Hendra H

10 Maret 2024 11:18

Iklan

Iklan

Hendra H

10 Maret 2024 11:18

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan kesultanan Demak

apa yang dimaksud dengan kesultanan Demak


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

10 Maret 2024 13:33

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Kerajaan Demak </strong>atau Kasultanan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa. Kerajaan yang berdiri pada awal abad ke-16 ini didirikan oleh Raden Patah dan mencapai masa kejayaan di bawah kepemimpinan Sultan Trenggono. Kerajaan Demak terletak di daerah Demak, Jawa Tengah.</p>

Kerajaan Demak atau Kasultanan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa. Kerajaan yang berdiri pada awal abad ke-16 ini didirikan oleh Raden Patah dan mencapai masa kejayaan di bawah kepemimpinan Sultan Trenggono. Kerajaan Demak terletak di daerah Demak, Jawa Tengah.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

10 Maret 2024 21:43

Jawaban terverifikasi

<p>Kesultanan Demak adalah sebuah kerajaan Islam di Jawa, Indonesia, yang didirikan pada awal abad ke-16. Kesultanan ini memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia karena menjadi pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Berikut adalah beberapa poin penting terkait Kesultanan Demak:</p><p><strong>Pendirian:</strong> Kesultanan Demak didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1478 M. Ia adalah putra Sultan Trenggana dari Majapahit yang memeluk Islam dan kemudian mendirikan Demak sebagai pusat kekuasaan baru.</p><p><strong>Pusat Islamisasi:</strong> Kesultanan Demak memainkan peran kunci dalam penyebaran Islam di Jawa. Sultan Demak dan para ulama Islam yang mendukungnya berkontribusi besar dalam mengislamkan wilayah Jawa dan membangun pesantren sebagai pusat pendidikan Islam.</p><p><strong>Kepemimpinan Walisongo:</strong> Kesultanan Demak bekerjasama erat dengan sembilan wali atau walisisi (Walisongo), para ulama penyebar Islam di Jawa. Mereka memainkan peran kunci dalam penyebaran agama Islam dan pembentukan masyarakat Islam di pulau tersebut.</p><p><strong>Kesultanan Pertama di Jawa:</strong> Demak dianggap sebagai kesultanan pertama di Jawa dan menjadi cikal bakal berdirinya beberapa kesultanan Islam lainnya di pulau tersebut.</p><p><strong>Pertentangan dengan Portugis:</strong> Kesultanan Demak terlibat dalam konflik dengan bangsa Portugis yang mencoba mengendalikan jalur perdagangan rempah-rempah. Salah satu pertempuran terkenal adalah Pertempuran Banten pada tahun 1527.</p><p>&nbsp;</p>

Kesultanan Demak adalah sebuah kerajaan Islam di Jawa, Indonesia, yang didirikan pada awal abad ke-16. Kesultanan ini memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia karena menjadi pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Berikut adalah beberapa poin penting terkait Kesultanan Demak:

Pendirian: Kesultanan Demak didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1478 M. Ia adalah putra Sultan Trenggana dari Majapahit yang memeluk Islam dan kemudian mendirikan Demak sebagai pusat kekuasaan baru.

Pusat Islamisasi: Kesultanan Demak memainkan peran kunci dalam penyebaran Islam di Jawa. Sultan Demak dan para ulama Islam yang mendukungnya berkontribusi besar dalam mengislamkan wilayah Jawa dan membangun pesantren sebagai pusat pendidikan Islam.

Kepemimpinan Walisongo: Kesultanan Demak bekerjasama erat dengan sembilan wali atau walisisi (Walisongo), para ulama penyebar Islam di Jawa. Mereka memainkan peran kunci dalam penyebaran agama Islam dan pembentukan masyarakat Islam di pulau tersebut.

Kesultanan Pertama di Jawa: Demak dianggap sebagai kesultanan pertama di Jawa dan menjadi cikal bakal berdirinya beberapa kesultanan Islam lainnya di pulau tersebut.

Pertentangan dengan Portugis: Kesultanan Demak terlibat dalam konflik dengan bangsa Portugis yang mencoba mengendalikan jalur perdagangan rempah-rempah. Salah satu pertempuran terkenal adalah Pertempuran Banten pada tahun 1527.

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cermati teks biografi berikut! Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak anak-anak. Habibie yang gemar menunggang kuda dan membaca dikenal sangat cerdas sejak duduk di sekolah dasar Kutipan di atas termasuk struktur teks biografi bagian A. reorientasi B. orientasi C. peristiwa penting D. koda E. simpulan

0

0.0

Jawaban terverifikasi