggal yang berdiri tegak di tanah. Menhir berasal dari bahasa Breton, "men" yang berarti batu, dan "hir" yang berarti panjang. Batu ini biasanya memiliki ukuran yang besar dan bentuk yang hampir vertikal.</p>

Menhir adalah sejenis monumen prasejarah yang merupakan batu tunggal yang berdiri tegak di tanah. Menhir berasal dari bahasa Breton, "men" yang berarti batu, dan "hir" yang berarti panjang. Batu ini biasanya memiliki ukuran yang besar dan bentuk yang hampir vertikal.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

11 Maret 2024 06:21

Jawaban terverifikasi

<p>Menhir adalah istilah yang berasal dari bahasa Breton, yaitu "men" yang berarti batu dan "hir" yang berarti panjang. Menhir merujuk kepada batu tunggal yang berdiri tegak secara vertikal di tanah, dan seringkali memiliki ukuran yang besar. Menhir biasanya dibuat dari batu pasir, granit, atau jenis batuan lainnya, dan ditemukan di berbagai lokasi di seluruh dunia.</p><p>Beberapa karakteristik menhir meliputi:</p><p><strong>Bentuk Tunggal:</strong> Menhir umumnya terdiri dari batu tunggal yang berdiri tegak tanpa adanya struktur penyangga atau penyokong lainnya.</p><p><strong>Tinggi dan Berat:</strong> Menhir seringkali memiliki dimensi yang besar, baik dalam hal tinggi maupun berat. Beberapa menhir dapat mencapai ketinggian beberapa meter atau lebih.</p><p><strong>Tujuan atau Makna Ritual:</strong> Meskipun tidak selalu jelas, banyak menhir yang diyakini memiliki makna ritual atau keagamaan dalam budaya di mana mereka ditemukan. Beberapa mungkin berhubungan dengan kepercayaan spiritual, matahari, bulan, atau unsur alam lainnya.</p><p><strong>Fungsi dalam Lanskap:</strong> Menhir dapat ditempatkan secara strategis dalam lanskap untuk memenuhi fungsi tertentu, mungkin sebagai penanda batas, marker musiman, atau situs-situs keagamaan.</p><p><strong>Sejarah dan Usia:</strong> Menhir bisa berasal dari berbagai periode sejarah, mulai dari zaman Neolitikum hingga zaman Perunggu dan seterusnya. Beberapa menhir mungkin memiliki nilai arkeologis yang signifikan.</p><p><strong>Penggunaan dalam Prasejarah:</strong> Beberapa menhir telah ditemukan di dekat situs-situs megalitik, seperti dolmen dan cromlech, yang menunjukkan bahwa mereka mungkin memiliki peran penting dalam upacara keagamaan atau kebudayaan prasejarah.</p><p><br>&nbsp;</p>

Menhir adalah istilah yang berasal dari bahasa Breton, yaitu "men" yang berarti batu dan "hir" yang berarti panjang. Menhir merujuk kepada batu tunggal yang berdiri tegak secara vertikal di tanah, dan seringkali memiliki ukuran yang besar. Menhir biasanya dibuat dari batu pasir, granit, atau jenis batuan lainnya, dan ditemukan di berbagai lokasi di seluruh dunia.

Beberapa karakteristik menhir meliputi:

Bentuk Tunggal: Menhir umumnya terdiri dari batu tunggal yang berdiri tegak tanpa adanya struktur penyangga atau penyokong lainnya.

Tinggi dan Berat: Menhir seringkali memiliki dimensi yang besar, baik dalam hal tinggi maupun berat. Beberapa menhir dapat mencapai ketinggian beberapa meter atau lebih.

Tujuan atau Makna Ritual: Meskipun tidak selalu jelas, banyak menhir yang diyakini memiliki makna ritual atau keagamaan dalam budaya di mana mereka ditemukan. Beberapa mungkin berhubungan dengan kepercayaan spiritual, matahari, bulan, atau unsur alam lainnya.

Fungsi dalam Lanskap: Menhir dapat ditempatkan secara strategis dalam lanskap untuk memenuhi fungsi tertentu, mungkin sebagai penanda batas, marker musiman, atau situs-situs keagamaan.

Sejarah dan Usia: Menhir bisa berasal dari berbagai periode sejarah, mulai dari zaman Neolitikum hingga zaman Perunggu dan seterusnya. Beberapa menhir mungkin memiliki nilai arkeologis yang signifikan.

Penggunaan dalam Prasejarah: Beberapa menhir telah ditemukan di dekat situs-situs megalitik, seperti dolmen dan cromlech, yang menunjukkan bahwa mereka mungkin memiliki peran penting dalam upacara keagamaan atau kebudayaan prasejarah.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan benua

6

5.0

Jawaban terverifikasi