Josua C

05 September 2023 06:37

Iklan

Josua C

05 September 2023 06:37

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan komet

apa yang dimaksud dengan komet

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

05

:

36

:

59

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Vincent M

Community

05 September 2023 10:44

Jawaban terverifikasi

<p>Inti komet adalah <strong>sebongkah batu dan salju</strong>. Ekor komet arahnya selalu menjauh dari Matahari. Bagian ekor suatu komet terdiri dari dua macam, yaitu ekor debu dan ekor gas.</p><p>Komet terbentuk dari es dan debu. Komet terdiri dari <strong>kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari Matahari</strong>. Ketika mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor. Komet juga mengelilingi Matahari, sehingga termasuk dalam sistem tata surya.</p><p><strong>Bintang berekor</strong> adalah nama lain dari komet. Komet merupakan anggota sistem tata surya kita yang mempunyai lintasan sangat lonjong. Benda- benda ini memiliki eksentrisitas orbit tinggi, secara umum perihelionnya terletak di planet- planet bagian dalam dan letak aphelionnya lebih jauh dari Pluto.</p><p>Komet terdiri atas <strong>dua</strong> jenis berbeda yaitu komet ekor panjang dan komet ekor pendek yang dibedakan berdasarkan lintasannya. Komet yang memiliki lintasan sangat jauh disebut dengan komet berekor panjang, begitu pula sebaliknya.</p><p><strong>Halley</strong> adalah penemu komet untuk pertama kalinya. Ia membuat prediksi tentang munculnya komet. Pada tahun 1705, saat Halley masih menjabat sebagai professor of geometry di Oxford, ia menerbitkan sebuah karya dengan judul “A Synopsis of the Astronomy of Comets”.</p>

Inti komet adalah sebongkah batu dan salju. Ekor komet arahnya selalu menjauh dari Matahari. Bagian ekor suatu komet terdiri dari dua macam, yaitu ekor debu dan ekor gas.

Komet terbentuk dari es dan debu. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari Matahari. Ketika mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor. Komet juga mengelilingi Matahari, sehingga termasuk dalam sistem tata surya.

Bintang berekor adalah nama lain dari komet. Komet merupakan anggota sistem tata surya kita yang mempunyai lintasan sangat lonjong. Benda- benda ini memiliki eksentrisitas orbit tinggi, secara umum perihelionnya terletak di planet- planet bagian dalam dan letak aphelionnya lebih jauh dari Pluto.

Komet terdiri atas dua jenis berbeda yaitu komet ekor panjang dan komet ekor pendek yang dibedakan berdasarkan lintasannya. Komet yang memiliki lintasan sangat jauh disebut dengan komet berekor panjang, begitu pula sebaliknya.

Halley adalah penemu komet untuk pertama kalinya. Ia membuat prediksi tentang munculnya komet. Pada tahun 1705, saat Halley masih menjabat sebagai professor of geometry di Oxford, ia menerbitkan sebuah karya dengan judul “A Synopsis of the Astronomy of Comets”.


Iklan

KHAYLILA A

31 Agustus 2024 01:05

Jawaban terverifikasi

<p>Komet adalah objek kecil di tata surya yang terdiri dari es, debu, dan gas. Ketika komet mendekati Matahari, panas dari Matahari menguapkan es di dalam komet, menciptakan sebuah awan gas dan debu yang disebut koma. Beberapa komet juga mengembangkan ekor yang terlihat dari Bumi, yang selalu mengarah menjauhi Matahari karena tekanan radiasi Matahari dan angin matahari.</p><p>Komet biasanya memiliki orbit yang sangat elips, yang berarti mereka mengunjungi bagian-bagian tata surya yang sangat jauh dan kemudian kembali ke dekat Matahari. Komet terkenal seperti Halley's Comet dan komet Hale-Bopp adalah contoh dari objek ini yang sering terlihat dari Bumi.</p>

Komet adalah objek kecil di tata surya yang terdiri dari es, debu, dan gas. Ketika komet mendekati Matahari, panas dari Matahari menguapkan es di dalam komet, menciptakan sebuah awan gas dan debu yang disebut koma. Beberapa komet juga mengembangkan ekor yang terlihat dari Bumi, yang selalu mengarah menjauhi Matahari karena tekanan radiasi Matahari dan angin matahari.

Komet biasanya memiliki orbit yang sangat elips, yang berarti mereka mengunjungi bagian-bagian tata surya yang sangat jauh dan kemudian kembali ke dekat Matahari. Komet terkenal seperti Halley's Comet dan komet Hale-Bopp adalah contoh dari objek ini yang sering terlihat dari Bumi.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan