Alya L

10 Juli 2024 08:25

Iklan

Alya L

10 Juli 2024 08:25

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan kawasaki syndrome dan jelaskan

apa yang dimaksud dengan kawasaki syndrome dan jelaskan

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

16

:

50

:

53

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Arthur M

10 Juli 2024 09:01

Jawaban terverifikasi

<p>Kawasaki syndrome merujuk pada kondisi yang sama yang lebih dikenal dengan Kawasaki disease.</p><p>Kawasaki disease adalah sebuah kondisi medis yang jarang namun serius yang umumnya memengaruhi anak-anak di bawah usia lima tahun. Penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami, namun gejalanya melibatkan peradangan pada dinding arteri di seluruh tubuh, termasuk arteri jantung (koroner).</p><p>Gejala umum Kawasaki disease meliputi:</p><p>1. Demam yang Persisten : Biasanya tinggi dan sulit diatasi dengan obat demam biasa.<br>2. &nbsp;Ruam : Biasanya dimulai di bagian tubuh yang terkena, seperti badan, lengan, dan kaki.<br>3. Pembengkakan dan Merah pada Bibir, Lidah, dan Mulut : Kadang-kadang disertai dengan bibir kering dan pecah-pecah.<br>4. Konjungtivitis : Peradangan pada mata dan membran di sekitar mata.<br>5. &nbsp;Pembengkakan Kelenjar Getah Bening : Terutama di daerah leher.</p><p>Kawasaki disease dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati, terutama pada jantung, seperti pembentukan aneurisma atau bahkan serangan jantung pada anak-anak yang menderita kondisi ini. Oleh karena itu, diagnosis dini dan perawatan yang tepat sangat penting. Perawatan biasanya melibatkan pemberian immunoglobulin intravena dan aspirin untuk mengurangi peradangan dan mencegah komplikasi yang lebih serius.</p>

Kawasaki syndrome merujuk pada kondisi yang sama yang lebih dikenal dengan Kawasaki disease.

Kawasaki disease adalah sebuah kondisi medis yang jarang namun serius yang umumnya memengaruhi anak-anak di bawah usia lima tahun. Penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami, namun gejalanya melibatkan peradangan pada dinding arteri di seluruh tubuh, termasuk arteri jantung (koroner).

Gejala umum Kawasaki disease meliputi:

1. Demam yang Persisten : Biasanya tinggi dan sulit diatasi dengan obat demam biasa.
2.  Ruam : Biasanya dimulai di bagian tubuh yang terkena, seperti badan, lengan, dan kaki.
3. Pembengkakan dan Merah pada Bibir, Lidah, dan Mulut : Kadang-kadang disertai dengan bibir kering dan pecah-pecah.
4. Konjungtivitis : Peradangan pada mata dan membran di sekitar mata.
5.  Pembengkakan Kelenjar Getah Bening : Terutama di daerah leher.

Kawasaki disease dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati, terutama pada jantung, seperti pembentukan aneurisma atau bahkan serangan jantung pada anak-anak yang menderita kondisi ini. Oleh karena itu, diagnosis dini dan perawatan yang tepat sangat penting. Perawatan biasanya melibatkan pemberian immunoglobulin intravena dan aspirin untuk mengurangi peradangan dan mencegah komplikasi yang lebih serius.


Alya L

10 Juli 2024 09:01

makasii

Iklan

Kevin L

Gold

10 Juli 2024 10:42

Jawaban terverifikasi

Penyakit Kawasaki Penyakit Kawasaki, juga dikenal sebagai mucocutaneous lymph node syndrome, adalah penyakit inflamasi yang menyerang pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Gejala Gejala penyakit Kawasaki biasanya muncul 10-14 hari setelah terpapar virus atau bakteri yang tidak diketahui. Gejala-gejala tersebut meliputi: * Demam tinggi (lebih dari 38°C) yang berlangsung selama 5 hari atau lebih * Ruam pada tubuh, termasuk di telapak tangan dan kaki * Mata merah dan bengkak (konjungtivitis) * Lidah bengkak dan berwarna merah seperti stroberi (strawberry tongue) * Pembengkakan kelenjar getah bening di leher * Nyeri sendi * Nyeri perut * Diare * Muntah Penyebab Penyebab pasti penyakit Kawasaki belum diketahui. Namun, diduga penyakit ini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Pengobatan Pengobatan penyakit Kawasaki bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi. Pengobatan biasanya meliputi: * Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti ibuprofen atau aspirin, untuk meredakan demam dan nyeri * Intravenous immunoglobulin (IVIG), untuk membantu melawan peradangan * Aspirin dosis rendah untuk mencegah pembekuan darah Komplikasi Komplikasi penyakit Kawasaki dapat terjadi pada beberapa kasus, terutama pada anak-anak yang tidak diobati. Komplikasi tersebut meliputi: * Penyakit arteri koroner (penyakit jantung) * Aneurisma (pembengkakan dinding arteri) * Perikarditis (peradangan pada selaput di sekitar jantung) * Miokarditis (peradangan pada otot jantung) Pencegahan Tidak ada cara pasti untuk mencegah penyakit Kawasaki. Namun, orang tua dapat membantu melindungi anak mereka dengan menjaga kebersihan tangan dan menghindari kontak dengan orang yang sakit.


Alya L

10 Juli 2024 10:46

makasih yaa

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan